Search

5 Contoh Penggunaan Was dan Were Sesuai Jenis Kalimat

Sebelum mempelajari penggunaan was dan were dalam bahasa Inggris, mari kenali dulu asal-usulnya. Mulanya, kedua kata to be ini digunakan dalam kalimat past tenseswas merupakan bentuk lampau dari is, sedangkan were merupakan bentuk lampau dari are. Lambat laun, keduanya diaplikasikan juga dalam kalimat past continious tense sampai kalimat-kalimat pasif (passive voice).

Penggunaan Was dan Were

Agar kalian bisa memahami lebih dalam tentang was dan were beserta penerapannya, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Kursus Bahasa Inggris

1. Perbedaan was dan were sebagai subjek kalimat

Pada dasarnya, was dan were punya arti serta fungsi yang sama, yakni menghubungkan subjek dengan keterangan (waktu, suasana, tempat, dan lain sebagainya). Kendati demikian, ada satu perbedaan yang perlu kalian perhatian sebelum memakai was dan were, yakni subjek! Lihat contohnya di bawah ini:

My mother was in Bandung last week.

We were in that restaurant last night

Dari dua kalimat di atas, kalian sudah bisa mengenali perbedaannya, bukan? Seperti halnya iswas ditempatkan pada kalimat bersubjek satu (she, he, it), sementara were diaplikasikan pada kalimat yang mempunyai subjek majemuk (they, we you) seperti are.

2. Penggunaan was dan were pada kalimat simple past tense

Kalimat dalam bentuk simple past tense biasanya memakai was dan were untuk mendampingi kata-kata non-verbal atau nominal. Kalian tidak perlu menambahkan was dan were kalau kalimat sudah memakai V2 (kata kerja kedua), tetapi tambahkan dalam kalimat seperti contoh ini:

It was a great day for us!

Cakes were her favorite dessert.

Apa kamu sudah menangkap penggunaan to be tersebut dalam kalimat simple past tense? Tidak ada V2 yang digunakan di sana, bukan?

3. Penggunaan was dan were pada kalimat past continuous tense

Kata was dan were memang tidak bisa disandingkan dengan V2, tetapi mereka dapat kamu pasangkan dengan kata kerja bentuk verb + ing. Format ini disebut juga sebagai past continuous tense yang memiliki peran untuk menyatakan kegiatan atau sesuatu yang dilakukan di masa lampau. Berikut ini contohnya:

was sleeping yesterday when my grandmother called.

They were eating so much food for dinner.

Salah satu ciri utama dari bentuk past continious tense adalah pemakaian present participle (verb + ing). Tanpa komponen tersebut, bentuk kalimat ini tak akan sempurna.

4. Penggunaan was dan were pada kalimat non-verbal/nominal

Kalimat-kalimat yang tak menyertakan kata kerja atau verb disebut dengan kalimat non-verbal/nominal. Untuk menggantikan kata kerja, kalian dapat memakai kata-kata dari kelompok kata sifat (adjective), kata benda (noun), atau keterangan (adverb).

Pengen Konsutasi PR ?

Ini contoh kalimat-kalimat non-verbal/nominal:

I was moody last night.

The brush was his favorite tool.

They were in my parents’ house yesterday.

5. Penggunaan was dan were pada kalimat pasif (passive voice)

Kalimat verbal yang disertakan dengan objek bisa kalian ubah menjadi kalimat pasif (passive voice). Pada bentuk ini, was dan were harus kamu gabungkan dengan kata kerja ketiga atau V3. Contohnya bisa kalian simak di bawah ini.

Active: My aunt was cooking my favorite meal yesterday.

Passive: My favorite meal was being cooked by my aunt yesterday.

Active: You borrowed her books.

Passive: Her books were borrowed by you.

Demikian lima bentuk penggunaan was dan were dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Materi lain yang bisa juga kamu pelajari: 12 Idiom Bahasa Inggris yang Kerap Muncul dalam Meeting Kerja.

 

 

Kampung Inggris Search :

    https://www kampunginggris id/penggunaan-was-dan-were, penggunaan was dan were, penggunaan was were, penggunaan was, was were, penggunaan kata was, penggunaan were, perbedaan was dan were, was dan were, macam macam penggunaan was were
Panduan Belajar di Kampung Inggris

9 komentar untuk “5 Contoh Penggunaan Was dan Were Sesuai Jenis Kalimat”

  1. Cakes were her favorite dessert.
    Her books were borrowed by you.

    Apakah engga salah penggunaan were di sana ? Bukannya were untuk menyatakan subjek yg lebih dari 1 (majemuk) ? Bukankah harusnya menggunakan was ?

    1. Avatar of LC Kampung Inggris
      LC Kampung Inggris

      Hai kak, cakes dan books pada kalimat tersebut masuk ke jamak kak karena ada tambahan huruf s pada kedua subjek tersebut 🙂

    2. Patokan nya you,we,they itu are makanya pkai were,yg pkai is seperti I,He,she,it baru pakai was

    1. Ijin bertanya min, ini were dan was digunakan dalam keadaan apa ya? Kalau iya “lampau”, lampaunya dalam waktu kapan? Apakah 3 menit yg lalu/baru aja terjadi??, Itu masih bisa pakai were/was ngak? Misal, si dea baru aja kena goresan. Kita mau bilang “kamu ceroboh banget”, baru kali ini dia ceroboh bgt, apa bahasa ing nya itu “you were reckless” atau “you recklessy” ya kak?🙏😅

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria