web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula 4.62/5 (50)

belajar di kampung inggris

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula – Bahasa inggris saya masih nol, apakah saya bisa berbicara bahasa inggris lancar? Tentu bisa. Berbeda cerita dengan native speaker yang sejak kecil menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa keseharian, pasti lebih mudah menguasai bahasa inggris. Tetapi bagi kita yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu, harus berusaha lebih keras belajar bahasa inggris. Pada dasarnya, tiap orang yang ahli berbahasa inggris berawal dari pemula. Jadi, kamu tidak perlu takut kalau sekarang ini masih merasa nol, suatu saat dengan usaha dan kesungguhan pasti bisa berbahasa inggris dengan baik.

Pertanyaan selanjutnya, jika saya adalah seorang pemula, apa yang harus saya pelajari? Dalam konteks belajar secara mandiri, kami akan membantu sahabat LC Kampung Inggris yang masih memulai dari nol dan ingin belajar bahasa inggris. Berikut tips sukses belajar bahasa inggris bagi pemula:

1. Tulis Motivasi Terlebih Dahulu

Saat kamu lagi belajar, pastinya harus ada tujuan yang jelas kenapa kamu bela-belain untuk punya waktu luang buat belajar. Misalnya, kamu pengen melanjutkan studi nanti di luar negeri. Kamu pengen kerja di luar negeri. Kamu pengen jadi tour guide, atau apapun itu. Sebutkan saja apa motivasi kamu ketika kamu pengen mempelajari bahasa asing yang satu itu. Semua motivasi yang kamu tulis harus benar-benar jelas, benar-benar menjadi fokus kamu. Dalam artian, motivasi inilah yang bakalan bikin pondasi dasar sebelum benar-benar belajar tentang bahasa inggris.

Nggak cuman motivasi doang loh yang harus kamu tulis. Misalnya, kamu pengen jadi tour guide. Jadi, kamu juga harus tempel di dinding-dinding kamarmu, apa saja yang ingin kamu lakukan nanti ketika menjadi tour guide.

Atau, kamu juga bisa menempel gambar tour guide favoritmu. Kalau pengen ke luar negeri, tempel juga gambar negara yang ingin kamu tuju. Dengan demikian, kamu jadi punya mimpi dan tujuan yang benar-benar terencana ketika hendak belajar tentang bahasa inggris. Cara ini dikenal sebagai visualisasi, yaitu memasang berbagai gambar yang berhubungan satu sama lain.

2. Belajar Bahasa Inggris Nggak Boleh Males Baca!

Hal yang paling mudah buat kamu yang pengen cepet pinter bahasa inggris adalah dengan rajin baca. Apa sih yang harus kamu baca? Baca aja mulai dari berbagai buku yang kamu suka. Ingat, proses belajar akan terasa lebih mudah jika diawali dari hal yang kamu suka.

Misalnya, kamu bisa baca komik. Untuk belajar bahasa inggris, maka komik harus menggunakan bahasa inggris. Ada banyak loh komik bahasa inggris online dan offline yang tersedia di berbagai tempat. Kamu bisa menggunakan smartphone untuk mencari kamus bahasa inggris biar ketika baca komik bisa sambil tambah vocabularies atau kosa kata. Pilihan buku lainnya adalah novel, majalah, dan koran.

3. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Dengan Bernyanyi

Emang bisa belajar bahasa inggris sambil nyanyi? Eits, jangan salah! Bahasa Inggris dengan menyanyi adalah cara menarik untuk meningkatkan kemampuan loh. Dengan bernyanyi, kamu bisa belajar pelafalan, listening atau mendengarkan, juga belajar kosakata baru.

Caranya juga terbilang sederhana. Pertama, pilih dulu lagu yang kamu sukai. Kemudian, dengarkan tanpa harus melihat lirik. Tebak aja dulu apa sih arti dari lagu tersebut serta maksudnya. Kemudian, hafalkan tanpa melihat lirik dengan cara ikut nyanyi

Dari sinilah, kamu belajar tentang listening atau mendengarkan. Selain bisa mengasah kemampuan mendengarkan, kamu juga jadi tahu apa vocabularies terbaru yang nggak kamu pahami yaitu dengan melihat liriknya. Gunakan kamus sebagai alat bantu jika perlu. Ulangi terus lagu tersebut sampai benar-benar hafal dan paham dengan makna, pelafalan dan penulisan kosa kata. Kemudian, cari lagu lainnya dan ulangi cara tersebut.

4. Panduan Belajar Bahasa Inggris Dari Nonton Film

Ada banyak media visual yang tersedia dan sangat mudah dicari seperti Bioskop, online movies, BluRay, DVD, dan masih banyak lainnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan berbagai media tersebut untuk memulai belajar menggunakan bahasa inggris.

Namun, kalo kamu butuh pendapat tentang media mana yang pas, DVD original sangat mendukung. Atau kamu bisa menggunakan BluRay movies. Pasalnya, dari kedua media tersebut kamu bisa belajar berbahasa inggris karena bantuan English subtitle atau teks di bawah film. Penting sekali untuk membeli DVD atau BluRay yang orisinil karena hasil terjemahannya benar-benar pas.

Kalo kamu ngerasa bahwa kamu sudah menguasai sedikit banyak vocabularies, maka cobalah untuk menonaktifkan fitur subtitle, mengapa? Hal ini penting supaya kamu bisa belajar bagaimana actor atau aktris tersebut berbicara. Dengan begitu, kamu juga bisa latihan mengasah skill listening. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana mereka mengucapkan dialog dalam setiap adegan.

Belajar Bahasa Inggris Dari Film Buat Pemula

Untuk kamu yang masih belum tahu banyak tentang bahasa inggris dan ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dari film, kamu bisa mencoba memilih film yang sederhana. Film-film yang cocok adalah film kartun seperti Tinker Bell, Toy Story, atau film lainnya yang punya banyak percakapan didalamnya. Mengapa harus nonton film kartun? Film kartun atau film animasi dibuat dengan target penonton anak-anak.

Itu artinya, bahasa yang digunakan cenderung sederhana, dengan tata bahasa yang sangat rapih, dan tentunya tidak ada banyak slang. Kamu bisa belajar menggunakan bahasa inggris dari dasar, meniru percakapan yang pendek dengan penggunaan bahasa yang sederhana, tentunya.

Teknik Belajar Bahasa Inggris Dari Film Buat Level Menengah

Cara Belajar bahasa inggris cepat untuk yang sudah menguasai sedikit-banyak vocabularies bisa menggunakan teknik berikut:

Pertama – Cari film favorit yang sesuai dengan level atau kemampuan bahasa inggris. Film ini harus film yang sudah pernah ditonton. Jalan cerita sudah kamu ketahui. Ketika nonton, kamu cuman tinggal fokus pada dialog atau conversation yang ada pada tiap adegan.

Kedua – Untuk kamu yang udah menguasai hal-hal dasar dalam bahasa inggris dan merasa bahwa bahasa inggris kamu lumayan, kamu bisa mulai mematikan fitur subtitle. Sampai film habis, kamu harus paksa diri sendiri untuk mendengarkan apa yang dikatakan oleh aktor atau aktris. Jangan membuka kamus terlebih dahulu.

Tugas kamu adalah untuk fokus pada film dan terus memahami apa maksud dari percakapannya. Setelah itu, tirukan. Jika kamu sulit untuk memahami apa makna percakapan tersebut, sebaiknya pause, kemudian ulangi di bagian percakapan tersebut. Kemudian, tirukan lalu play kembali.

Ketiga – Terus ulangi langkah kedua. Yaitu dengan memutar film kembali dengan fitur subtitle yang mati. Pada tahap ini, kamu mulai lebih memahami, mulai mampu menebak-nebak.

Empat- Nyalakan fitur subtitle dalam bahasa Indonesia. Pada poin ini, kamu sudah mengerti dengan pasti tentang jalan cerita pada film tersebut. Bahkan, kamu juga sudah memahami beberapa vocabulary yang ada pada film ini. Nah, kalo belum paham, subtitle bahasa Indonesia inilah yang bakalan bantu kamu belajar banyak.

Well, memang sih agak lama untuk proses belajarnya. Karena, kamu harus mendengarkan dalam bahasa inggris tanpa subtitle, kemudian mempelajari percakapan tersebut dengan bantuan subtitle bahasa Indonesia.

Gimana caranya biar nggak boring atau bosen ketika belajar bahasa inggris dengan film tanpa subtitle?

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa membatasi waktu menonton. Misalnya, kamu cuman menonton film tersebut selama 30 menit. Setiap 30 menit, ada jeda waktu untuk beristirahat. Kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk makan, minum, jalan ke teras dan duduk-duduk sebentar, atau apapun biar nggak bosen di depan laptop buat lihat film. Jadi, sebaiknya pilih saja film-film yang berdurasi pendek.

Rekomendasi film yang pas buat ditonton

Film yang berdurasi pendek dan cocok buat belajar bahasa inggris adalah:

  • The Social Network (2010)
  • The Hunger Games (2012)
  • The Hangover (2009)
  • Toy Story (1995)
  • Cast Away (2000)

5. Belajar Bahasa Inggris Online-Play MMO Games

MMO adalah Massively Multiplayer Online game. Apa sih game ini? Game ini merupakan permainan yang dimainkan oleh ratusan hingga ribuan pemain yang terhubung secara online. Jadi, kamu bakalan main bersama pemain lain yang berasal dari berbagai negara loh. Kalian pun bermain dalam waktu yang sama, berkomunikasi, juga berinteraksi supaya bisa naik ke level tertentu dan menyelesaikan misi yang diberikan.

Nah, jadi kamu nggak perlu loh harus nunggu ketemu bule cuman buat bisa belajar bahasa inggris secara gratis. Kamu tinggal main jadi player atau pemain game di permainan ini, kemudian berkomunikasi dengan pemain lain baik langsung bicara menggunakan headset atau mengetik pakai keyboard komputer.

Game yang tersedia juga bervariasi seperti game strategi, perang, drama, dan masih banyak lagi pilihannya. Teknik belajar bahasa inggris ini terbilang kekinian dan bener-bener seru. Kamu tinggal memilih negara dengan penduduk yang menggunakan bahasa inggris, misalnya main bareng player Inggris atau Amerika.

Rekomendasi Game Buat Belajar Inggris:

  • Guild Wars
  • World of Warcraft
  • The Elder Scrolls Online
  • RF Online
  • Point Blank
  • Idol Street

6. Belajar Bahasa Inggris Online Dengan Sahabat Pena

Masih pemula? Nggak masalah. Belajar bahasa inggris pemula bisa dimulai dengan memiliki sahabat pena online, atau istilah kerennya adalah pen-pal. Apa itu maksudnya? Sahabat pena online adalah menjalin interaksi dengan teman yang berasa dari luar negeri, teman native yang menggunakan bahasa inggris. Kamu bisa berinteraksi melalui tulisan dengan menggunakan email atau chat.

Bahkan, ada banyak cerita menarik bagaimana penpal nggak cuman sebagai sahabat di dunia maya loh. Sebuah cerita luar biasa, yaitu tentang bule asal Swedia. Ia rela jauh-jauh datang ke Indonesia cuman buat menghadiri pesta pernikahan sahabatnya, loh! Nah, kamu nggak pengen tuh? Bikin iri banget kan, ceritanya?

Tentu, ada banyak website tersedia yang memberikan tawaran tentang online pen-pal. Kamu tinggal ketik di Google, misalnya “pen-pal” dan bakalan muncul hasil berbagai situs yang tersedia sebagai wadah untuk memulai pertemanan online.

Situs Rekomended Buat Pen-pal

  • Interpals
  • Penpal Garden
  • Hi! PenPal!

Cara Menggunakan Pen-Pal

  • Pertama, Tulis surat elektronik kepada teman online kamu
  • Kedua, Apa yang bisa kamu tulis? Bisa cerita tentang diri kamu, cerita apapun yang nggak melanggar aturan yang sudah dibuat di website tersebut.
  • Ketiga, Tunggu dapet balesan. Simple kan?

7. Belajar Bahasa Inggris Berarti Harus Mau Berteman

Oke, buka diri kamu. Maksudnya, bukalah diri kamu untuk bisa berteman dengan lebih banyak orang. Kamu bisa menggunakan media sosial buat mulai belajar tentang bahasa inggris. Misalnya, pakai Facebook, Path, Instagram, Twitter, dan apapun itu.

Cara Menggunakan Media Sosial Buat Belajar Bahasa Inggris

Pertama –  Follow dan add friend orang-orang dari negara yang menggunakan bahasa inggris sesuai minat. Buatlah pertemanan. Kamu bisa memulai interaksi duluan dengan menggunakan bahasa inggris.

Kedua –  Misalnya, kamu bisa bertanya seperti ini:

Hi, what is your name? = halo, siapa namamu?

Hi, how are you? = Halo, bagaimana kabarmu?

Where do you live? = Kamu tinggal dimana?

Dan tinggal nunggu bagaimana respon orang tersebut. Kalau mereka membalas, kamu tinggal meneruskan percakapan yang simple.

Ketiga – Gunakan bahasa inggris ketika sedang nge-twit, update status, atau apapun itu. Dengan demikian, kamu juga bakalan mendapatkan respon atau komentar dari teman sosmed kamu. Mereka bisa memberikan komentar bahasa inggris. Nah, dengan demikian, kamu bisa saling berinteraksi menggunakan bahasa inggris untuk seterusnya.

Keempat –  Perhatikan etika, ya. Pilih dan follow orang-orang yang bisa dipercaya saja. Kamu hanya akan menggunakan mereka sebagai partner belajar.

Kelima –  Nggak harus orang asing loh, kamu juga bisa berteman dengan banyak orang Indonesia yang menggunakan bahasa inggris dengan baik. Kemudian, mereka bisa kamu jadikan teman untuk berlatih berbahasa inggris. Misalnya, bikin group di WhatsApp atau lainnya untuk saling menggunakan bahas ainggris.

8. Belajar Dengan Pakai Aplikasi Online

Apa saja sih perangkat online yang tersedia? Di era teknologi saat ini, kamu bisa menggunakan aplikasi ANKI yang bisa kamu download buat belajar dengan flashcard. Atau kamu juga bisa pakai aplikasi Memrise buat belajar lainnya. Jika ingin belajar pronunciation, salah satu contoh aplikasi yang tersedia adalah Forvo.

Cara yang tepat adalah mendownload aplikasi yang sesuai kebutuhan dan install. Gunakan appaun yang sudah kamu pelajari dari aplikasi tersebut supaya kamu benar-benar mampu memaksimalkan aplikasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

9. Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Nggak ada cara yang paling keren kecuali cara yang satu ini. Yap, kamu langsung belajar di lingkungan yang menggunakan bahasa inggris dan langsung menghadapi banyak native disana. Kamu dipaksa untuk menggunakan bahasa inggris setiap harinya, kemanapun. Bahkan ke toko, ke toilet umum, atau ke café kecil di sudut kota. Untuk kamu yang punya budget, cara ini tergolong efektif. Sebaiknya, tinggal disana dalam waktu yang sedikit lama dengan tujuan untuk belajar bahasa inggris.

Nggak punya duit melimpah untuk tinggal sebulan di luar negeri? Nggak masalah, kamu bisa alokasikan duit tersebut untuk stay atau tinggal di Kampung Inggris. Disitu, kamu bahkan bisa ngobrol berbahasa inggris dengan penjual cilok. Serius loh!

10. Belajar Bahasa Inggris Dengan Kursus

Ini adalah salah satu cara ampuh buat kamu yang bener-bener serius pengen bisa lancar berbahas ainggris. Dengan mengeluarkan biaya, kamu jadi lebih sungguh-sungguh untuk belajar. Karena nggak gampang untuk menguras tabungan dari keringat yang sudah kamu keluarkan, kamu jadi lebih bisa menghargai uang tersebut dan jadinya semakin termotivasi untuk belajar dengan giat.

Di Kampung Inggris misalnya, kamu bisa kursus disana. Selain ada kelas, kamu juga bisa stay di camp atau sebenarnya adalah tempat tinggal selama belajar. Disana, ada tutor atau para pengajar profesional yang siap berinteraksi dengan menggunakan bahasa inggris. Ada juga teman sekamar yang bisa kamu jadikan partner untuk bicara bahasa inggris, belajar, dan juga berlatih sebagai kegiatan tambahan di luar kelas. Nggak heran, kamu bahkan bisa mahir berbicara bahasa inggris dengan mengambil paket belajar dalam dua minggu! Jika lebih maka akan lebih baik tentunya.

Di tempat kursus, ada rancangan jadwal pelajaran yang harus kamu pelajari dengan waktu yang teratur. Seluruh materi juga dikupas secara mendalam, mulai dari masalah vocabulary, grammar, atau materi lainnya dengan situasi yang interaktif juga. Bahkan, keberadaan tutor siap membantu kamu untuk belajar dari kesalahan. Kamu bisa belajar dibawah pengawasan tutor, dan dikoreksi juga penggunaan bahasa inggris yang kamu gunakan. Jadi, kamu benar-benar belajar berbahasa inggris secara tepat dan akurat.

11. Bahasa Inggris Bisa Dipelajari Dengan Praktek

Ngomong.. Kamu nggak bakalan bisa menggunakan bahasa inggris, meskipun sudah belajar dari tahap A sampai Z, kalau memang belum pernah menggunakan bahasa inggris itu sendiri. Jadi, bahasa inggris nggak cuman dipelajari, tapi juga harus digunakan, dipraktekkan.

Kemanapun, ya ngomong bahasa inggris.

Dengan siapapun, cobalah berbicara bahasa inggris.

Apapun topik yang ingin kamu bahas, kamu jgua bisa menggunakan bahasa inggris.

“Aduh, saya kan masih pemula! Grammar berantakan, masa’ udah disuruh ngomong?”

Pemikiran seperti ini justru akan menghambat perkembangan kamu dalam menggunakan bahasa inggris.

Untuk bisa, maka harus dipaksa. Walaupun bekal berbahasa inggris masih sedikit, justru nanti akan bertambah dengan sendirinya ketika bahasa inggris itu digunakan.

Kalo belum bisa berbahasa inggris, gimana dong? Ya gunakan kalimat sederhana.

Grammar jelek? Abaikan.

Misalnya: Kamu ingin mengajak seseorang untuk menggunakan bahasa inggris sebagai partner kamu.

I Wants you teach me about English. I know, you can speak English. You is good in English. I want come to your house if you is not busy. When I can meet you?

Berantakan grammarnya? Iya.

Tapi paham dong maknanya? Iya.

Jadi, selagi apa yang kamu ucapkan itu bisa dipahami oleh oranglain, itu artinya kamu sudah berhasil berkomunikasi dengan bahasa inggris loh.

Kok gitu?

Definisi komunikasi adalah menggunakan bahasa untuk menyampaikan suatu hal pada lawan bicara. Jadi, selagi aku bisa memahami apa maksud pembicaraan kamu, itu berarti nggak ada masalah dengan penggunaan bahasa inggris kamu. Itu aja dulu. Untuk masalah grammar atau penggunaan kosakata, ya nanti. Pasti nanti juga bisa kok, yang penting belajar dulu.

12. Belajar Bahasa Inggris Dasar – Nggak Masalah Belajar Dari Dasar Kok!

Hal penting yang aku pelajari nih ketika mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah, di semester awal, kita belajar lagi materi bahasa inggris itu dari dasar banget. Penggunaan Am, is, Are, juga bahkan belajar tentang benda plural dan singular, loh. Iya, jadi kita emang benar-benar diajarkan dari pelajaran waktu SD. Mengapa demikian? Nggak peduli semahir apa, belajar bahasa inggris itu penting diajarkan dari dasar dulu. Jadi, materi dasar ini nggak boleh diremehkan, justru inilah pondasi utama buat belajar bahasa inggris.

Untuk kamu yang belum pernah serius belajar bahasa inggris sebelumnya, kamu bisa kok belajar dari alphabet dulu, terus kosa kata dari berbagai mini stories, sampai lain-lain termasuk nonton animasi berbahasa inggris yang sering ditonton anak-anak gitu.

Nggak masalah!

Justru kalo nggak mempelajari dari dasar atau awal banget, bahasa inggris kamu jadi berantakan. Sayang dong sudah susah-susah belajar, malah jadi bingung. Apalagi alesannya karena malu belajar dari level SD.

Buat mensiasati proses belajar dari awal, kamu bisa belajar hal-hal berikut:

  • Beli buku Periplus misalnya. Buku ini adalah buku bahasa inggris level SD tapi levelnya terbilang tinggi loh.
  • Belajar tenses dari Simple Present Tense dengan menggunakan buku SD dulu nggak papa.
  • Mengenal Alphabet penting buat keterampilan berbicara nanti
  • Kosakata dari buku cerita anak, baca dan kamu bakalan ngerasa kalo buku ini bermanfaat banget.

13. Hindari Hafalan

Kamu punya tekad untuk belajar bahasa inggris dengan menghafal sekian kosa kata, misalnya 10 kosa kata setiap hari. Jadi, dengan harapan nanti kamu bisa punya 300 kosa kata baru dalam sebulan. Apakah ini metode belajar yang tepat?

Sayangnya, pembelajaran ini kurang efektif. Pasalnya, nggak semua kosa kata yang kita hafalkan itu digunakan di semua percakapan loh. Kamu nggak menggunakan semua kata tersebut dalam frase, juga kalimat ketika sedang menggunakan bahasa inggris.

Lantas bagaimana cara yang paling tepat untuk menghafal kosakata? Sebaiknya, pakai kosa kata yang sudah kamu pelajari, lalu buat dengan kalimat yang sederhana. Kemudian, gunakan kata tersebut untuk diucapkan berulang-ulang.

Misalnya, hari ini kamu belajar kata handsome, fat, slim, dan juga beautiful. Nah, kamu bisa menggunakan kata-kata tersebut pada bentuk kalimat present tense yang merupakan bentuk kalimat paling sederhana.

Kemudian buat kalimat seperti berikut:

  • My father is fat.
  • My sister is slim.
  • My mother is beautiful

Jadi, runtutan belajar bahasa inggris pada teknik ini adalah belajar vocabularies dulu, lalu terapkan pada kalimat sederhana. Kemudian,ucapkan dan ulangi terus sampai kamu bisa mengucapkannya tanpa melihat teks.

14. Jangan Menghindari Grammar

Emang, untuk pemula, keberanian untuk menggunakan bahasa inggris itu sangat penting. Dari situlah, kamu yang semula nggak seberapa paham tentang grammar jadi lebih paham. Berterimakasihlah kepada orang-orang yang sudah mengkoreksi penggunaan grammarmu, jadi jangan malah malu atau sewot.

Grammar adalah hal penting, jadi nggak boleh dihindari. It’s okay kalo saat ini kamu fokus dengan menggunakan bahasa inggris pada siapapun, kapanpun walaupun kamu merasa nggak jago-jago amat dengan grammar. Tapi, tetap saja nggak boleh ada alasan untuk benci atau menghindari grammar.

Tanpa grammar, tentu saja susunan kata jadi sedikit sulit dipahami. Sama seperti menggunakan bahasa Indonesia, kalo tidak tepat susunannya, pasti akan sulit dipahami, contohnya:

Saya belajar tahun lalu bahasa inggris, tentu terdengar kurang enak bukan?

Harusnya, kalimat yang benar adalah saya belajar bahasa inggris tahun lalu.

15. Belajar Bahasa Inggris Dengan Menulis

Cara ini juga terbilang efektif loh. Nggak kalah dari belajar sambil nonton film, sambil nyanyi, sambil dengerin lagu, atau sambil baca, belajar dengan cara menulis juga membuahkan hasil. Kamu bakal dibuat kaget ketika melihat kemampuan menulismu bisa berkembang dengan sangat baik karena rajin menulis.

Nggak percaya? Boleh dicoba loh!

Cara Belajar Menulis Dengan Diary

Gimana sih cara memulai biar kita bisa menulis dengan mudah tanpa harus berpikir terlalu keras? Ya menulis Diary!

Well, kayaknya jaman sekarang nulis Diary atau buku harian itu seperti kembali ke jaman dahulu. Tapi, ceritanya bakalan berbeda kalo kamu menggunakan bahasa inggris loh.

Nah, siapkan satu buah buku khusus. Buku ini bakal jadi Diary atau buku harian, atau jurnal. Dari sinilah, kamu bisa menulis pengalaman sehari-hari. Buatlah topik yang sederhana, misalnya kamu bisa membuat topik tentang pahlawanku hari ini, yaitu tulisan tentang orang yang baik yang sangat membantu kamu hari ini. Atau, kamu bisa menulis pengalaman menyebalkan, pengalaman yang berharga, dan pengalaman lainnya.

Nggak perlu cari topik yang ribet, karena nanti ujung-ujungnya malah nggak jadi nulis. Untuk kamu yang suka nulis puisi atau quotes, kamu juga bisa kok pakai bahasa inggris. Untuk memulai, kamu bisa menulis dari tiga kalimat dulu.

Misalnya ya:

Today, I am so happy = Hari ini saya sangat bahagia.

I Meet my best friend = Saya bertemu teman baik saya.

We enjoy our day and promise I never forget this day = Kami menikmati hari ini dan berjanji nggak bakal melupakan hari ini

Simple kan?

Gini aja kamu akhirnya bisa nulis bahasa inggris loh. Jadi, nggak usah memulai dengan sesuatu yang ribet. Kamu sedang belajar dan belajar adalah proses.

Besoknya, cobalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan nulis empat kalimat. Misalnya:

Today I meet a good person = Hari ini saya bertemu orang yang baik.

I never meet her before = Saya nggak pernah ketemu dia sebelumnya.

When the rain comes and my cloth is almost wet =Ketika hujan turun dan baju saya hampir basah

She shares her umbrella and we walk together = Dia berbagi payung dan kita jalan bareng

Ingat, tujuan kamu adalah untuk belajar menulis, abaikan grammar terlebih dahulu dan teruslah belajar menulis. Jangan lupa untuk sering-sering baca supaya kamu bisa meningkatkan kemampuan grammar kamu ya!

16. Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Dengan Bikin Kamus

Kamu udah nonton film, dengerin lagu, baca, sampe menulis diary. Nah, di sela-sela belajar tersebut, kamu menemukan kosakata baru. Sebaiknya, letakkan semua kosakata tersebut dalam satu tempat, yaitu buku kosong. Gunakan buku tersebut sebagai kamus pribadi kamu. Artinya, buku tersebut berisi kumpulan kosakata yang sudah kamu pelajari dan pahami, dan tulis artinya. Gunakan kata-kata tersebut ketika berbicara bahasa inggris. Jadi, nggak cuman buat dikoleksi doang.

17. Belajar Pakai Video YouTube

Era yang canggih bisa kamu manfaatkan loh buat belajar. Gunakan internet untuk mengakses berbagai video juga podcast tentang bahasa inggris. Di YouTube, ada banyak channel dan video-video berbahasa inggris. Video-video ini juga mengajarkan tentang berbagai materi dari level basic sampai level master, semuanya gratis!

18. Belajar Itu Nggak Boleh Takut

Namanya juga belajar, jadi jangan takut buat mencoba. Sama kayak belajar naik sepeda, nggak boleh takut jatuh. Nanti juga bakalan lancar. Dalam berbahasa inggris, walaupun sedang belajar dan salah, itu tidak masalah. Apalagi ketika belajar kemudian salah dan dikoreksi oleh oranglain, kamu jadi tahu ternyata seperti apa sih penggunaan yang benar. Jadi, kamu nggak boleh merasa malu, takut, atau bahkan sampe sewot dengan orang yang suka mengkoreksi bahasa inggris yang kamu pelajari. Lumayan, punya tutor gratis yang perhatiannya minta ampun itu susah nyarinya loh!

19. Hindari Menerjemahkan Per Kata

Tujuan terjemah per kata adalah untuk belajar vocabularies. Kalo kamu ingin menggunakan bahasa inggris dengan lancar, maka sangat penting untuk tidak menerjemahkan kalimat bahasa inggris per kata. Misalnya nih ya, kamu lagi belajar bahasa inggris dari subtitle film. Subtitle tersebut adalah bahasa inggris.

Contoh:

I am reading your letter, and I feel my heart is broken.

Maka kalau terjemahkan per kata, jadinya:

Saya membaca milikmu surat, dan saya merasa saya hati pecah.

Padahal, makna sebenarnya adalah:

Saya sedang membaca suratmu, dan saya merasa patah hati.

20. Buat Komunitas Belajar Bahasa Inggris

Menciptakan komunitas juga terbilang efektif loh untuk belajar lebih serius tentang bahasa inggris. Komunitas ini punya minat yang sama. Mereka ada karena tujuan yang sama. Komunitas bisa dengan membuat grup di media sosial. Atau, kamu juga bisa bikin komunitas debat bahasa inggris dengan jadwal berlatih debat bersama, atau bahkan ikut lomba debat bahasa inggris.

21. Cari Idola

Pastikan kamu punya satu idola yang menggunakan bahasa inggris. Misalnya nih ya, kamu suka banget sama Taylor Swift. Nah, pasti dong kamu bakalan mengikuti semua tentang penyanyi tersebut, mulai dari jadwal manggung, ngikutin bagaimana interview dia, dan bahkan lagu-lagu dia. Kamu juga bisa meniru gimana gaya bicara dia dan lainnya.

22. Belajar Bahasa Inggris Sehari Hari Itu Gak Boleh Nyerah

Ini adalah poin yang paling penting. Sekali aja kamu merasa nyerah, bisa berantakan gol atau tujuan yang sudah kamu susun loh. Untuk itu, perlu ditekankan bahwa belajar menggunakan bahasa inggris itu nggak gampang. Jadi, kamu harus benar-benar memulai dari yang paling sederhana. Mulailah secara rutin. Mulai dengan belajar sedikit demi sedikit.

23. Belajar Sesuai Motivasi

Ada tiga motivasi dalam belajar bahasa inggris yang paling sering muncul, seperti:

Motivasi non formal – Motivasi belajar untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri, pengen punya temen bule, atau pengen lancar berbahasa inggris. Maka, kebutuhan untuk belajar yang tepat adalah belajar berbagai percakapan sederhana yang cocok untuk komuniaksi sehari-hari, termasuk frasa khusus di tiap negara yang dituju.

Kebutuhan formal – Kebutuhan untuk memenuhi persyaratan pekerjaan atau pendidikan dengan harus berhasil melewati tes TOEFL, IELTS, TOEIC, dan lainnya. Untuk itu, diperlukan materi yang berkaitan dengan latihan soal ketika belajar.

Kebutuhan aktualisasi diri – Motivasi belajar karena ingin meningkatkan rasa percaya diri, ingin mengasai secara aktif. Biasanya, motivasi ini dimiliki untuk yang sudah punya pengetahuan dasar dalam bahasa inggris. Sehingga, kebutuhan belajar yang tepat adalah yang lebih luas dan praktis.

24. Belajar Bahasa Inggris Dengan Ikut Ujian Berstandar

Pacu motivasi kamu dalam belajar dengan menantang diri untuk mengikuti ujian. Kamu harus mampu meningkatkan skor atau nilai tes ujian sesuai kebutuhan. Dengan sering ikut ujian, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris sekaligus punya bukti tertulis yang siap meningkatkan level karirmu nanti.

25. Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Gunakan aplikasi bermanfaat berikut untuk mulai belajar menggunakan bahasa inggris sehari-hari:

Duolingo

Aplikasi untuk belajar kosa kata, belajar berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis sambil bermain. Kamu bisa belajar kata kerja dasar, kalimat, frasa dan lainnya dengan gambar menarik. Ada juga tes tersedia untuk menguji kemampuanmu. Aplikasi ini layak digunakan untuk pemula, termasuk anak-anak.

English for Kids

Aplikasi ini untuk belajar tentang alphabet dalam bahasa inggris, buah-buahan, binatang, warna, angka, makanan, dan lainnya.

Game Anak

Aplikasi khusus untuk pemula atau anak-anak biar bisa belajar dengan menarik. Selain ada banyak lagu, terdapat juga lirik dan gambar menarik.

Fun Easy Learn

Untuk pemula, aplikasi ini bantu berbiacara bahasa inggris. Pengguna bisa memilih satu dari 7 permainan tersedia yang unik. Ada tiga level tersedia yaitu untuk pemula, menengah, dan lanjutan. Kamu tinggal pilih mana level yang tepat.

Learn English for Kids

Aplikasi untuk belajar dengan menyenangkan sesuai dengan kosa kata sehari-hari, seperti angka, abjad, bulan, dan lainnya. Game yang ditawarkan tersedia dalam beberapa pilihan seperti memori, dan latihan menulis.

Learn to Spell & Write

Aplikasi game yang edukatif untuk belajar membaca, menulis, dan belajar ejaan. Kamu bisa belajar mengeja, belajar kosakata dalam bahasa inggris juga. Ada gambar lucu, juga ada game menebak kata.

Words for Kids

Aplikasi edukatif untuk kata dan kosakata baru. Kamu bisa belajar nama-nama objek tentang alphabet, jumlah, bagian tubuh, warna, benda-benda sekitar, buah, dan lainnya.

Lingbe

Aplikasi berbasis komunitas yang mewajibkan penggunanya nggak cuman belajar, tapi juga harus bisa jadi pengajar buat yang lain. Selain belajar bahasa, juga bisa belajar budaya dan berinteraksi dengan masyarakat di seluruh dunia.

Memrise

Aplikasi dalam bentuk game dengan tampilan interaktif dan berbasis komunitas. Kamu bisa belajar seluruh materi yang terus diupdate oleh komunitas dalam Memrise.

Busuu

Aplikasi belajar yang lebih mirip media sosial, kamu bisa memilih materi dari yang paling dasar sampai level advanced. Kamu juga bisa bebas memilih topik kursus, berkomunikasi dengan pengguna lain, minta feedback, dan materi juga berkualitas.

Learn 50 Languages

Nggak cuman belajar bahasa inggris, kamu juga bakal belajar 50 bahasa asing lainnya ditambah 100 total pelajaran dan percakapan di tempat umum yang cocok digunakan untuk sehari-hari.

Learning English with Aco

Kamu bisa belajar berbagai skill dalam bahasa inggris, termasuk vocabularies dan translation. Metode belajar yang disuguhkan akan menstimulasi kamu buat lebih aktif belajar vocabularies baru.

Marbel Belajar Grammar

Punya masalah dengan grammar? Well, nggak masalah. Kamu bisa kok pake aplikasi ini buat belajar grammar jadi lebih mudah, mulai dari kalimat pasif, kalimat aktif, bentuk tenses dan lainnya.

Coffee Strap

Languange Exchange – Kamu bisa belajar bahasa inggris untuk sehari-hari dengan filter pengguna lain sesuai kebutuhan. Nanti bakalan muncul nama pengguna dan lainnya di setiap profil supaya kamu bisa pilih partner sesuai selera.

Mango Languages

Selain berlatih bicara, kamu bisa belajar kosakata yang benar, budaya negara lain, dan belajar pelafalan dengan total 21 latihan yang siap bikin kamu belajar lebih menyenangkan.

Speaky

Aplikasi ini menjadi jalan tengah untuk siapapun yang ingin belajar bahasa inggris juga untuk bertukar pengetahuan. Cara login yaitu dengan menggunakan akun facebook atau google. Pilih bahasa yang ingin dipelajari dan tentukan pada level mana anda berada.

Secil

Aplikasi ini memang buat anak-anak, tapi juga cocok dimainkan untuk pemula. Karena tampilannya tampak simple, banyak warna, dan menggunakan bahasa sederhana. Ada tebak bahasa inggris, bermain puzzle, dan tebak makna inggris.

26. Belajar Bahasa Inggris Youtube

Berikut adalah beberapa channel YouTube yang bermanfaat buat belajar bahasa inggris:

  1. English Class 101 – Channel popular yang mengupas berbagai hal tentang bahasa inggris, semua skill.
  2. Rachel’s English – Rachel dikenal sebagai penyanyi klasik yang akurat dalam pelafalan. Untuk kamu yang pengen belajar pelafalan, Rachel punya channel asik buat belajar loh, terutama untuk American English.
  3. Speak English with Mister Duncan – Bahasa inggris di channel ini jadi terasa kocak, nggak ada serius-seriusnya tapi banyak ilmunya. Durasi video terbilang panjang, bahkan ada yang sampai dua jam. Kamu juga bisa ikutin live video dan tanya apapun gratis.
  4. Easy English – Ini adalah tempat atau channel buat kamu yang pengen belajar British English. Ada banyak topik dengan berbagai video khas yang diambil dari jalanan.
  5. VOA Learn English – Voice of America, channel ini bikin kamu bisa belajar tentang American English dengan video unik dengan bahasa yang simple.

27. Belajar Bahasa Inggris Tidak Boleh Ada Jeda

Belajar menggunakan bahasa inggris berarti adalah terus membiasakan diri. Jika sudah melakukan berbagai hal yang ada di opsi sebelumnya, maka jangan berpuas diri. Kamu harus terus menggunakan bahasa inggris dan terus menggunakan media yang ada. Terus baca buku, terus dengerin lagu baru, terus lihat film baru tanpa subtitle, dan lainnya.

28. Belajar Bahasa Inggris Berdasarkan Aspek

Listening – Maka, hal yang harus dicapai adalah unsur bahasa pada daya ingat jangka pendek, bentuk intonasi, makna bahasa, pelafalan, membedakan bunyi, tekanan kata, dan reduksi dalam pembentukan kata. Juga, kamu harus belajar mengenal typical word order pattern, kelas kata, kata kunci, dan unsur-unsur kalimat.

Speaking – Mampu melafalkan bunyi kata yang tepat dan dimengerti lawan bicara, memberikan tekanan kata, mampu mengurut kata dengan benar pada kalimat, menggunakan bahas yang tepat sesuai kondisi komunikasi dan mampu menyampaikan ide pokok.

Reading – Dalam belajar reading, maka kamu harus mampu menguasai berbagai kosa kata, berlatih mengidentifikasi kata kuci atau gagasan utama, juga mengenal struktur gramatik pada kalimat. Kamu juga harus bisa menghubungkan pengetahuan dari luar dan dalam bacaan, serta tahu streategi membaca.

Writing – Kamu harus mampu menulis kata dan mengeja secara benar, belajar tanda baca, juga memilih kata tepat sesuai dengan kalimat. Juga, kamu harus mampu menulis dengan ide pokok yang jelas, ditambah rangkaian kalimat yang koheren. Bahkan, kamu harus mampu menulis dengan gaya bahasa yang sesuai dengan pembaca.

29. Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak Di Kantor

Untuk karyawan, ada beberapa tips yang wajib kamu coba buat belajar bahasa inggris. Selain nyanyi, atau dengerin lagu dan juga nonton video berbahasa inggris ketika jam istirahat, kamu bisa melakukan hal lainnya seperti menggunakan vocabularies ketika mencatat pertemuan pada saat kegiatan atau pelatihan di kantor. Atau, kamu juga bisa berinteraksi dengan teman kantor sembari menggunakan bahasa inggris sesekali. Hanya satu dua kalimat setiap hari sangatlah bagus, apalagi jika kalimat tersebut adalah kalimat baru yang kamu pelajari dan segera kamu praktekkan.

Bahkan, akan terasa menarik sekali jika kamu juga menyisipkan bahasa inggris ketika melakukan presentasi. Misalnya seperti:

Do you have any question?

Do you get my point?

Well, that is all.

30. Cara Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Dengan Membuat Materi Belajar

Gunakan Youtube, Google, Web gratis buat belajar bahasa inggris. Kemudian, buat materi belajar seperti berikut sesuai dengan level kemampuan bahasa inggrismu:

Materi Bahasa Inggris Untuk Tingkat Dasar (Level 1)

  1. Alphabet – Belajar Alfabet
  2. Colors – Belajar Warna
  3. Numbers – Belajar Angka
  4. Time – Belajar Waktu
  5. Name of Days – Nama-nama hari
  6. Months of Year – Nama-nama bulan
  7. Seasons – Musim
  8. Date – Tanggal
  9. Part of Speech – Penggunaan kata dalam bahasa inggris
  10. Nouns – kata benda
  11. Singular and Plural – Benda tunggal dan jamak
  12. Countable and Uncountable Nouns – Kata benda yang bisa dihitung dan tidak bisa dihitung
  13. Determiners – Kelompok kata di depan kata benda
  14. A, An, and The
  15. Personal Pronoun
  16. Possesive adjective
  17. Object Pronouns
  18. Adjectives
  19. Verbs
  20. Interjections

Materi Bahasa Inggris Untuk Tingkat Dasar (Level 2)

  1. Simple present tense part I, mulai dari is, am, are
  2. Simple present tense part II
  3. Have vs. has
  4. Demonstrative
  5. This vs. these
  6. That vs. those
  7. There is vs. there are
  8. Noun phrase
  9. Quantifier
  10. Some vs. any
  11. Much vs. many
  12. A little/ little vs. a few/few
  13. Adverbs of frequency
  14. Adverbs of manner
  15. Moda verbs
  16. Prepositions of time
  17. Present continuous tense
  18. Have got vs. has got
  19. Prepositions
  20. Imperative sentence
  21. Conjunctions

Materi Bahasa Inggris level menengah/ Intermediate

  1. Simple past tense
  2. Was vs. were
  3. Simple future tense
  4. Past future tense
  5. Present perfect tense
  6. Since, for, yet, and already – present perfect tense
  7. Be going to
  8. Past continuous tense
  9. Adjectives order
  10. Adjectives+ed vs. adjectives+ing
  11. Modal auxiliary
  12. Passive sentence: simple present tense
  13. Passive sentence: simple past tense
  14. Passive sentence: simple future tense
  15. Passive sentence: present perfect tense
  16. Passive sentence: present continuous tense
  17. Either vs. neither
  18. Elliptice sentence – So vs. too

Materi bahasa inggris untuk level master/ mahir

  1. Gerunds
  2. Gerunds and present participle
  3. Either… or vs. Neither…nor
  4. Not only… but also
  5. Both… and
  6. Is, am are, question tag
  7. Do does, question tag
  8. Present perfect continuous tense
  9. Past perfect tense
  10. Past perfect continuous tense
  11. Future continuous tense
  12. Positive degree – As.. As
  13. Comparative degree: -er/ more…
  14. Superlative degree
  15. A lot of/ lots of/ a lot
  16. Enough
  17. Too
  18. Relative pronouns
  19. Conditional sentence type I
  20. Conditional sentence type II
  21. Conditional sentence type III
  22. Both – Either – Neither
  23. Prefer
  24. To infinitive vs. To + ing
  25. A number of vs. the number of
  26. Another other, others
  27. The
  28. Because vs. because of
  29. … so … that
  30. … such… that
  31. As well as vs. as well
  32. Verb after verb be

Sahabat LC butuh tips belajar grammar? simak selengkapnya di: Tips Mudah Belajar Grammar

Belajar bahasa inggris bagi pemula membutuhkan waktu yang panjang dan keseriusan. Mengikuti kursus bahasa inggris adalah langkah tepat untuk menanamkan materi dasar bahasa inggris. Dengan adanya teman belajar dan tutor yang memandu, tentu kita akan lebih mudah memahami bahasa inggris.

Di Kampung Inggris LC , kita akan belajar bahasa inggris dari basic melalui paket program yang bisa kamu pilih sendiri. Ada program Intensive, English Master dan English Master Plus (selengkapnya DI SINI). Dipandu tutor yang berpengalaman dan suasana yang nyaman, akan membuat belajar menjadi seru dan jadi bisa bahasa inggris dalam waktu yang relatif singkat.

Semoga artikel tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula ini bermanfaat untuk sahabat LC yang sedang memulai belajar bahasa inggris. Tidak ada kata terlambat untuk belajar ^_^

 

Kampung Inggris Search :

  • belajar bahasa inggris untuk pemula
  • belajar bahasa inggris pemula
  • Belajar bahasa inggris
  • cara belajar bahasa inggris untuk pemula
  • belajar bahasa inggris bagi pemula
  • cara belajar bhs inggris utk pemula
  • Cara belajar bahasa inggris
  • cara belajar bahasa inggris bagi pemula
  • bahasa inggris untuk pemula
  • tahapan belajar bahasa Inggris
  • Penjelasan dan penyambungan Kalimat bahasa inggris untuk pemula
  • materi belajar bahasa inggris untuk pemula
  • inti yang harus d haapal saat belajar bahasa inggris
  • cara mudah belajar bahasa inggris untuk pemula
  • step demi step belajar grammer bagi pemula
  • perlukah menanamkan bahasa inggris bagi siswa
  • cara belajar bahasa inggris pemula
  • kunci dasar belajar bahasa inggris untuk pemula
  • teks bahasa inggris untuk pemula
  • step belajar bahasa inggris

Nilai Kualitas Konten

 
 
 

More Posts in Belajar Bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

22 Comments

 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *