fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Menawarkan Sesuatu Dalam Bahasa Inggris Dengan “Would You Like”

1 min read

would you like

Would You Like

Would You Like – Membuat kalimat yang baik dan baku menjadi salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris. Ada beragam kalimat percakapan atau conversation yang harus dipelajari agar kalian memiliki kemampuan bercakap – cakap dalam bahasa Inggris secara baik dan lancar. Salah satu jenis kalimat conversation yang wajib dipelajari dan dikuasai adalah kalimat untuk menawarkan sesuatu dalam bahasa inggris.

Kursus Bahasa Inggris

Berikut ini beberapa cara membuat kalimat penawaran dalam bahasa Inggris yang bisa kalian pelajari.

Saat kalian akan memberikan penawaran pada orang lain dalam bahasa Inggris; pastikan untuk menyusun kalimat yang baik dan benar. Salah satu cara paling sopan dan umum adalah dengan menggunakan ungkapan would you like. Ungkapan tersebut bisa diikuti dengan frasa kata benda / noun phrase atau frasa kata kerja / verb phrase.

Contoh :

Would you like some tea? Kalimat sederhana ini bisa digunakan untuk menawarkan sesuatu; dalam hal ini menawarkan minum teh.

Would you like some help? Sama seperti kalimat di atas; kalimat ini bisa digunakan untuk menawarkan bantuan.

Kedua kalimat tersebut berbeda pada frasa yang mengikuti ungkapan tersebut yang digunakan.

  • Menawarkan melakukan sesuatu untuk orang lain

Berbeda dengan pembahasan di atas; menawarkan diri sendiri untuk melakukan sesuatu bagi orang lain membutuhkan tata cara yang sedikit berbeda. Kalimat ini dapat kembali menggunakan ungkapan would you like; tetapi juga bisa menggunakan bentuk kalimat lain.

Pengen Konsutasi PR ?

Contoh :

Would you like me to bring the coffee? ( Apakah kamu ingin aku membawakan kopi? )

Kalimat dengan maksud serupa juga dapat kalian buat dengan cara yang berbeda. Do you want me to bring you the coffee? Kalimat tersebut memiliki makna yang serupa; tetapi memiliki konstruksi kalimat yang berbeda.

  • Menawarkan sesuatu yang akan dilakukan oleh pihak atau orang lain

Cara menawarkan sesuatu dalam bahasa inggris memiliki konstruksi kalimat yang sedikit berbeda karena melibatkan pihak ketiga dalam sebuah percakapan. Ungkapan tersebut like masih bisa digunakan untuk membuat kalimat yang baik dan sopan. Kunci penting dalam membuat kalimat penawaran jenis ini adalah menggunakan verb phrase dan menyebut pihak lain yang ditawarkan untuk melakukan tindakan tersebut.

Contoh :

Would you like Jean to bring the coffee? ( Apakah kamu ingin Jean membawakan kopi? )

Would you like Davis to open the window? ( Apakah kamu ingin Davis membukakan jendela? )

  • Mengenal tingkat kesopanan saat menawarkan sesuatu dalam bahasa Inggris

Bahasa seringkali mengenal tingkat kesopanan meski dalam derajat yang berbeda – beda. Demikian pula dalam bahasa Inggris; kalian akan menemukan tingkat kesopanan yang berbeda dalam membuat kalimat untuk menawarkan sesuatu.

Ungkapan tersebut merupakan pilihan terbaik dalam membuat kalimat untuk menawarkan sesuatu. Ungkapan tersebut memiliki tingkat kesopanan yang paling tinggi. Pada saat bercakap dengan seseorang yang akrab seperti saudara atau kawan dekat; ungkapan would you like bisa diganti dengan do you like atau do you want dengan pola kalimat yang serupa.

Contoh :

Do you like some coffee? ( Apakah kamu mau kopi? )

Do you want some help? ( Apakah kamu butuh bantuan? )

Setelah mempelajari pemaparan di atas; kalian sudah mengetahui dasar – dasar percakapan untuk menawarkan sesuatu dalam bahasa Inggris kepada orang lain. Selain itu juga telah mengetahui derajat kesopanan dalam memilih ungkapan saat mengajukan penawaran pada lawan bicara kalian.

Materi lain yang bisa juga kamu baca salah satunya adalah Bagaimana Cara Menggunakan With, About dan At Pada Frasa Yang Diawali Kata Angry?

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments