How to Make a Good Presentation
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

How to Make a Good Presentation, TEATU Kampung Inggris LC

how to make a good presentation teatu kampung inggris lc

Halo class, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara untuk membuat presentasi yang baik dalam bahasa inggris? Jika kamu belum mengetahuinya sementara kamu saat ini sedang dikejar waktu untuk mempersiapkan presentasi baik itu untuk di sekolah, kelas, ataupun pekerjaan kami mempunyai solusinya untuk kalian semua. Untuk menghasilkan presentasi yang baik setidaknya ada tiga poin penting yang harus kamu perhatikan yaitu introduction (pembukaan/perkenalan), body (isi presentasi), dan conclution (kesimpulan). Seperti apa penjabaran dari ketiga poin tersebut? yuk mari kita bahas bersama-sama 🙂

1. Introduction

Poin pertama yang harus kamu lakukan dan perhatikan ketika mempersiapkan presentasi adalah introduction (pembukaan). Bukan hanya memperkenalkan diri saja tetapi pada poin ini kamu juga harus memperkenalkan garis besar materi yang akan disampaikan. Kamu harus membuat bagian pembukaan ini semenarik mungkin untuk menarik perhatian para audience. Ada beberapa bagian dari introduction yang perlu kamu perhatikan, sebagai berikut:

  • Welcoming your audience

Pertama kamu harus menyapa semua audience yang hadir untuk menyimak presentasimu. Kamu bisa melakukan saapan dalam bentuk formal dan bisa juga dalam bentuk non formal yang disesuaikan dengan konteks presentasinya. Misalkan kamu memilih sapaan dalam bentuk formal kamu bisa menggunakan sapaan seperti: “Good morning ladies and gentleman . . . . . . . .” atau bisa juga menggunakan “Hello every body . . . . . . . . ” untuk pilihan sapaan non formal yang bisa kamu gunakan.

  • Introducing your subject

Selanjutnya, kamu harus memperkenalkan materi yang akan kamu sampaikan atau presentasikan. Cara memperkenalkannya adalah dengan sedikit memberikan penjabaran singkat sesuai dengan judul presentasimu. Kata-kata yang bisa kamu gunakana sebagai pembukaan perkenalan materi ini contohnya sebagai berikut: “today we are going to discuss about . . . . . . . . .“.

  • Outlining the structure (outlining the part)

Bagian ketiga dari introduction adalah outlining the structure (outlining the part) yaitu menyampaikan urutan/bagian-bagian dari isi presentasi yang akan dihadirkan. Jika pada sebuah buku bagian ini adalah merupakan daftar isi yang bertujuan untuk menyampaikan part atau bagian-bagian dari keseluruhan buku. Contoh penyampaiannya adalah seperti berikut:
The first time i will start my presentation from . . . . . . . Then for the second . . . . . . The third . . . . . .

  • Giving instructure about question

Sebelum masuk ke bagian inti presentasi yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menjelaskan pada waktu kapan mereka bisa bertanya. Hal ini untuk menghindari terpotongnya materi presentasi karena adanya audience yang tiba-tiba menyela dengan segala pertanyaannya ditengah-tengah jalannya presentasi.

2. Body (content)

Setelah melakukan tahapan pembukaan dengan benar poin selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyampaikan materi (body presentation) sesuai dengan outlining structure yang sudah kamu sampaikan sebelumnya. Hal yang sangat perlu kamu perhatikan adalah kamu harus menyampaikan materi presentasi dengan sangat jelas dan rinci. Selain itu pada saat menyampaikan materi kamu juga harus percaya diri dan fokus keseluruh audience yang ada pada saat menyampaikan materi presentasi karena itu akan mempengaruhi penampilan dan juga mempengaruhi minat dari audience. Jangan hanya fokus kepada satu sisi audience saja kamu harus bisa melakukan eye contact keseluruh audience yang hadir. Kemudian kamu juga harus memperhatikan kecepatan dalam menyampaikan materi, kamu tidak boleh terlalu cepat ataupun pelan ketika menyampaikan materi untuk membuat para audience bisa memahami dan juga tidak bosan kepada penampilanmu. Selain kecepatan dalam menyampaikan presentasi ada juga cara lain yang bisa membuat jalannya presentasimu tidak membosankan dan audience tetap memperhatikan adalah kita sesekali harus bisa menyapa para audience ditengah-tengah presentasi, atau bisa juga sesekali mengarah mendekati audience agar suasana lebih hidup.

3. Conclution (kesimpulan)

Poin terakhir yang harus kamu perhatikan adalah penyampaian kesimpulan atau penutup dari keseluruhan presentasi. Tahapan-tahapan dalam poin ini adalah sebagai berikut:

  • Summing up

Bagian penutupan yang pertama adalah kamu harus menyampaikan poin-poin atau kesimpulan dari keseluruhan materi presentasi. Kamu bisa menggunakan pembukaan dalam bentuk seperti contoh ini: “our main pion of our material of the day is about . . . . . . .

  • Giving recomendations

Bagian ini hanya jika kamu memiliki rekomendasi dan tidak menjadi bagian yang harus disampaikan.

  • Thinking your audience

Berterimakasih ke pada para audience yang sudah mengikuti presentasi merupakan bagian yang sangat penting sebagai bentuk penghargaan dan imbal balik ke pada mereka semua.

  • Inviting question

Jika sudah selesai menyampaikan semua bagian presentasi di atas, saatnya kamu mempersilahkan audience untuk bertanya mengenai materi presentasimu. Ketika ada audience yang masih belum benar-benar memahami materi ataupun ada sesuatu yang mengganjal selama materi disampaikan inilah saatnya memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikannya. Urutan ini bisa juga berada sebelum “thinking your audience” ataupun bisa dilakukan sesuai dengan kesepakatan awal yang sudah kamu sampaikan pada bagian giving instructure about question“.

Kamu bisa bisa mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai “how to make a good presentation” yang akan dijelaskan oleh Miss Firda pada video TEATU yang ada dibawah ini:

Bagaimana? sekarang sudah tau dan mengerti kan tahapan-tahapan dalam menyiapkan presentasi dengan baik? dan pastinya saat ini kamu sudah semakin siap untuk menampilkan presentasimu dengan percaya diri. Semoga materi ini bermanfaat untuk kamu semua ya guys, sampai bertemu lagi di TEATU selanjutnya ^^.
 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *