fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pengertian Clause dalam Bahasa Inggris dan Macamnya 4.64/5 (25)

macam macam clause dalam bahasa inggris

Clause adalah salah satu bagian terpenting yang harus kamu pahami saat belajar bahasa Inggris. Meski memahami perbedaan clause dan sentence cukup sulit, kamu harus tetap berusaha memahaminya. Terutama jika kamu berniat mengikuti tes TOEFL, IELTS, atau yang sejenisnya. Lalu sebenarnya, apa itu clause? Apa saja jenis-jenisnya? Berikut ini penjelasan lengkap tentang pengertian clause dari Kampung Inggris LC.

Kursus Bahasa Inggris

Apa Itu Clause?

Di dalam bahasa Inggris, clause satu kelompok dengan sentence dan phrase. Ketiganya sama-sama gabungan dari beberapa kata, akan tetapi sifat dan kegunaannya berbeda-beda.

Clause adalah sebuah kalimat yang terdiri dari subject dan predicate, akan tetapi tidak berdiri sendiri, melainkan menjadi pelengkap jadi kalimat lainnya. Jika sentence bisa berdiri sendiri tanpa ditambahi imbuhan apa-apa, tidak semua clause bisa berdiri sendiri.

Secara garis besarnya, clause terdiri dari dua jenis, yaitu main clause dan subordinate clause. Akan tetapi sebenarnya sama seperti phrase, clause terdiri dari beberapa jenis. Penjelasan mengenai jenis-jenis clause dalam bahasa Inggris akan dibahas di subbab berikutnya.

Jenis-Jenis Clause dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan, ada dua jenis besar clause, yaitu independent dan dependent/subordinate clause. Nah, subordinate clause dibagi lagi menjadi beberapa bagian lagi. Selengkapnya bisa kamu pelajari di bawah ini ya, LCers!

Main/Independent Clause

Main clause adalah jenis clause yang paling pokok, yaitu independent clause. Independent clause adalah clause yang sebenarnya bisa berdiri sendiri, tanpa tambahan clause lainnya. Sebenarnya independent clause juga bisa disebut sebagai kalimat. Akan tetapi karena kemudian disandari oleh clause lain, maka sebutannya berubah menjadi independent clause.

Supaya lebih paham mengenai independent clause, coba simak contohnya berikut ini.

Example:

  • She doesn’t know where to share her feelings
Pengen Konsutasi PR ?

Di dalam contoh di atas, kata she doesn’t know menjadi independent clause, sedangkan kata yang dibold adalah dependent clause. Sebab tanpa kata “where to share her feelings”, kata “she doesn’t know” tetap bisa dimengerti. Sedangkan kata “where to share her feelings” adalah independent clause. Selengkapnya mengenai dependent/subordinate clause bisa kamu simak sebagai berikut.

Subordinate/Dependent Clause

Kebalikan dari independent clause, dependent/subordinate clause adalah clause yang tidak bisa berdiri sendiri. Meski pun memiliki subject dan predicate lengkap, dependent clause tetap membutuhkan independent clause supaya bisa dimengerti.

Misalnya dalam contoh sebelumnya, dependent clause berbunyi “where to share her feelings” tidak dapat dipahami jika tidak didahului “she doesn’t know”.

Nah, dependent clause ini dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu noun, adjective, dan adverb clause. Selengkapnya mengenai ketiga jenis clause tersebut bisa kamu pelajari di bawah ini. Pastikan kamu perhatikan dengan serius, ya! Karena materi-materi jenis clause seperti ini tidak akan kamu temukan bahkan di tempat kursus bahasa Inggris sekali pun (kecuali di Kampung Inggris LC sih hehehehe).

Noun Clause

Noun clause adalah sebuah klausa yang sifatnya seperti noun, jadi meski tersusun oleh subject dan predicate (verb, adverb, dst) sifatnya tetap saja seperti kata benda. Biasanya, noun clause didahului oleh marker-markernya sendiri, seperti question words, if, whether, that, dan sebagainya.

Contoh dari noun clause bisa kamu pelajari di bawah ini.

Example:

  • I don’t know what she said
  • We never know who he is until he left us
  • It’s up to you whether you want to buy cake or coffee
  • I’ve just told you that Maria will come at 5, haven’t I?
  • I will be glad to help when you’re in need
  • When the girl will return is still unknown
  • In case you want to visit Kyle, please tell her that Doni is here

Di dalam contoh-contoh di atas, kalimat-kalimat yang ditebalkan adalah noun clause. Jadi bisa dilihat, noun clause bisa diletakkan di mana saja, baik itu di depan, tengah, atau belakang independent clause. Bahkan dalam satu kalimat, kamu bisa memasukkan lebih dari satu noun clause.

Adjective/Relative Clause

Adjective clause, atau yang lebih umum disebut sebagai relative clause, adalah clause yang bertindak sebagai “sifat” tambahan dari independent clause. Penggunaan adjective clause dalam kalimat bertujuan untuk menambahkan informasi baru tentang subject dari independent clause yang dilekati. Marker untuk adjective  clause adalah who, which, whose, dan that.

Supaya lebih jelas, yuk pahami contoh-contoh adjective/relative clause di bawah ini.

Example:

  • Sandiaga Uno is a politician who became the vice president candidate on the last election
  • They are the family whose home were being burned
  • He is the student which has won the national math competition
  • It is the naughty kid that always call me a frowsy bunny
  • This is the ancient company which was built by Dutch hundreds years ago

Adverb Clause

Last but still important, adverb clause adalah dependent clause yang didahului oleh adverb. Sebenarnya jika dilihat sekilas, adverb clause memiliki kemiripan dengan noun clause. Akan tetapi perbedaannya, noun clause bentuk clausenya adalah sebagai kata benda yang dapat digantikan oleh kata benda lainnya. Sedangkan dalam adverb clause, adverb yang digunakan tidak dapat digantikan oleh adverb lainnya.

Supaya lebih jelas, kamu bisa memahami pengertian adverb clause melalui contoh-contoh di bawah ini.

Example:

  • Mom usually wake up early in the morning
  • I will come before they get there
  • You wouldn’t understand the subject since you always came late
  • She’ll be waiting you inside her car
  • The supermarket will be built near our high school

Meski adverb clause dimulai dari adverb, tidak semua adverb bisa dijadikan sebagai komponen penyusun adverb clause. Misalnya adverb yang diakhiri dengan –ly, sangat jarang terdapat adverbs of manner yang bisa digunakan sebagai adverb clause.

 

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian clause dan jenis-jenisnya, diingat baik-baik ya! Kamu boleh kok mencatat semua materi yang ada di situs Kampung Inggris Pare ini, hitung-hitung bisa buat belajar bahasa Inggris otodidak di rumah.

Kalau kesulitan belajar otodidak, yuk segera daftarkan dirimu ke kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris LC. Di sini, dijamin kamu bisa mendapatkan proses pembelajaran yang menyenangkan dan tentunya tetap terfokus.

Ingin materi-materi seru dari Kampung Inggris LC lainnya? Coba klik materi satu ini: Jenis-Jenis Phrases dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Search :

    clause dalam bahasa inggris

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?