web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pengertian Adverb, Jenis-Jenis, disertai Contohnya 5/5 (2)

Pengertian Adverb

Adverb adalah salah satu komponen part of speech yang paling tricky untuk dipelajari. Kalau dilihat secara sekilas, memahami adverb tampak sulit. Tapi berdasarkan hasil belajar admin Kampung Inggris LC, ternyata nggak sulit-sulit amat kok mempelajari adverb. Lalu sebenarnya, apa sih adverb itu? Di bawah ini akan dibahas pengertian adverb, jenis, disertai contohnya untukmu.

Apa Itu Adverb?

Menurut Cambridge Dictionary, adverb adalah kata bantu yang berfungsi memberikan informasi tambahan mengenai suatu verb, adjective, atau adverb itu sendiri. Ada beberapa adverb yang memiliki dampak signifikan terhadap kata yang diimbuhinya. Ada pula adverb yang hanya berfungsi sebagai penambah informasi saja.

Example:

  • My brother can speak even if he’s barely a year old
  • My brother can speak clearly even if he’s barely a year old

Di dalam dua contoh di atas, ada perbedaan yang cukup signifikan yang ditimbulkan oleh adverb “clearly”. Di kalimat pertama, hanya dijelaskan bahwa saudaranya sudah bisa bicara meski umurnya masih setahun. Sedangkan pada kalimat kedua, dijelaskan saudaranya sudah bisa bicara dengan jelas meski umurnya masih setahun.

Ciri-Ciri Adverb

Ada beberapa ciri yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi keberadaan adverb. Ciri-ciri ini penting kamu pahami, karena faktanya, ada banyak pembelajar bahasa Inggris yang masih kesulitan mengidentifikasi adverb. Ada yang menganggap preposisi itu adverb, ada yang menganggap adjective itu adverb, begitu pun sebaliknya.

Menjadi keterangan tambahan atas suatu kata atau kalimat

Ciri utama adverb adalah tidak terintegrasi secara langsung di dalam kalimat, apa maksudnya? Gampangnya begini, adverb berperan sebagai keterangan tambahan atas suatu kata atau frasa yang ada di dalam kalimat.

Jadi, sebuah kalimat seharusnya tetap bisa berdiri meski tanpa adverb. Meski informasi kalimat tersebut berkurang, ketiadaan adverb tidak mengubah suatu kalimat menjadi tidak sempurna.

Example:

  • Please don’t be noisy when the class start
  • She really likes to talk noisy, everyone must be disturbed whenever she does it

Di dalam contoh di atas, ada dua kata “noisy” yang disebutkan di masing-masing contoh. Meski sama-sama “noisy”, kedua kata tersebut memiliki jenis kalimat berbeda. Noisy di contoh pertama adalah adjective, jika dihilangkan kalimat tersebut akan jadi tidak utuh.

Akan tetapi di contoh kedua, kata “noisy” berperan sebagai adverb. Kalimat yang jadi contoh kedua tidak akan kehilangan makna jika kata “noisy”-nya dihilangkan.

Bisa diletakkan di depan, belakang, atau terpisah dengan kata yang dijelaskan

Ciri-ciri adverb berikutnya adalah bisa diletakkan di mana saja dalam sebuah kalimat. Dikarenakan perannya yang hanya sebagai “penambah informasi”, adverb jadi lebih fleksibel peletakannya dalam kalimat.

Example:

  • I ran to the school gate quickly before it had been closed
  • I ran quickly to the school gate before it had been closed
  • I quickly ran to the school gate before it had been closed

Umumnya berbentuk adjective + -ly

Meski tidak semua adverb punya ciri-ciri seperti ini, tapi pada umumnya adverb dibentuk dari adjective yang diberi imbuhan –ly. Imbuhan –ly di akhir inilah yang menjadi tanda utama dari adverb. Beberapa contoh –ly adverb misalnya quickly, suddenly, surprisingly, extremely, hardly, convincingly, dan semacamnya.

Akan tetapi, ada beberapa adverb yang tidak memiliki akhiran –ly, misalnya very, quite, very, just, together, dan semacamnya.

Tidak bisa memodifikasi noun

Ciri selanjutnya dari adverb adalah tidak bisa menjadi modifier dari noun. Oleh karena itu, adverb dan noun tidak dapat menjadi satu kesatuan dalam noun clause. Jika kamu menemukan sebuah adverb yang mengawali sebuah noun, maka sudah pasti itu bukan adverb. Sebab yang bisa memodifikasi noun dalam noun clause adalah adjective, bukan adverb.

Example:

  • I will come with the first train, so make sure you come to the train before 10 o’clock
  • After you pick me up, let’s come first to the cemetery

Di dalam dua contoh di atas, lagi-lagi first di contoh pertama bukanlah adverb. Karena di contoh pertama, kata “first” menjad modifier bagi noun “the train”, yang otomatis mengubahnya jadi noun phrase “the first train”.

Akan tetapi “first” di contoh kedua merupakan adverb yang sebenarnya. Di dalam contoh tersebut, kata “first” menjadi keterangan tambahan dari verb “come” tanpa memodifikasi pengertiannya sama sekali.

Bisa dimodifikasi derajatnya

Meski tidak bisa memodifikasi sama sekali, adverb bisa dimodifikasi derajatnya. Akan tetapi tentu saja, yang bisa memodifikasi sebuah adverb adalah adverb lainnya. Biasanya adverb yang bisa memodifikasi adverb lainnya adalah adverb of degree.

Example:

  • I’m truly deeply in love with the girl I met yesterday
  • We need additional computers if we want to work more efficiently
  • The team explained their invention very effectively

Jenis-Jenis Adverb Disertai Contoh

Berdasarkan penggunaannya dalam bahasa Inggris, ada setidaknya lima jenis adverb, mulai dari adverb of time sampai frequency. Selengkapnya tentang jenis-jenis adverb disertai contoh penggunaannya ada di bawah ini.

Adverb of Time

Adverb of time adalah kata bantu yang digunakan untuk memberikan info tambahan mengenai waktu. Ada banyak sekali pola kata dalam bahasa Inggris yang bisa menjadi adverb of time. Misalnya now, yesterday, early, late, soon, the day after tomorrow, dan semacamnya.

Example:

  • They said they will come early in the morning
  • Dad always check some fresh news on the internet daily
  • We sometimes order pizza when we want to held a party

Adverb of Place

Selanjutnya, adverb of place adalah kata bantu yang memberikan tambahan info tentang suatu lokasi, letak, atau tempat. Beberapa adverb of place yang paling sering digunakan misalnya down, here, there, home, somewhere, dan masih banyak lagi.

Example:

  • When will you come home? Everybody is missing you
  • Please come inside the hall, the concert will start in some minutes
  • She’s now travelling somewhere in Bali

Adverb of Degree

Pengertian adverb of degree kurang lebih sama seperti adverb-adverb sebelumnya, yaitu menambah informasi. Akan tetapi adverb of degree lebih ditujukan untuk memberi informasi tentang derajat intensitas sebuah kondisi.

Skala untuk adverb of degree adalah almost (hampir), just (hanya), enough (cukup), quite (lumayan), very (sangat), extremely (sangat), dan too (terlalu).

Example:

  • You’ve ran fast enough to catch me up
  • She’s been too pressuring herself, and now she’s sick
  • The boy looks very beautiful, his face is almost like a girl

Adverb of Manner

Adverb of manner adalah kata bantu untuk memberikan tambahan informasi tentang kondisi atau bagaimana sebuah peristiwa terjadi. Dibandingkan dengan jenis adverb lainnya, adverb of manner yang memiliki paling banyak anggota. Karena hampir semua adverb of manner tersusun dari adjective + -ly (-ly adverb).

Example:

  • They accept our gifts cheerfully
  • I always tried to speak softly, but yet she’s still angry
  • Please handle the glass carefully, it could be broken easily

Adverb of Frequency

Last but not least, kita akan membicarakan pengertian adverb of frequency. Adverb satu ini digunakan untuk menginformasikan mengenai derajat keseringan seseorang dalam melakukan sesuatu. Dan menurut admin Kampung Inggris LC, inilah jenis adverb yang paling seru! Di bawah ini ada beberapa adverb of frequency yang bisa kamu hafalkan.

ADVERB OF FREQUENCY
DERAJAT KEJADIAN
Never
0%
Hardly Ever
10%
Rarely
20%
Seldom
30%
Occasionally
40%
Sometimes
50%
Often
60%
Frequently
70%
Usually
90%
Always
100%

 

Example:

  • I never eat kebab in my 20th years life
  • We occasionally met Peter when we enter the laboratory
  • Mom always prepare breakfast for me every morning

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian adverb, jenis-jenis, dan contohnya untukmu. Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih mendalam lagi, langsung aja datang ke Kampung Inggris LC! Terus, di mana dong lokasinya Kampung Inggris LC? Tentu aja di Pare!

Ingin belajar lebih banyak lagi materi dari Kampung Inggris LC? Coba klik materi satu ini: Macam Macam Verb dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Search :

    BERIKAN 10 CONTOH KATA ADVERB?, adverbia apa sih, contoh adverb yang membicarakan tempat, dua ciri penting kata adverba, jenis-jenis adverb, materi tentang quite very extremely kelas x, pengertian adverb very

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini