Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Penjelasan Word Formation Dalam Bahasa Inggris

word formation

Apakah kalian sedang mencari pengertian dari Word formation dalam bahasa inggris? Nah, untuk kalian yang ingin belajar tentang word formation, ataupun yang ingin mencari tahu penjelasannya, kami akan memberikannya di bawah. Sedikit mengingat tentang arti dari “word” pastinya kalian semua tahu kan? Siapa sih yang gak tahu kata yang satu ini. Nah, ternyata dari kata tersebut juga bisa ditambahkan atau dimodifikasi dengan sebuah awalan atau akhiran. Sama halnya akan bahasa indonesia, awalan atau akhiran yang ada di dalam bahasa inggris juga memberikan suatu arti baru dan merubah bentuknya itu sendiri.

Untuk word formation yang ada di dalam sebuah kalimat berbahasa inggris, ada beberapa bentuk awalan atau akhiran yang biasa digunakan untuk memberikan suatu arti atau makna yang baru. Oh iya, dalam bahasa inggris, awalan adalah prefix, sedangkan akhiran adalah sufix. Nah, untuk memperjelas bagaimana word formation diterapkan dalam membuat sebuah kalimat, kalian bisa melihat apa yang kami bagikan di bawah ini. Langsung saja, silahkan memahami penjelasan dari kami.

Word Formation

Untuk pengertian umumnya, word formation adalah sebuah proses pembentukan kata yang dilakukan dengan cara penambahan awalan (prefix) atau akhiran (sufix) dalam satu kata untuk memberikan makna yang baru. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan word formation dalam satu kata. Seperti conversion, blending, compounding, inflection, coinage, clipping, dan acronym.

Untuk memperjelas tiap cara dalam menerapkan word formation, kalian bisa melihat penjabarannya di bawah.

  1. Conversion

Adalah proses perubahan makna kata yang tidak merubah bentuk asli dari kata yang digunakan. Contoh yang bisa kalian pahami adalah bottle dan butter. Jika kalian menerjemahkan ke-dua kata tersebut secara literal, maka akan memiliki peranan sebagai kata benda. Oleh karena itu, untuk menerapkan word formation, kalian bisa menggunakannya sebagai kata kerja. Tapi, tidak perlu merubah bentuk aslinya.

  • Can you bottlethe lemonade water? (Bisakah kamu memasukkan ke dalam botol air lemon itu?)
  • You can butterthe bread with spoon if there is no knife. (Kamu bisa memberi mentega ke roti dengan sendok jika tak ada pisau)
  1. Blending

Adalah proses perubahan makna kata yang dilakukan dengan cara penggabungan dua kata dan menghilangkan beberapa huruf di setiap katanya. Contoh yang umumnya digunakan adalah brunch. Di sini, makna dari brunch adalah penggabungan antara sarapan dengan makan siang – breakfast and lunch, menjadi brunch.

  • Hi Fred, let’s have a brunchthis noon, i am so hungry. (Hai Fred, ayo kita sarapan sekaligus makan siang siang ini, aku sangat lapar)
  1. Compounding

Adalah menggabungkan kata tanpa mengurangi huruf seperti blending. Contoh yang bisa kalian pahami adalah homework. Kalau kalian diberi tugas oleh guru kalian, apalagi guru bahasa inggris, nah di sinilah word formation dalam bentuk compounding.

  • I can’t go swimming today, I have homeworkto finish. (Hari ini aku tidak bisa pergi berenang, aku punya banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan)
  1. Inflection

Satu dari word formation yang satu ini, hanya menggunakan tambahan sufix “s”. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kami berikan contohnya dalam sebuah kalimat di bawah.

  • Rendra gives so much hopesto Angel because he wants Angel to be his girlfriend. (Rendra memberikan banyak harapan pada Angel karena dia ingin Angel jadi pacarnya)
  • Angel will borrow some books to Rendra. (Angel akan meminjam beberapa buku pada Rendra)
  1. Coinage

Adalah bentuk kata kata yang digunakan untuk mewakili kata asal. Dalam hal ini, biasanya mereka yang menggunakan cara coinage lebih memilih untuk menyebutkan nama merek daripada menyebut barangnya. Ada banyak contoh yang bisa kalian cari. Kami berikan 2 kalimat untuk dijadikan referensi kalian.

  • Andre, do you know where is my pepsodent? (Andre, apa kamu tahu di mana pasta gigi pepsodentku?)
  • I have bought some relaxasin Giant supermarket. (Aku telah memberi beberapa permen relaxa di supermarket Giant)
  1. Clipping

Untuk penerapan word formation pada clipping, biasanya menghilangkan beberapa huruf. Dalam hal ini, penggunaan clipping biasanya akan membentuk sebuah kata baru. Langsung saja kalian bisa melihat contoh yang kami berikan di bawah.

  • Last night, i called the agency and asked if the gaswould be included in the package or not. Gas berasal dari kata gasoline. (Kemaren malam, aku menghubungi agensi dan menanyakan apakah bahan bakarnya akan masuk dalam paket atau tidak)
  1. Acronym

Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, Word formation dalam bahasa inggris untuk Acronym juga memiliki kesamaan. Tak perlu lagi penjelasan, langsung saja kalian lihat contohnya.

  • Real Madrid will face against PSG in the second leg of Champions League. PSG singkatan dari Paris Saint-Germain. (Real Madrid akan menghadapi PSG di leg kedua Liga Champion).

Bagaimana? dari penjelasan diatas sekarang sudah paham kan apa yang dimaksud dengan word formation? Semoga bermanfaat dan bisa membuat kamu lebih paham dengan materi-materi bahasa inggris ya LC’ers.

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Kesalahan Umum Merangkai Kalimat dalam Bahasa Inggris.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *