close
program desember ceria

5W 1H dan Artinya Dalam Bahasa Inggris

3 min read

5w 1h artinya

Menguasai bahasa Inggris ternyata bisa dimulai dengan langkah atau cara sederhana, yaitu memahami 5W 1H artinya apa. Banyak pelajar dan pemula yang bahkan menganggap rumus ini tidak penting. Padahal, dalam memahami suatu bahasa seharusnya dimulai dengan pemahaman dasarnya.

5w 1h artinya

Kursus Bahasa Inggris

Apakah Anda tahu apa arti dan kepanjangan dari 5W 1H? Jangan suka komplain dalam hal belajar jika arti dari bentuk dasar ini saja tidak tahu. Pada kesempatan ini, akan dibahas secara lengkap dan rinci kepanjangan dari bentuk ini, agar Anda semakin memahami struktur bahasa Inggris. Mungkin Anda sudah pernah mendengar arti dari bentuk ini saat hendak membuat artikel berita.

Ya, kebanyakan dari para jurnalis sangat memperhatikan bentuk 5W 1H saat hendak membuat tulisan. Hal ini dikarenakan jika Anda menggunakan 5W 1H artinya semua permasalahan dan rasa penasaran pembaca akan terjawab. Oleh karena itu, 5W 1H begitu penting di setiap hal yang ingin Anda jelaskan terutama untuk menjabarkan sebuah cerita.

Meski banyak kalangan yang beranggapan dan berpendapat bahwa Anda tidak harus menguasai hal ini jika hendak berbicara bahasa Inggris, memang argumennya tidak selalu salah. Tetapi, proses belajar akan menciptakan kebiasaan dalam diri Anda sehingga jika sudah terbiasa akan berubah. Selain itu, pengetahuan mengenai 5W 1 H harus sudah di luar kepala.

Maka, daripada ke depannya Anda merasa sulit untuk merubah cara dan pola Anda dalam berbicara bahasa Inggris, lebih baik dibentuk dari sekarang. Tidak ada kata sulit dan memakan waktu lama untuk proses belajar dan mengasah kemampuan diri. Yang terpenting, Anda harus paham terlebih dahulu apa 5W 1H artinya?

Pengertian 5W 1H, Apa Itu?

Mengenai kepanjangan dari 5W 1H adalah sebagai berikut; 5W memiliki makna sebagai ‘what yang artinya apa, ‘who artinya siapa, ‘where artinya di mana, ‘when artinya kapan, dan ‘why artinya kenapa. Sedangkan untuk 1H sendiri merupakan ‘How yang artinya bagaimana.

Dalam pembuatan laporan, baik berita maupun tugas di dunia pendidikan lainnya, instrumen 5W 1H ini wajib ada. Sedangkan untuk pemahaman dasar bahasa Inggris, bentuk ini penting sekali untuk Anda ingat karena 5W 1H artinya sangat penting dalam mempelajari Bahasa Inggris dasar.

5W 1H menjadi hal dasar dalam berbicara dan akan selalu digunakan dalam bahasa sehari-hari. Bahkan, di setiap kalimat apa saja yang digunakan pasti ada salah satu bentuk dari 5W 1H ini. Yang perlu diingat bahwa pastikan diri Anda bisa membedakan semua bentuk ini.

Pengen Konsutasi PR ?

Hal ini sangat dikhawatirkan bahwa Anda bisa saja tertukar dan terbalik dalam menggunakan salah satu bentuknya. Sebagai contoh, saat Anda hendak menggunakan kata who untuk bertanya siapa malah akhirnya menggunakan whom yang artinya lain lagi yaitu sebagai siapa yang menjadi object.

Penjelasan Mengenai Penggunaan Kata Who dan Contohnya

Dalam bahasa Indonesia, kata ‘who’ dari salah satu 5W 1H artinya yaitu siapa. Di mana ketika Anda hendak bertanya mengenai seseorang sudah pasti Anda menggunakan kata ini. Jika diartikan, kata ini digunakan untuk menanyakan seseorang yang terlibat dalam sebuah percakapan.

Atau juga bisa diartikan sebagai seseorang yang terlibat dalam sebuah masalah atau cerita. Sehingga, pastilah saat hendak membuat kalimat terutama paragraf Anda akan menemukan kalimat yang menjelaskan tentang ‘who’. Untuk penggunaan dalam percapakan bisa saja berbeda tergantung dari jenis kalimat dan percakapan yang dibuat.

Misalnya, Anda hendak menanyakan tentang kepribadian seseorang secara langsung pada orangnya. Anda bisa langsung bertanya seperti kalimat “who are you?”. Namun, tahukah Anda bahwasanya penggunakan ‘who ini tidak selalu menjadi subject melainkan object seperti di contoh “with whom are you talking?”.

Penjelasan Mengenai Penggunaan Kata When dan Where Beserta Contohnya

Kata ‘when dari salah satu 5W 1H artinya kapan, dan ‘where’ yang berarti ‘di mana’. Maka, untuk menanyakan arah atau tujuan seseorang akan pergi Anda harus menggunakan ‘where’. Sedangkan untuk menanyakan waktu alias kapan seseorang akan pergi ke tujuannya maka menggunakan ‘when’.

Sebagai contoh untuk kata ‘where’ sebagai berikut, pertama Anda hendak menanyakan ke mana seseorang akan pergi dengan pertanyaan “Where will you go today?”. Sedangkan untuk Anda yang hendak menanyakan lokasi tempat bisa seperti, “Where is Universitas Indonesia?”. Untuk pertanyaan kepastian akan kejadian, Anda bisa bertanya “Where was this tragedy happen?”.

Untuk contoh when yang hendak menanyakan masalah waktu pasti kejadian suatu peristiwa baik yang sudah lampau maupun yang akan terjadi. Contohnya seperti “When did you meet her?” atau bisa juga seperti “When were you talking to the boss?”. Sedangkan untuk pertanyaan masa depan dari 5W 1H artinya bisa seperti “When will you plan to marry her?”.

Penjelasan Mengenai Penggunaan Kata What dan Why Beserta Contohnya

Penggunaan kata ‘What’ di dalam bahasa Inggris memiliki sedikit perbedaan dengan bahasa Indonesia dalam konteks makna. Seperti contoh saat Anda hendak bertanya siapa nama seseorang dalam bahasa Inggris tidak menggunakan ‘Who’ melainkan ‘What’. Maka, penggunaan what benar-benar harus Anda perhatikan dengan tepat.

Untuk dapat memahaminya dengan kompleks 5W 1H artinya, akan lebih baik jika Anda memahami bentuk pertanyaan. Akan lebih baik jika Anda mengusahakan agar terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut seperti; “What are you going to buy for dinner tonight?”. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan pertanyaan seperti “What is it going to be?”.

Selain beberapa contoh pertanyaan yang sudah dipaparkan di atas, pasti ada pertanyaan lain yang membingungkan Anda. Pertanyaan seperti “What is your plan?”. Maka, jangan terbiasa berpaku pada penggunaan ‘apa’ dalam struktur kalimat bahasa Indonesia, karena dalam bahasa Inggris, penggunaan kata ‘apa’ bisa sangat beragam dalam kalimat.

Penggunaan Kata How Beserta Contohnya

Meski berbeda dengan penggunaan 5W 1H artinya yang lain, penggunaan dari ‘how’ ini juga berperan penting. Dengan adanya pertanyaan ‘bagaimana’ pastinya pemecahan masalah bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Untuk ‘how’ sendiri memiliki makna ‘bagaimana’, dan biasanya jawaban untuk pertanyaan ini bisa panjang.

Sebagai contoh, Anda hendak bertanya bagaimana bisa ia mendapatkan nilai tinggi atau bertahan hidup dengan biaya Rp 100.00,- per minggu. Untuk pertanyaannya seperti berikut; “How do you get that score?” atau “How did you guys meet?”. Untuk pertanyaan yang berupa resep dan cara pembuatan makanan pasti menggunakan ‘how’.

Dari beberapa penjelasan mengenai 5W 1H dengan makna yang sudah disebutkan di atas, memang pasti akan digunakan ada percakapan sehari-hari. Untuk pertanyaan basic English juga pasti akan menggunakan salah satu dari 5W 1H tadi. Jangan tunggu lebih lama, pastikan Anda mempersiapkan diri dan mengingat arti dari kata yang dimaksud pada 5W 1H artinya tersebut.

Baca juga Perbedaan Kata Ask, Inquire, Dan Require dalam Bahasa Inggris

Kampung Inggris Search :

    https://www kampunginggris id/5w-1h-dan-artinya-dalam-bahasa-inggris
0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus

Gunakan Media Pembelajaran ini Untuk Membantu Anak Muda Belajar…

Seperti yang diketahui saat ini proses pembelajaran dituntut untuk mengakses berbagai media pembelajaran menggunakan teknologi termasuk media belajar bahasa Inggris anak muda. Siswa zaman...
Kreasi Ads
3 min read

Ketahui Perbedaan Prescriptive Grammar dan Descriptive Grammar

Ada 2 cara yang berbeda dan telah dijelaskan bahwa bahasa telah dipelajari dalam bermacam disiplin ilmu yang fokus terhadap penggunaan bahasa, dan prescriptive dan...
Kreasi Ads
3 min read

Sudahkah Kamu Tahu Apa itu Reduced Adverb Clause? Bagaimana…

Adverb Clause atau Kata Keterangan atau adverb di dalam bahasa Inggris pasti sudah banyak dipahami pada awal Anda belajar Bahasa Inggris. Kata keterangan merupakan...
Kreasi Ads
3 min read
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments