Search

Perbedaan Postpone, Delay, Put Off, dan Pending

Apa kamu pernah mendengar kata postpone, delay, put off, dan pending? Sebenarnya keempat kosa kata ini mempunyai arti yang sama yaitu menunda. Namun, terdapat perbedaan dalam penggunaannya yang tergantung pada waktu dan situasi. Agar kamu dapat mengetahui lebih dalam tentang kosakata ini, mari simak penjelasannya di bawah!

Penggunaan Postpone dalam Bahasa Inggris

Postpone adalah verb atau kata kerja yang dipakai ketika kamu akan menunda suatu acara atau aktivitas yang sebelumnya sudah ditentukan waktunya. Kosakata ini memperlihatkan bahwa aksi tersebut dilakukan seseorang dengan kesengajaan.

Dengan kata lain, penundaan dilakukan secara sadar dan biasanya aksi ini dilakukan oleh orang yang mempunyai keleluasaan dan wewenang. 

Contoh penggunaan postpone

Kosa kata ini dipakai untuk situasi yang cukup formal, misalnya untuk acara yang besar. Berikut ini contoh beberapa aplikasinya pada kalimat Bahasa Inggris.

  • I will have to postpone this event until next week
  • The match has already been postponed three times
  • My mother is postponing her lunch

Setelah melihat tiga contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kata ini menunjukkan adanya penundaan yang dilakukan oleh orang yang mempunyai otoritas atau keleluasaan untuk menunda aksi tersebut.

Penggunaan Delay dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya, delay merupakan kosa kata yang menunjukkan kata kerja atau verb yang digunakan untuk menunda sesuatu karena terjadi kondisi tertentu yang tidak dapat diubah. Penggunaan delay menyiratkan bahwa  hal tersebut tertunda karena kondisi yang berada di luar kendali atau tidak dapat diprediksi.

Contohnya seperti faktor cuaca, bencana alam, atau situasi lainnya. Dimana aksi penundaan dilakukan secara terpaksa dan tidak ada unsur kesengajaan di dalamnya. Hal ini disebabkan karena yang melakukan aksi tersebut tidak mempunyai kontrol atas kondisi yang terjadi.

Contoh penggunaan delay

Di bawah ini merupakan beberapa contoh pemakaian kata delay dalam kalimat bahasa inggris, di antaranya yaitu:

  • Their arrival were delayed by a late train
  • The commuters were delayed for more than two hours
  • Our trip was delayed due to a heavy snow

Penggunaan delay lebih banyak dipakai dalam kondisi yang tidak terencana atau diluar kendali dari seseorang yang melakukan aksi.

Penggunaan Put Off dalam Bahasa Inggris

Hampir mirip dengan postpone, put off juga memiliki arti menunda tetapi umumnya digunakan untuk suasana yang lebih kasual atau tidak formal. Kosa kata ini memperlihatkan konteks yang lumayan negatif dalam penerapannya.

Put off adalah kata kerja frasa atau phrasal verb yang biasa dipakai ketika ada aksi menunda namun dilakukan karena disebabkan oleh sesuatu yang kurang baik. Selain itu, bisa juga digunakan ketika seseorang melakukan aksi yang akan memberi efek kurang baik.

Contoh penggunaan put off

Lalu bagaimana penggunaan put off dalam kalimat Bahasa Inggris? Berikut ini beberapa contohnya:

  • They have had to put off the concert until next year due to a pandemic COVID-19
  • John keeps putting off going to the therapy to heal his cancer
  • My holiday was put off until at least January

Dapat dilihat, penggunaan kata put off umumnya digunakan dalam suasana informal atau cenderung santai, namun konotasinya sedikit negatif dan dikarenakan sesuatu atau membuat dampak yang kurang bagus kepada seseorang. 

Penggunaan Pending dalam Bahasa Inggris

Mungkin kamu sering mendengar kata pending ketika sedang melakukan transaksi online. Arti kata tadi kerap berhubungan dengan suatu proses yang sedang ditunggu atau belum selesai.

Berbeda dari tiga kosa kata sebelumnya, pending mempunyai dua kegunaan yaitu sebagai adjective atau kata sifat yang mana berarti sedang dalam kelanjutan atau belum diputuskan. Artinya, pending sifatnya belum terselesaikan sehingga penyelesaiannya akan ditunda.

Lalu, kegunaan yang kedua yaitu pending sebagai preposisi atau preposition. Dalam preposisi, kata pending mempunyai makna while awaiting atau sambil menunggu dan during atau selama. 

Contoh penggunaan pending

Adapun contoh penggunaan kata pending sebagai kata sifat atau adjective, yaitu sebagai berikut:

  • There is a financial transaction pending against the bank
  • The test results are still pending

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata pending sebagai preposisi dalam kalimat Bahasa Inggris:

  • The thief was given a 5 year prison sentence, but is currently out of prison on bail pending an appeal decision
  • The man is in jail pending trial

Itulah penjelasan lengkap tentang penggunaan kata postpone, delay, put off, dan pending dalam kalimat Bahasa Inggris. Semoga materi tadi membuat kamu lebih paham dalam membedakan kosa kata keempatnya. Kamu bisa praktekan langsung kata kerja ini di kehidupan sehari-hari agar speaking skill kamu semakin meningkat.

Tidak hanya mempraktekkannya secara langsung, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris selama liburan di Kampung Inggris LC. Banyak program yang bisa kamu pilih, seperti Intensive English 2 Minggu dengan materi pembelajaran grammar, speaking, dan pronunciation.

Tunggu apalagi? Yuk manfaatkan liburanmu dengan kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris LC!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga lainya

Materi Terbaru

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top