How to Develop Vocabularies
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

How to Develop Vocabularies by Understanding Suffix, TEATU LC Kampung Inggris Pare

How to Develop Vocabularies by Understanding Suffix

Mempelajari vocabulary adalah salah satu poin yang penting guys ketika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu. Eits, tapi yang kamu butuhkan bukan hanya menghafal arti dan pelafalan nya saja ya tapi kamu juga harus memahami perubahan kata dan penggunaan yang tepat dalam suatu kalimat.  Nah kali ini mari kita sama-sama mempelajari “How to Develop Vocabularies by Understanding Suffix”.

Sebelum masuk ke pembahasan inti mari kita pahami dulu apa itu “suffix” ya guys. Jika dalam bahasa Indonesia kita sudah pasti mengetahui tentang imbuhan kata yang merupakan awalan dan akhiran, dalam bahasa Inggris akhiran kata ini lah yang disebut dengan “suffix”. Sama juga seperti kata dalam bahasa Indonesia yang jika diberikan akhiran akan merubah arti kata sebenarnya, dalam bahasa Inggris pun demikian. Dan bukan hanya makna saja yang berubah tetapi bentuk nya pun berubah. Dengan mempelajari “suffix” ini kamu jadi bisa lebih mudah guys dalam mengklasifikasikan vocabulary yang kamu temui. Seperti ada pada pembahasan berikut ini:

Terdapat banyak sekali akhiran kata yang bisa kita temui dalam bahasa Inggris dan bisa merubah dari bentuk verb menjadi noun ataupun dari noun menjadi adjective.

Akhiran kata yang merubah bentuk kata menjadi Noun

– ation

– ion

– ness

– ity

– sion

– ment

Contoh penggunaan akhiran ION

communicate (berkomunikasi) yang merupakan verb jika diberi imbuhan ion maka akan berubah menjadi communication (komunikasi) dan bentuknya pun berubah menjadi noun.

Contoh kalimat:

” I communicate with my mother every week ” – Saya berkomunikasi dengan Ibu saya setiap mingu

” My communication with my boy friend is very good ” – Komunikasi saya dengan pacar saya sangat lah baik

Contoh penggunaan akhiran NESS

Happy (bahagia/senang) adalah verb, jika kamu beri tambahan ness maka bentuknya berubah menjad happyness (kebahagiaan)

Contoh kalimat:

” I’am happy to be your partner ” – Saya senang menjadi partner mu

” My happyness when I see my students understand about all material ” – Kebahagiaan ku adalah ketika melihat murid ku mengerti semua materi yang disampaikan

Contoh penggunaan akhiran SION

Discuss yang berati berdiskusi ini merupakan verb guys, nah jika kamu memberikan imbuhan “sion” maka bentuknya akan berubah menjadi NOUN dan memili arti diskusi.

Contoh penggunaan akhiran MENT

Improve (meningkatkan) pun merupakan verb jika tidak imbuhan apa pun, jika kamu menambahkan ment di akhir kalimat maka kata tersebut berubah menjadi noun dan memiliki arti peningkatan.

Akhiran kata yang merubah bentuk kata menjadi Adjective

– ous

– y

– tific

– ful

– ly

Contoh penggunaan akhiran OUS

Danger (bahaya) word classes nya adalah noun, jika kamu menambahkan ous maka kata tersebut akan berubah menjadi adjective yang memiliki arti berbahaya (dangerous).

Contoh penggunaan akhiran OUS

Use (menggunakan) merupakan noun guys, jika diberikan tambahan ful maka akan  berubah menjadi adjecive yaitu usefull (berguna)

Contoh: I use my marker for writing on white board

This marker is very useful to help me teach in the class

Nah kamu harus mengingatnya ya guys agar ketika kamu mendapatkan tugas untuk menganalisa kalimat atau membuat kalimat kamu tidak akan salah lagi dalam pemilihan kata yang tepat dalam kalimat tersebut. Terlihat mudah memang tapi pada kenyataan nya masih saja banyak yang keliru menempatkan kata yang tepat karena kurang nya penguasaan vocabulary seperti ini.

Materi lebih jelas nya bisa kamu cek melalui video teaching tutorial yang ada dibawah ini ya guys. Sampai bertemu di materi lain nya, see you ^^.

Materi lain yang bisa kamu pelajari: American R and British R
 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *