fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Percakapan Singkat Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya 5/5 (1)

Percakapan singkat Bahasa Inggris terdengar tidak asing bagi para pembelajar. Pasalnya memang belajar dialog adalah salah satu materi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hampir di setiap pembelajaran Bahasa Inggris selalu diselipkan materi tersebut. Selain itu, materinya juga berkelanjutan dengan praktek membuat percakapan.

Praktek membuat percakapan dalam Bahasa Inggris bagi sebagian orang terasa mudah. Apalagi percakapan yang dibuat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Percakapan tersebut ditandai dengan penggunaan kosakata yang sangat familiar bagi banyak orang. Sehingga bisa dikatakan percakapan tersebut merupakan perwujudan dari setiap aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Kursus Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sendiri sudah sejak lama menjadi salah satu pelajaran yang dikembangkan di dalam lingkup sekolah. Mulai dari jenjang sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas sampai perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Bahasa Inggris menjadi bagian penting dari sebuah pembelajaran.

percakapan-singkat-bahasa-inggris-dan-cara-membuatnya

Belajar percakapan singkat Bahasa Inggris akan menguntungkan Anda di kemudian hari. Terlebih Bahasa Inggris sudah dinobatkan sebagai bahasa internasional. Bahasa ini sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat dunia dalam berkomunikasi lintas negara. Bayangkan seberapa besar keuntungan yang Anda dapat setelah belajar Bahasa Inggris.

Bila ingin mahir dalam berbahasa Inggris maka harus dimulai dari sekarang. Alasannya adalah ada berbagai macam hal yang harus Anda kuasai sejak dini. Bahkan pelajaran tersebut harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak pudar. Termasuk percakapan singkat dan penjelasannya di bawah ini.

Eits, tunggu dulu. Sebelum mempelajari percakapan singkat dalam bahasa inggris, yuk intip dulu materi tentang percakapan dalam bahasa inggris. 

Makna Percakapan Singkat pada Pembelajaran Bahasa Inggris

Percakapan singkat adalah salah satu dialog dalam materi pembelajaran Bahasa Inggris. Sesuai dengan namanya percakapan tersebut hanya terdiri dari beberapa kalimat saja, sehingga nama percakapannya singkat. Singkat sendiri dalam hal ini juga mengacu pada isi dialog yang dilakukan oleh beberapa orang.

Percakapan singkat Bahasa Inggris digunakan dalam berbagai situasi. Sebagai contohnya pada saat perkenalan. Pada awal perkenalan biasanya terjadi sebuah percakapan singkat. Mengapa harus singkat? Karena aktivitas tersebut hanya berupa perkenalan awal, sehingga tidak membutuhkan percakapan yang ekstra panjang.

Pengen Konsutasi PR ?

Terlebih sebuah perkenalan dilakukan oleh orang-orang yang belum dikenal sebelumnya. Pertanyaan di dalam percakapan tersebut hanya sekadarnya saja. Misalnya pertanyaan seputar nama, alamat dan keperluan. Sama halnya dengan jenis percakapan lainnya, short conversation pada umumnya juga terdiri dari tiga bagian.

Ketiga bagian tersebut adalah sapaan atau pembuka, inti atau maksud percakapan dan penutup. Meski begitu tidak semua percakapan singkat Bahasa Inggris selalu diawali dengan kalimat sapaan formal. Hal ini biasanya hanya dilakukan jika kedua orang yang melakukan percakapan sudah saling mengenal.

Tidak hanya untuk sesi perkenalan saja. Percakapan singkat juga biasanya digunakan dalam hal resmi. Misalnya pemesanan hotel atau tiket liburan. Percakapan singkat tentang hotel biasanya hanya membahas mengenai pemesanan layanan booking kamar. Sementara untuk topik liburan bisa membahas mengenai spot wisata.

Kegunaan Percakapan Singkat dalam Bahasa Inggris

Membahas mengenai percakapan singkat Bahasa Inggris tidak akan lengkap apabila tidak mengetahui kegunaannya. Disadari atau tidak ada banyak sekali manfaat dan fungsi percakapan singkat dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa short conversation ada dalam pembelajaran Bahasa Inggris dewasa ini. Bahkan materinya merupakan pembelajaran dasar.

Lantas apa kegunaan percakapan singkat? Peran pertama belajar percakapan Bahasa Inggris adalah untuk meningkatkan kemampuan. Bukan rahasia umum apabila belajar Bahasa Inggris harus bertahap. Meskipun pada umumnya belajar Bahasa Inggris secara instan bisa dilakukan. Namun tetap saja materinya harus dipelajari secara bertahap.

Percakapan singkat Bahasa Inggris sendiri bisa diartikan sebagai salah satu cara belajar yang efektif. Tanpa disadari dengan membuat percakapan, kosakata Bahasa Inggris Anda semakin meningkat. Banyaknya kosakata yang dipelajari semakin menunjukkan kecapakan seseorang dalam belajar Bahasa Inggris. Sayangnya mengingat semua kosakata tidaklah mudah bagi pembelajar.

Saat menemukan sebuah kesulitan pembelajar akan cenderung pasrah. Menariknya Anda tidak perlu lagi khawatir dalam mengasah kosakata Bahasa Inggris. Rupanya latihan membuat percakapan singkat akan membalikkan ingatan Anda dengan beragam kosakata dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi lain percakapan dalam Bahasa Inggris adalah untuk mengungkapkan sesuatu hal.

Lewat percakapan singkat Bahasa Inggris Anda dapat mengekspresikan diri. Misalnya percakapan singkat seputar harapan Anda terdapat keberhasilan rekan sebaya. Dalam hal ini percakapan singkat yang dimaksud digunakan untuk mengucapkan selamat kepada orang tertentu. Bahkan tanpa sadar praktek membuat percakapan akan membuat grammar Anda terasah.

Poin Membuat Percakapan Bahasa Inggris

Dalam membuat sebuah percakapan utamanya yang menggunakan Bahasa Inggris terdapat beberapa poin penting. Poin penting tersebut tidak boleh diabaikan. Mengapa demikian? Hal ini karena percakapan tersebut sangat singkat sehingga tujuan dialog harus tersampaikan dengan baik.

Poin pertama yang harus diperhatikan dalam membuat percakapan Bahasa Inggris adalah pemilihan katanya. Memilih kosakata yang tepat adalah kunci terbaik dalam membuat sebuah percakapan. Bila percakapan singkat Bahasa Inggris tersebut memiliki tema perkenalan maka Anda perlu memperhatikan struktur yang diucapkan.

Sebagai contoh jika percakapan terjadi dengan tujuan perkenalan maka gunakan kalimat awalan. Misalnya seperti “my name is, I am…/ I’m… atau you can call me…” Kalimat tersebut sangat lazim digunakan dalam percakapan Bahasa Inggris dengan topik perkenalan. Gaya bahasanya juga termasuk non formal atau sehari-hari.

Poin selanjutnya ialah perihal menetukan maksud dari percakapan tersebut. Meskipun pecakapan yang dibuat hanya dalam beberapa kalimat saja, namun pastikan Anda sudah mengetahui maksudnya. Percakapan yang paling singkat seperti perkenalan pun memiliki tujuan akhir, yaitu mengenal diri orang yang ada di dalam dialog.

Pastikan tujuan yang ingin disampaikan dalam percakapan singkat Bahasa Inggris terwakili dengan baik. Poin ini menjadi penting karena isi dan tujuan yang dapat menghidupkan sebuah percakapan. Ditambah lagi tema percakapan antara satu, dua atau tiga orang harus disesuaikan dengan latar atau tempat dialog berlangsung.

Belajar Membuat Percakapan Singkat

Nah, kini saatnya Anda belajar membuat percakapan singkat agar ilmu yang didapat tidak terbuang sia-sia. Apalagi percakapan secara tidak langsung dapat mengasah kosakata dan tata bahasa Anda. Seiring waktu banyaknya percakapan yang Anda buat dan praktekan di kehidupan sehari-hari bisa bermanfaat.

Langkah pertama dalam membuat percakapan singkat Bahasa Inggris ialah tentukan topiknya terlebih dahulu. Setelah itu, tentukan berapa orang yang terlibat di dalam percakapan tersebut. Barulah kemudian buatlah percakapan dengan kosakata yang Anda ingat. Jika Anda susah mengingatnya carilah alternatif kata lainnya sehingga kemampuan mengingat menjadi meningkat.

Cobalah perhatikan percakapan topik pekerjaan ini. Pertama gunakan sapaan untuk seorang yang Anda kenal. Seperti “Heloo Mia, how are you?”. Kemudian Mia akan menjawab dengan kalimat “Hello Dita, I am fine. Where have yout been? Mia pun menjawab “I have been searching for job”.

Terakhir lengkapi contoh tersebut dengan kalimat penutup atau saran lainnya. Sehingga menjadi percakapan sempurna. Jadi, Anda kini dapat membuat percakapan dengan berbagai topik seperti di atas. Belajar percakapan singkat Bahasa Inggris tersebut bisa Anda mulai dari sekarang.

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?