web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Daftar Materi Belajar TOEFL Lengkap 2020 5/5 (4)

Daftar Materi Belajar TOEFL 2020

Kamu lagi mencari materi untuk belajar TOEFL? Kamu nggak usah ke mana-mana lagi, karena Kampung Inggris akan memberi kamu materi super lengkap TOEFL disertai tipsnya berikut ini.

Jangan lupa siapkan buku catatan ya, karena materinya kombinasi tulisan dan video supaya kamu nggak lupa. Semangat belajar, pejuang TOEFL-nya Kampung Inggris tercinta!

Pastikan Setiap Kalimat Memiliki Subject dan Verb

Ini merupakan pertanyaan yang typical diujikan dalam TOEFL. Subject dan verb biasanya diujikan berselang-seling, terkadang yang ditanyakan subject-nya dan terkadang verb-nya.

Untuk memecahkan soal semacam ini, ada beberapa kemampuan yang harus kamu kuasai, di antaranya:

Selengkapnya tentang penjelasan subject dan verb ini bisa kamu simak penjelasannya di bawah ini.

Belajarlah Mengenali Objects of Preposition Dalam Kalimat

Objects of Preposition adalah object dalam sebuah kalimat berupa noun, gerund, atau semacamnya, yang mengandung preposition. Selain disebut sebagai objects of preposition, kalimat semacam ini juga prepositional phrase.

Beberapa materi yang harus kamu kuasai untuk menyelesaikan soal ini adalah sebagai berikut.

Yang sering membingungkan saat belajar TOEFL biasanya adalah letak objects of preposition yang berubah-ubah. Kadang di belakang, di tengah, bahkan di depan.

Saat kamu menemukan preposition seperti with, to, in, on, at, dan semacamnya dalam sebuah kalimat, perhatikan kata yang mengikutinya. Sebab kata tersebut adalah object dari preposition tersebut.

Selanjutnya, sebuah kalimat hanya bisa sempurna jika memiliki subject. Jadi pastikan soal structure yang kamu kerjakan telah memiliki komponen lengkap berupa subject, verb, dan keterangan lain seperti object of preposition, adverb, dsb.

Selengkapnya tentang poin ini bisa kamu simak melalui penjelasan dari teacher Kampung Inggris berikut:

Hati-Hati dengan Appositives

Appositives adalah sebuah kata atau phrase berupa noun/pronoun yang digunakan untuk menjelaskan  noun/pronoun lainnya. Appositives dalam kalimat dapat berupa noun saja atau noun phrase.

Biasanya appositives dan noun/pronoun yang diterangkannya dipisahkan dengan koma. Selain itu, jika appositives terletak di tengah kalimat, appositives tersebut juga harus diakhiri dengan koma.

Dikarenakan hanya berfungsi sebagai “pembantu”, maka appositives tidak dapat memengaruhi hokum subject-verb agreement dalam kalimat.

Untuk menguasai penggunaan appositives dalam kalimat, kamu harus mempelajari materi-materi berikut saat belajar TOEFL.

Kuasai Present dan Past Participle dengan Baik

Meski semua rumus 16 tenses bisa saja ke luar saat ujian TOEFL, rumus yang paling banyak ke luar tetaplah present dan past tense.

Oleh karena itu, kamu harus menguasai juga bagaimana cara membuat present participle (V-ing) dan past participle (V2, V3) dari sebuah verb.

Untuk mengerjakan soal semacam ini dengan baik, materi yang harus kamu kuasai antara lain sebagai berikut.

Pelajari Penggunaan Coordinate Connectors

Coordinate connectors adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua clause yang setara kedudukannya.

Coordinate connectors meliputi and, but, or, so, dan yet. Kemampuan mengenali waktu penggunaan coordinate connectors adalah skill yang sangat dibutuhkan untuk TOEFL.

Coordinate connectors adalah topik yang sangat spesifik, tidak seperti TOEFL skill sebelumnya. Untuk menguasai topik ini, kamu harus menguasai:

Pelajari Adverb of Time dan Causative Adverb yang Menjadi Connectors

Connectors berupa adverb biasanya digunakan untuk menghubungkan dua clause yang memiliki hubungan tidak setara.

Time connectors digunakan untuk dua clause yang memiliki hubungan waktu (sebelum, sesudah, selama, dan semacamnya). Adverb yang digunakan adalah adverb of time seperti after, before, as long as, during, dan semacamnya.

Sedangkan cause connectors digunakan untuk dua clause yang memiliki hubungan sebab akibat. Adverb yang digunakan berupa causative adverb, misalnya since, due to, as, because, dan masih banyak lagi.

Untuk menguasai topik ini, ada beberapa materi yang harus kamu kuasai saat belajar TOEFL.

Pelajari Noun Clause dan Cara Menggunakannya

Noun clause adalah sekumpulan kata (ya, bukan hanya satu saja), yang berperan sebagai noun dalam sebuah kalimat.

Jadi komponen noun clause tidak harus noun saja, melainkan bisa adverb, preposition, dan komponen part of speech lainnya.

Untuk menguasai materi ini, kamu harus menguasai lebih dulu topik-topik di bawah ini.

Pelajari Cara Membuat dan Menggunakan Adjective Clause

Cara menguasai TOEFL skill satu ini kurang lebih sama dengan noun clause. Akan tetapi karena adjective jauh lebih banyak dibanding noun, maka adjective clause harus dipelajari dengan lebih mendalam lagi.

Sama seperti noun clause, adjective clause dapat tersusun oleh berbagai komponen part of speech, bukan hanya adjective saja. Akan tetapi perlakuannya dalam kalimat harus mengikuti object yang melekat pada adjective clause tersebut.

Misalnya dalam adjective clause “a tremendously beautiful ancient chair”, kalau object ini diubah menjadi pronoun, maka pronoun-nya adalah “it”.

Ada beberapa topik yanag harus dikuasai betul-betul supaya kamu bisa memahami adjective clause, berikut di antaranya.

Kuasai Pola Reduced Clause dan Cara Menggunakannya

Materi belajar TOEFL selanjutnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah reduced clause. Atau singkatnya, penggunaan clause yang bisa dikurangi dalam kalimat.

Dalam ujian TOEFL, salah satu jenis soal yang banyak diujikan adalah cara mengurangi komponen kalimat tanpa mengubah makna kalimat tersebut. Skill ini termasuk dalam skill tingkat tinggi, dan membutuhkan pemahaman komprehensif atas sifat masing-masing komponen part of speech.

Daftar materi yang harus kamu kuasai secara komprehensif untuk mendapatkan skill ini meliputi:

Kuasai Rumus Membuat dan Menjawab Kalimat Tanya

Topik TOEFL terakhir yang harus kamu kuasai adalah cara membuat dan menjawab kalimat tanya. Mengikuti hukum subject – verb agreement, dalam bahasa Inggris jawaban harus punya structure sama dengan pertanyaan.

Sama seperti skill reduced clause yang dibahas sebelum ini, kemampuan membuat dan menjawab kalimat tanya membutuhkan penguasaan skill komprehensif. Semakin komprehensif skill structure yang dikuasai, maka kalimat tanya/jawaban yang dibuat akan semakin fleksibel.

Untuk menguasai skill ini, beberapa topik yang harus kamu kuasai saat belajar TOEFL meliputi:

Supaya kamu makin mantap mempelajari skill ini, kamu bisa sambil melihat penjelasan berikut ini.

Itulah daftar lengkap materi yang harus kamu pelajari saat belajar TOEFL. Anyway, daftar panjang ini belum cukup lho sebenarnya untuk menunjangmu di ujian nanti. Kamu masih perlu meningkatkan penguasaan vocabulary, termasuk mengasah skill listening dan speaking-mu juga!

Kalau kamu ingin belajar TOEFL dengan lebih intensif, langsung sama masternya, datang langsung ke Kampung Inggris Pare. Daftarkan dirimu ke Program Intensive TOEFL yang kami sediakan untukmu. Ada dua pilihan waktu lho yang bisa kamu ambil, yaitu Program 2 Minggu dan 1 Bulan.

Pengen tahu info selengkapnya tentang Program Intensive TOEFL Kampung Inggris? Langsung klik di sini ya!

Mau tahu materi TOEFL yang nggak kalah penting dari materi di sini? Coba klik ini: Panduan Lengkap Belajar Grammar Untuk Persiapan TOEFL

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini