fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Menggunakan 5W 1H Percapakan Bahasa Inggris No ratings yet.

Berbicara dalam Bahasa Inggris, Anda memang diharuskan untuk memahami aturan dan rumus mendasar seperti 5W 1H. Mempelajari Bahasa Inggris dan bahasa lainnya itu juga sebenarnya sama saja seperti mempelajari Bahasa Indonesia. Maka dari itu, agar proses percakapan dan proses belajar bisa lebih cepat akan lebih baik mempelajari dari sekarang. 

Dalam membuat berita baik itu dalam bentuk berita on the spot atau bahkan untuk konten majalah, memang biasanya menggunakan rumus ini. Jika kebanyakan dari Anda mungkin bertanya, mengapa harus menggunakan metode dasar ini? Pertanyaan tersebut akan dijawab di sini. 

Kursus Bahasa Inggris

5W 1H

Hal ini dikarenakan memang dengan penggunaan 5W 1H ini dapat menjawab banyak hal dan pertanyaan yang diajukan. Maka, secara tidak langsung akan banyak memberikan penjelasan yang memang mendasar dan harus terjawab. Tujuan dan maksud dari pembicaraan dan pembuatan berita akan terjawab dengan terstruktur. 

Sebagai pembahasan dasar, bentuk 5W 1H atau sering disebut sebagai WH-Questions ini memiliki kepanjangan yaitu who artinya siapa, where artinya di mana, when artinya kapan, why artinya kenapa, dan what artinya apa ditambah how yang artinya bagaimana. Jika sudah menghafal atau mengingat kepanjangan dari singkatan ini pasti akan memudahkan pembuatan contoh. 

Tips Penggunaan What dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari 

Setelah memahami kepanjangan dari semua singkatan di atas, langkah selanjutnya Anda harus memahami contoh penggunaan untuk percakapan sehari-hari. Kata what ini paling banyak Anda gunakan saat hendak membuat pertanyaan. Mulai dari pertanyaan nama, identitas, dan juga informasi penting lainnya.

Untuk contohnya, seperti misalnya Anda hendak menanyakan identitas bisa membuat bentuk pertanyaan 5W 1H dari what seperti berikut. “What is your name?”, “What is your favorite figure?”, dan juga “What does your father do?”. 

Bentuk contoh membuat pertanyaan lain dari kata what untuk pertanyaan peristiwa juga bisa seperti ini, jika konteks dari pertanyaan tersebut adalah menanyakan peristiwa yang telah terjadi; “What did happen to you last night?”, atau bisa juga seperti “What were you guys doing last week?”.

Untuk bentuk pertanyaan di masa depan sebagai rencana yang akan dilakukan juga bisa Anda buat dari kata “what” ini. Kata ini juga bisa untuk menanyakan mimpi, misalnya saja “What is your dream in ten years ahead?”. 

Tips Penggunaan Who dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari 

Pengen Konsutasi PR ?

Kata ‘who’ jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia memiliki arti “siapa”, merupakan anggota 5W 1H yang biasa digunakan untuk menanyakan identitas seseorang. Anda akan lebih memahami penggunaan who ini jika nanti sudah tahu konteks pertanyaan yang akan dibuat. Sebagai contoh, Anda bisa bertanya identitas orang baru seperti “Who are you?” jika memang ia orang asing.

Bentuk pertanyaan yang memang mengacu pada rasa penasaran lainnya seperti “Who is your best friend?”. Anda bisa juga bertanya dalam bentuk pertanyaan seperti “Who is your boyfriend now?” jika memang sudah lama tidak berjumpa dengan teman tersebut.

Tips penggunaan untuk kata “who” yaitu Anda harus tahu konteks percakapan yang dimaksud, yang pastinya untuk bertanya mengenai seseorang yang dimaksud atau orang lainnya. Contoh pertanyaan untuk bertanya mengenai identitas orang baru bisa seperti “Do you know who is our new neighbor?”. 

Tips Penggunaan Where dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari 

Kata ‘where’ merupakan salah satu dari 5W 1H yang bermakna “di mana”. Kata ini bisa digunakan untuk menanyakan keberadaan seseorang atau akan pergi ke mana. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menanyakan mengenai lokasi suatu tempat, seperti misalnya Anda tersesat di wilayah baru. 

Untuk tips khusus penggunaan dari kata ini harus benar-benar Anda perhatikan, karena tidak harus bersifat pertanyaan tunggal. Sebagai contoh, ketika Anda ingin menambahkan dua bentuk kata kerja dalam satu pertanyaan, maka itu bisa saja. Sebagai contoh, “Where is your friend house?”.

Bentuk kata kerja 5W 1H lainnya yaitu where yang diikuti do dan kemudian where diikuti is. Untuk penjelasan ini Anda bisa mempelajari lagi nantinya pada pembahasan tenses. Untuk bentuk pertanyaan lain yang bisa Anda tanyakan yaitu bisa seperti “where is the toilet near here?” dan “where do you meet Justin today?”. 

Tips Penggunaan When dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari 

Bentuk penggunaan kata ‘when’ yang memiliki arti kapan juga sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Meski tidak digunakan setiap saat namun pasti akan muncul setidaknya berkali-kali karena memang dibutuhkan. Bentuk ‘when’ ini bisa menjelaskan kapan sesuatu akan terjadi.

Untuk bentuk pertanyaan 5W 1H when yang bisa Anda tanyakan bisa seperti “When do you plan to get married?”. Juga bisa dalam bentuk pertanyaan di masa lalu yang ingin Anda ketahui “When was the first time the white house builded?”. Bentuk pertanyaan terakhir ini merupakan bentuk pasif yang bisa Anda pelajari lebih lanjut. 

Tips Penggunaan Why dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari 

Dari semua bentuk dasar yang sudah disebutkan di atas, untuk penggunaan ‘why’ ini menjadi yang paling sering digunakan. Karena dari pertanyaan ini akan menimbulkan penjelasan panjang mengenai suatu hal yang ingin diketahui. Sebagai contoh saja ialah untuk pertanyaan “Why do you choose him as your husband?”.

Maka, jika nanti ke depannya Anda mengharuskan untuk bertanya pertanyaan ini kepada seseorang, coba untuk menanyakan dengan pertanyaan yang sempurna. Jangan hanya memberikan pertanyaan ‘why’ saja karena dinilai Anda tidak memahami pembicaraan. Untuk mengatasi hal ini Anda diharuskan untuk memahami tenses. 

Pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk kata ‘why’ yaitu seperti pertanyaan “Why were you calling me last night?”. Bisa juga seperti pertanyaan “Why do you like Math?” dan “Why do you let he go?”. Untuk itu, memang langkah dasarnya Anda harus mulai mempelajari tenses juga 5W 1H

Tips Penggunaan How dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-Hari 

Kata ‘how’ yang memiliki arti ‘bagaimana’ ini ternyata memiliki banyak sekali makna dan penempatan kata yang seharusnya. Misalnya saja dengan menanyakan ‘how come’ ini memiliki maksud dan makna yang sama dengan ‘bagaimana bisa’. Oleh karena itu, terkadang Anda diharuskan untuk memahami beberapa kata slang dan lainnya yang menggunakan kata “How”.

Dalam percakapan sehari-hari Anda bisa membuat pertanyaan dari kalimat how ini seperti “How do you go to school?”. Untuk pertanyaan lain dari 5W 1H bisa seperti “How does it go?”, pertanyaan ini memiliki makna atau arti bagaimana proses itu terjadi dan bagaimana jalannya acara tadi. 

Agar proses membuat kalimat dan juga penjelasan sesuatu dengan baik, Anda dipaksa untuk memahami semua tenses dan bentuk lain di bahasa Inggris. Yang terpenting, dari proses belajar Anda tidak harus selalu benar. Yang terpenting ialah hafal dengan 5W 1H dan juga selalu praktik dengan siapa saja dengan percaya diri.

Baca juga: Percakapan Singkat Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?