Search

Cara Meningkatkan Writing Skills Ala Kampung Inggris

Bagi kamu yang ingin tahu cara meningkatkan writing skills bisa simak beberapa tips mudah di bawah ini. Memiliki kemampuan menulis dengan Bahasa Inggris sangat penting di zaman seperti ini. Khususnya bagi kamu mahasiswa, pastinya akan dituntut menulis abstrak penelitian dalam Bahasa Inggris. 

Itulah sebabnya kamu harus meningkatkan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris dengan tepat. Ada banyak cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan writing skills. Nah, di bawah ini ada beberapa tips jitu meningkatkan writing skills untuk kamu coba. 

Kursus Bahasa Inggris

Apa Saja yang Dipelajari dalam Writing Skills?

Sebelum kamu belajar tips meningkatkan writing skills, sebaiknya pahami dahulu apa saja yang umum dipelajari. Nah, ini dia materi-materi yang perlu dipelajari dalam writing skills:

1. Menulis surat 

Menulis surat merupakan salah satu materi paling umum yang perlu kamu pelajari dalam writing skill. Apalagi menulis surat merupakan hal yang penting dalam kehidupan, seperti contohnya surat di kantor. Bagi kamu seorang karyawan harus dituntut dapat menulis surat dengan baik dan benar, termasuk dalam Bahasa Inggris. 

Saat meningkatkan writing skill, kamu akan belajar menulis surat dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar. Umumnya penulisan surat juga ada aturannya, jadi kamu perlu memahaminya dengan baik. 

2. Resume 

Kamu juga akan belajar menulis resume, yang merupakan ringkasan secara tertulis dan terstruktur berisi mengenai gagasan pokok maupun intisari. Menyusun resume dalam Bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit karena isi dari resume ini mengacu dengan sumber utamanya.

Kamu akan menemukan gagasan pokok pada teks atau bacaan dalam Bahasa Inggris saat menulis resume tersebut. Selain itu, kamu akan mulai belajar menulis resume dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan writing skills. 

3. Esai

Esai adalah tulisan yang isinya pendapat atau opini seseorang pada suatu permasalahan atau hal yang menarik. Nah, saat belajar writing, kamu juga akan menulis esai dalam Bahasa Inggris. Esai yang akan Anda tulis harus memiliki gaya dan ciri khas dari penulisnya. 

Seperti itulah beberapa materi cara meningkatkan writing skills yang paling umum diajarkan. 

Writing Skill Digunakan untuk Apa?

Pengen Konsutasi PR ?

Sebelum kamu mempelajari writing skill perlu tahu writing umumnya digunakan atau dipraktekkan ke dalam beberapa hal, seperti:

1. Sebagai komunikasi secara tertulis dengan orang asing 

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, jangkauan pergaulan semakin luas bahkan kamu bisa mengenal orang asing. Nah, jika writing skill kamu sudah baik, maka bisa berkomunikasi secara tertulis dengan orang asing. Kamu bisa mendapatkan banyak kenalan baru dengan orang asing jika bisa menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar. 

2. Bagian dari soal ujian atau tes 

Writing skill juga merupakan bagian dari soal ujian atau tes yang wajib kamu ikuti. Terlebih lagi bagi kamu sebagai mahasiswa, pastinya harus mengikuti ujian dan salah satu mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris. 

3. Penulisan di bidang pendidikan 

Writing skill sangat umum digunakan pada penulisan di bidang pendidikan. Penggunaan writing pada bidang pendidikan biasanya lebih formal dan memakai tata bahasa yang baku. Writing di bidang pendidikan umumnya digunakan untuk membuat karya ilmiah, tugas, laporan dan sebagainya.

4. Penulisan di bidang pekerjaan 

Penulisan di bidang pekerjaan juga banyak yang menggunakan Bahasa Inggris. Itulah sebabnya kamu harus tahu cara meningkatkan writing skills yang jitu agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. 

5. Penulisan di konten media sosial dan website 

Penulisan dalam Bahasa Inggris juga kerap ditemukan di konten media sosial dan website. Writing skill sangat dibutuhkan bagi kamu yang suka menulis konten di website atau media sosial. 

Nah, begitulah penggunaan writing skills yang perlu Anda pahami dengan baik. 

Cara Jitu Meningkatkan Writing Skills 

Trik jitu meningkatkan writing skills yang wajib kamu coba adalah:

1. Sering membaca tulisan bahasa Inggris 

Seringlah membaca tulisan dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan writing skill kamu. Dengan membaca tulisan-tulisan dalam Bahasa Inggris, maka kamu akan mendapatkan kosa kata baru. Selain itu, kamu juga bisa melihat pola penulisan Bahasa Inggris yang asli. 

2. Mencari arti dan mencatat kosakata baru yang tidak dimengerti 

Cobalah mencari arti dan mencatat kosakata baru dalam Bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti. Jika kamu mendapatkan kosa kata baru sebaiknya catat dan kemudian mencari artinya. Dengan menambah kosa kata baru, bisa meningkatkan writing skill kamu dengan cepat juga. 

3. Memahami tenses bahasa Inggris 

Pahami tenses Bahasa Inggris dengan baik jika kamu ingin meningkatkan writing skills. Grammar merupakan hal yang sulit dipelajari karena kamu harus mengingatnya serta memahaminya. Agar kamu bisa menulis dalam Bahasa Inggris dengan baik, tentunya harus paham tenses dahulu. 

4. Latihan menulis dalam bahasa Inggris 

Jangan lupa latihan menulis dalam Bahasa Inggris setiap hari. Kamu bisa memulai dengan mengirimkan pesan ke teman menggunakan, menulis caption di media sosial atau berkomentar menggunakan Bahasa Inggris. 

Nah, itulah dia semua cara meningkatkan writing skills yang paling jitu, sehingga bisa dipahami dan diterapkan dengan baik. Tidak hanya menggunakan cara di atas, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris LC.

Kampung Inggris LC memiliki banyak program, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Contohnya yakni Intensive English 2 Minggu, cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan sekolah dengan belajar bahasa Inggris. Yuk kepoin program lainnya di website Kampung Inggris LC!

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria