Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Untuk Meningkatkan Pronunciation Bahasa Inggris

No ratings yet.

tips pronunciation bahasa inggris

Pengucapan yang baik dan benar memang sangat penting untuk memahami Bahasa Inggris yang sedang diucapkan. Tak jarang jika kalian kesulitan mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris dan ingin tahu cara meningkatkan pronunciation bahasa inggris bukan? Tak perlu khawatir karena artikel akan membagikan beberapa tips mudah yang bisa meningkatkan pronunciation Bahasa Inggris.

Tips Untuk Meningkatkan Pronunciation Bahasa Inggris

Pelajari Bunyi dan Suara Dalam Bahasa Inggris

Kalian bisa mulai belajar untuk mengenali semua suara yang digunakan dalam Bahasa Inggris. Mengenali bunyi dan suara dalam Bahasa Inggris merupakan hal penting yang membantu kalian saat belajar pengucapan bahasa Inggris secara lisan. Supaya kamu bisa belajar bagaimana pengucapan bahasa inggris yang baik dan benar dari sebuah kata, maka kamu juga perlu mengetahui suara apa yang kamu dengar, misal: pengucapan kata “bed”, kemudian yang kamu dengar apakan bed/ baed? Kamu harus mampu membedakannya. Kalian juga bisa mempelajari simbol Internasional Phonetic Alphabet yang disingkat menjadi IPA.

Mempelajari penekanan kata dan transkripsi fonetik

a. Penekanan kata

Ketika sebuah kata tertentu mempunyai banyak suku kata, salah satunya harus bisa diucapkan dengan tekanan lebih kuat. Hal ini disebut dengan penekanan kata atau istilah bahasa inggrisnya adalah word stress. Kamu bisa mempelajarinya melalui kamus yang akan memberi tahu suku kata yang ditekankan tersebut. Salah satu sistem populer adalah memberi garis vertikal (‘) sebelum suku kata yang  perlu ditekankan dalam transkripsi fonetik. Misal transkripsi untuk kata become adalah /bɪʹkʌm/. Jika kata hanya mempunyai suku kata, seperti: bag, pen. Biasanya kamus tidak meletakkan tanda stres sebelum kata tersebut. Jadi kamus tidak akan menulis /’pen/, kamus hanya akan menulis /pen/. Namun beberapa kamus juga ada yang menggunakan sistem lain untuk menunjukkan penekanan kata tersebut. Misal, menempatkan tanda (‘) setelah suku kata yang ditekankan tersebut atau beberapa kamus akan menggarisbawahi suku kata yang akan diberi penekanan.

b. Transkripsi fonetik

Transkripsi fonetik umumnya sudah ditulis di dalam International Phonetic Alphabet (IPA), dimana setiap suara dalam Bahasa Inggris mempunyai simbol sendiri. Contohnya, transkripsi fonetik IPA berbasis ada yang mengucapkan noʊ, dan transkripsi dari “do” adalah “du”. Kamu bisa perhatikan bahwa dalam hal ejaan, kata-kata ini sangat serupa. Kata tersebut diakhiri dengan huruf O, namun transkripsi fonetiknya berbeda karena memang kata tersebut diucapkan berbeda. Transkripsi fonetik juga biasanya diberi dalam tanda kurung, seperti: / noʊ/ /du:/

Model Pengucapan: Inggris atau Amerika?

a. Inggris

Ketika membahas tentang bagaimana belajar pengucapan Bahasa Inggris mungkin kamu sempat terbesit tentang Received Pronunciation (RP). RP merupakan pengucapan oleh kalangan kelas atas Bahasa Inggris, bahkan kadang disebut Queen’s English. Hal ini merupakan pengucapan yang bisa kamu pelajari di banyak sekolah bahasa inggris (British) juga merupakan model yang diajarkan dalam kamus dan buku sekolah dari beberapa penerbit ternama, seperti Longman dan Oxford.

b. Amerika

Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, pengucapan Amerika mempunyai arti pengucapan General America atau disingkat GenAm. Pengucapan ini merupakan pengucapan yang dipakai oleh orang-orang terdidik. Hal ini juga dijelaskan dalam Kamus Bahasa Inggris Amerika, seperti Random House dan Merriam Webster.

(Baca juga: Aksen Dalam Bahasa Inggris)

Cek pengucapan kata-kata menggunakan kamus

Ketika kamu sedang berbicara dan tidak yakin bagaimana cara pengucapan kata tersebut, maka kamu jangan menebaknya- jika memang memungkinkan. Kamu harus periksa bagaimana pengucapan yang benar sebelum kamu mengucapkan kata tersebut. Jika tidak, kamu bisa memeriksa segera setelah itu. Begitu pula pada saat kamu sedang membaca bacaan Bahasa Inggris kemudian bertanya-tanya: “bagaimana mengucapkan kata ini dengan benar?” dapatkah kamu menuliskannya ke dalam simbol fonetik? Jika kamu memang tidak yakin, coba cari di kamus. Hal ini bisa terus kamu lakukan terlebih lagi jika kamu adalah pemula.

Selalu mendengarkan dan memperhatikan

Kalian bisa mendapatkan beberapa masukan bagaimana pengucapan yang benar melalui TV, film, audio, buku, podcast, kamus, dan sumber lainnya. Kamu bisa perhatikan bagaimana suara dan kata tersebut diucapkan. Kamu bisa sambil memikirkan tentang apa yang sedang kamu dengar. Ketika kamu sedang mendengarkan non-penutur asli, kamu juga bisa memperhatikan kesalahan mereka.

Praktik pengucapan menggunakan frase

Kalian harus tahu bahwa praktik bisa dicoba dalam berbagai bentuk. Kalian bisa berlatih secara sistematis, misal 15 menit berlatih menggunakan kamus atau latihan dengan pengucapan online, bahkan kalian juga bisa mengulang beberapa kosakata sambil mengerjakan hal lain, misal saat sedang menonton film atau mendengarkan musik dalam bahasa inggris. Yang paling penting, kalian melakukannya secara teratur dan kalian akan mendapatkan kemajuan yang signifikan.

Selain menjalankan tips pronunciation bahasa inggris diatas kalian juga harus tahu bahwa cara meningkatkan pronunciation bahasa inggris yang paling ampuh adalah latihan, latihan dan terus latihan. Kalian harus paham bahwa kemampuan pengucapan tidak bisa meningkat secara cepat hanya karena berbicara Bahasa Inggris. Selamat berlatih !!!

 

Nilai Kualitas Konten

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *