Search

Tips Mudah Mengerjakan Reading Comprehension Test

Kamu bisa coba tips mengerjakan reading comprehension test dengan beberapa cara dan salah satunya banyak latihan. Dengan memahami tips mengerjakan TOEFL, khususnya soal reading kamu bisa mengerjakannya dengan baik dan mendapatkan nilai memuaskan.

Biasanya reading test di TOEFL ini terdiri dari 50 soal dan waktu pengerjaannya 50 menit. DI satu teks umumnya untuk 12 soal. Nah, di bawah ini merupakan beberapa tips mudah mengerjakan soal reading di TOEFL dengan jitu.

Kursus Bahasa Inggris

Tips mengerjakan soal reading comprehension di TOEFL

Berikut ini beberapa tips untuk mengerjakan soal reading comprehension di TOEFL dengan tepat dan jitu:

1. Baca perintah dan soal terlebih dahulu

Bacalah perintah dan soalnya terlebih dahulu bukan membaca teksnya. Banyak orang saat mengerjakan TOEFL atau jenis tes lainnya yang ada soal reading membaca teksnya terlebih dahulu baru kemudian membaca pertanyaannya. Agar lebih mudah menjawab beberapa pertanyaannya, bacalah semua pertanyaan dengan seksama.

Setelah itu barulah kamu membaca keseluruhan teks dan akan mendapatkan beberapa jawabannya secara mudah. Jika kamu tidak membaca pertanyaannya akan menyebabkan sering membaca teksnya berulang-ulang untuk mencari jawabannya. Dengan metode ini, kamu tidak usah mengulang-ulang membaca teks sebab sudah paham pertanyaannya dan langsung mencari jawabannya di awal.

Usahakan kamu membaca teks dengan seksama agar bisa menemukan jawaban yang tepat. Selain kamu harus membaca pertanyaan soal soalnya, baca juga perintahnya. Banyak orang yang terkecoh dengan perintah atau pertanyaan yang menjebak di soal reading seperti ini.

2. Temukan tipe pertanyaannya

Ada banyak jenis pertanyaan yang ada di soal reading yang akan kamu hadapi. Contohnya synonym, antonym, the author’s purpose, main idea, cause and effect dan sebagainya. Sebelumnya kamu sudah membaca pertanyaan dan sekarang akan menentukan jenis dari pertanyaannya.

Dengan cara ini kamu bisa tahu yang dicari di teks dan akan mendapatkan jawabannya. Apabila kamu membaca semua teks akan memakan banyak waktu. Apalagi pertanyaannya mengenai synonym di satu kata yang digaris bawahi.

Gunakanlah waktu yang tersedia dengan baik untuk mendapatkan tipe pertanyaan yang diminta. Jangan sampai kamu terjebak dengan pertanyaan yang diberikan karena tidak teliti. Selain itu, ada juga pertanyaan merujuk kata yang kerap mengecoh.

Pengen Konsutasi PR ?

Contohnya adalah mencari maksud kata ganti di suatu kalimat, seperti her, which, his dan sebagainya. Kata ganti ini dipakai untuk mengacu pada siapa atau apa. Contohnya the pronouns “which” (paragraph 2, last sentence) refers to…

Pakailah teknik scanning untuk mendapatkan jawaban yang tepat dan baca kalimat yang sebelumnya sebab umumnya akan merujuk pada pertanyaan di kalimat sebelumnya.

3. Skimming keyword pada bacaan (text)

Skimming adalah teknik membaca cepat dari kalimat pertama hingga akhir kalimat di suatu paragraf. Hal ini dilakukan untuk memahami topik maupun ide utama bacaannya.Kamu juga perlu scanning, yang merupakan teknik membaca kalimat dengan hati-hari untuk mencari maksud dan makna pada kalimat tersebut.

Dengan cara ini kamu bisa menemukan kata kunci dan makna dari kalimat di suatu paragraf. Lingkari kata kuncinya dan pahami jawaban di soal reading tersebut pasti tersedia di dalam teksnya. Apabila teksnya cukup panjang dan jawabannya hanya sepotong bisa catat kata kunci yang ada di pertanyaannya.

Contohnya pertanyaan yang ditanyakan adalah informasi 5W+1H atau angka jadi kamu bisa memperhatikan kata kunci tersebut untuk mendapatkan jawabannya di dalam teksnya dengan cepat.

4. Pahami dan temukan jawabannya

Setelah kamu melingkari kata kunci dan melakukan skimming, trik reading comprehension selanjutnya adalah memahami dan menemukan jawabannya. Jika kamu sudah mendapatkan kata kuncinya akan mendapatkan gambaran secara umum pada teks tersebut. Dengan teknik membaca skimming, kamu akan menemukan informasi tanpa membaca yang lainnya.

Pahami dengan baik isi teks yang kamu baca secara skimming dan skinning dan menemukan jawabannya. Misalnya kamu akan mencari sinonim atau akronim di kata yang ada di soal, maka akan menemukan jawabannya dengan cepat.

5. Perbanyak kosakata dan latihan

Mengerjakan soal reading yang paling penting adalah memperbanyak kosa kata dan latihan. kamu harus sering mengerjakan soal latihan reading aga bisa membaca teknik skimming dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kosakata baru lebih banyak dengan mengerjakan banyak soal latihan.

Tentunya kamu harus membaca soal berbahasa Inggris untuk mendapatkan kosakata baru. kamu juga bisa mendapatkan bacaan di majalah, internet, koran, cerita pendek atau novel Bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu bisa melatih kemampuan menjawab soal dengan cepat dan salah satunya soal reading.

kamu bisa memakai timer untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal dengan teks. Ada banyak contoh soal latihan reading yang bisa kamu temukan. Agar mendapatkan skor TOEFL yang baik kamu juga harus banyak soal latihan TOEFL jadi tidak hanya soal reading saja, namun soal lainnya.

Itulah dia tips dan trik mengerjakan soal reading comprehension test dengan jitu.

Baca juga: Skema TOEFL dan 3 Tips Penting Menghadapi TOEFL Listening

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria