Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Kesalahan Umum Merangkai Kalimat dalam Bahasa Inggris No ratings yet.

kesalahan umum bahasa inggris

Apakah kalian pernah bertemu dengan native speaker dan semua cara berbicara dan tulisan kalian dikoreksi sangat detail? Hal tersebut sangat wajar, karena kita sebagai orang Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu, jadi maklum jika memang harus belajar banyak seputar Bahasa Inggris. Banyak orang asing yang bilang memang banyak dari kita yang sering melakukan beberapa kesalahan umum dalam menggunakan bahasa Inggris. Selain seringkali salah menggunakan confusing word, ada juga grammar yang mungkin sering terbolak balik penggunaannya. Dibawah ini ada beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam merangkai kalimat bahasa inggris yang perlu kalian ingat baik-baik dan diperbaiki.

Kesalahan Umum yang Sering Terjadi Dalam Merangkai Kalimat Bahasa Inggris

Kalimat “I am student”

Kalimat tersebut menyebutkan bahwa “saya adalah siswa”. Kalimat tersebut perlu dicek kembali, karena siswa adalah occupation/ job/ profession atau suatu pekerjaan. Nah, jika kalian hendak menuliskan pekerjaan, maka kalian harus menambahkan artikel sebelum kata “student” tersebut. Mengapa? Karena pekerjaan adalah kata benda (noun), lebih tepatnya countable noun (dapat dihitung). Jadi bisa dibilang “there is a fisherman” atau “there are many fisherman”. Jadi kalimat “I am student” belum tepat dan hanya membutuhkan penambahan artikel menjadi “I am a student”. Contoh lainnya: I am a doctor, I am a teacher, he is an unemployment, dan masih banyak lainnya.

Kalimat “I was go downtown”

Kalian perlu hati-hati jika hendak menulis sesuatu menggunakan keadaan lampau yang artinya “saya pergi ke kota (pada waktu lampau)”. Seharusnya kalian menggunakan past tense untuk menuliskan kalimat tersebut di masa lampau. Meskipun sudah terjadi hanya beberapa menit lalu, jika kejadiannya terjadi baru saja dan efeknya masih terasa sampai saat ini, kalian bisa menggunakan rumus present perfect tense: Subjek + Has/ Have + Verb 3. Sedangkan jika kejadiannya memang sudah berlalu dan selesai pada waktu lampau, atau mungkin ada kejadian yang waktu kejadiannya spesifik, kalian bisa menggunakan rumus simple past tense: Subjek + Verb 2. Contoh:

– Present perfect tense: She has been here since a few minutes ago / dia sudah ada di sini (sampai sekarang) sejak beberapa menit yang lalu.

– Past Tense: I lost my bag on last Sunday / saya kehilangan tas minggu lalu.

Nah, jadi bagaimana dengan kalimat “I was go downtown?” tentu saja perlu diubah menjadi: “I went downtown” (saya pergi ke kota).

Kalimat “I am agree”

Untuk kasus yang satu ini, masalahnya terdapat pada kata kerja (verb). Coba kalian lihat, dalam kalimat tersebut mana kata kerjanya (verb)? 1) am (to be) atau 2) agree (setuju)? Meskipun is, am, are, was, were adalah kelas kata verb. Masalahnya kamu harus bisa memastikan bahwa sebuah kalimat sempurna hanya ada 1 kata kerja (verb). Maka dalam kalimat “I am agree” seharusnya diubah menjadi: I agree atau I disagree. Sedangkan jika digunakan dalam bentuk pertanyaan, kamu bisa menggunakan: Did you agree? Do you agree? Does he agree? Dan masih banyak lainnya.

Kalimat “he no have money”

Kalimat “he no have money” tersebut seharusnya diubah menjadi “he doesn’t have money” (dia tidak mempunyai uang). Jadi kalian harus berhati-hati karena kalimat diatas memang kurang tepat. Jika kalian mau, kalian juga bisa mengubahnya menjadi “I have no money”. Dalam kalimat sempurna hanya mempunyai peraturan sederhana: Subjek + kata Kerja (Verb). Nah, jika terdapat kalimat negatif, ada auxiliary atau verb yang bisa membantu bahwa kalimat tersebut negatif. Beberapa macam auxiliary, seperti: do, be, did, have, would, can, should, dan masih banyak lainnya. Contoh:

– My mother wouldn’t pay my loss / ibuku tidak mau membayar kerugianku

– He didn’t attend the class for three times in a week / dia tidak masuk kelas tiga kali dalam seminggu

– I don’t have any idea to solve your problem / aku tidak ada ide untuk menyelesaikan masalahmu

Kalimat “I knew downtown yesterday”

Contoh kalimat di atas ingin menjelaskan bahwa kemarin, dia pergi untuk melihat isi kota. Namun penulisan kalimat “I knew downtown yesterday” memang kurang tepat. Untuk menuliskan maksud “jalan-jalan ke kota”, kalian bisa menggunakan alternatif lainnya, seperti:

– I want to explore this city

– My daughter go to know the capital city of central Java

– Sari travelled around downtown yesterday

– Last night, I visited my hometown

Nah kalian sudah tau beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam merangkai kalimat bahasa inggris, bukan? Kalau kalian sudah tahu, kalian bisa langsung memperbaiki kesalahan tersebut yang memang sering terjadi secara tidak sengaja.

Materi lainnya: Penggunaan Kata Will, Would, Shall, Should dan Could dalam Bahasa Inggris.

Nilai Kualitas Konten

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *