web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Contoh Invitation Card Dan Aturan Menulisnya 5/5 (2)

Contoh invitation card

Contoh invitation card bikin kamu lebih mudah untuk belajar menulis undangan pada orang atau organisasi ketika kamu mengadakan suatu kegiatan yang membutuhkan kehadiran orang atau organisasi tersebut. Kamu juga bisa mengirimkan surat tersebut pada pihak lain. Nah, surat undangan adalah cara formal untuk mengundang, namun kontennya bisa menggunakan bahasa formal atau informal, tergantung kegiatan.

Aturan Menulis Invitation Card

Ketika meulis invitation card, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Perhatikan apakah tata bahasa menggunakan bahasa yang formal atau informal
  • Sebut orang yang kamu undang
  • Undang orang atau organisasi tersebut dengan bahasa yang sopan dan baik
  • Tulis nama, tempat, dan juga tanggal kegiatan
  • Pastikan tidak ada salah eja atau salah grammar

Cara Menulis Invitation Card Formal

Pertama, perhatikan cara menulis tanggal dan kata lainnya yang baik dan benar.

Misalnya:

  • Cara menulis hari dan tanggal

Benar – Saturday, the sixteenth of November

Salah – Saturday, November 16th

  • Cara menulis alamat

Benar – 2451 Boston Street

Salah – 2451 Boston St.

Kedua, perhatikan bagaimana kamu menulis nama lengkap tamu. Jangan gunakan versi singkat nama tamu kamu. Misalnya, kamu ingin mengundang Stephanie Smith, maka tulis nama lengkapnya, bukan nama sebutan “Steph Smith”. Juga, selalu cantumkan nama belakang.

Selanjutnya, cantumkan pula nama yang menyelenggarakan acara tersebut. Jika ini adalah acara pesta ulang tahun pernikahan, maka cantumkan siapa yang punya hajat. Berikut contohnya:

Sam and Ellen Bosnia

Invite you to a dinner celebrating our wedding anniversary

Pada undangan formal, mencantumkan nama penyelenggara adalah bagian penting. Karena mencantumkan nama penyelenggara, para tamu jadi mudah mengetahui siapa yang mengundang mereka dalam kegiatan tersebut.

Berhati-hatilah dalam menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris. Hindari kesalahan-kesalahan kalimat yang mungkin kamu lakukan dengan membaca artikel berjudul “Kesalahan Umum Merangkai Kalimat Dalam Bahasa Inggris” ini.

Cara Menulis Invitation Card Informal

Surat informal juga disebut sebagai friendly letter. Surat ini adalah surat pribadi yang ditulis kepada teman atau kerabat tanpa ada hubungan yang profesional. Jadi, walaupun kamu punya teman bisnis, tapi kalau kamu ingin mengundangnya hadir dalam acara informal yang kamu punya, kamu juga bisa mengundang dengan menggunakan friendly letter.

Surat undangan informal tidak selalu mengikuti aturan seperti format yang pas layaknya surat undangan formal. Akan tetapi, selalu ada pattern atau pola yang umum dalam menulisnya. Berikut hal-hal yang harus ditulis:

Alamat – Tulis di sebelah kiri atas pada kertas undangan. Tulis alamat secara akurat dan komplit.

Tanggal – Tulis di bagian bawah alamat sehingga penerima undangan tahu kapan surat tersebut dibuat.

Sapa – Menyapa juga bisa informal seperti memanggil nama depan, misalnya “Dear John”. Tapi kalau menulis untuk ibu, ayah, atau keluarga lainnya sesuai cara kamu memanggil, maka tulis dengan “Dear Mom”. Sedangkan untuk orang yang lebih tua yang kamu hormati, sebut dengan Mr. atau Mrs. Misalnya, “Dear Mr. John”.

Susunan  surat – Dalam surat informal, terdapat introductory paragraph atau paragraf awal yang santai. Kemudian, susunan surat ini juga tergantung siapa yang menerima surat tersebut. Di bagian akhir terdapat signature atau tanda tangan yang malah justru tidak ada jika di informal letters. Sehingga, cenderung menggunakan kata-kata berikut untuk menutup surat:

Lots of love, best, best wishes, kind regards, dan kindly.

Contoh Invitation Card Informal Dan Artinya

125, Delhi Apartment

Pitampura, Delhi-190332

November 16, 2019

Dear Ken

It’s been a while since I’ve heard from you. I hope you are always best of your health.

As summer is getting closer, I was thinking if we could go together. I want to enjoy summer break together with you at my place in Delhi. I would like to introduce you to all my family and friends. It sounds interesting if I give you a city tour, as well. I cannot wait to enjoy some quality time with you in the evenings, not far from the sea shore. The weather is good here that I am excited of spending this summer together with you after so long. I want to tell you many things and I hope you do.

Hope we can meet soon

yours lovingly,

Jenny.

Jika diterjemahkan, maka artinya akan seperti ini:

125, Apartment Delhi

Pitampura, Delhi-190332

16 November, 2019

Untuk Ken

Sudah lama aku nggak dengar kabar darimu. Aku berharap kamu selalu sehat.

Seiring dengan musim panas yang semakin dekat, aku berharap jika kita bisa pergi bareng. Aku mau menikmati liburan musim panas ini denganmu, di tempatku di Delhi. Aku juga mau memperkenalkan kamu kepada seluruh keluarga dan teman-temanku. Sepertinya menarik kalau aku juga mengajak kamu untuk menikmati tur keliling kota. Pokoknya, aku nggak sabar untuk menikmati waktu bersama denganmu saat sore hari, nggak terlalu jauh dari bibir pantai.

Cuacanya juga bagus disini, jadi aku sangat antusias untuk menghabiskan waktu musim panas denganmu, apalagi kita sudah nggak ketemu lama banget. Jadi, aku mau cerita banyak banget sama kamu, dan aku harap kamu mau.

Aku harap kita bisa bertemu secepatnya.

Yang paling kamu sayang,

Jenny.

Contoh Invitation Card For Birthday Formal dan Artinya

From,

HR Manager

Date: Sixteenth February, 2019

To,

Sales Manager

Subject: Birthday party Invitation Letter

Dear Sir,

I invite you to attend 40th birthday party celebration of the managing director, Mr. XZ on the 25th of February at Crystal Water Restaurant Hall from 7 pm on ward. The management team of the company will arrange the party.

As the HR Manager, I have the responsibility to invite each one of you. Hope we can met there at the party. This is the party for our company, so I expect every employee to attend.

Thanking You,

Mohammad Salah

Jika diartikan, maka akan seperti berikut:

Dari,

Manajer HR

Tanggal: 16 Februari, 2019

Subjek: Surat Undangan Ulang Tahun

Yang Terhormat,

Saya mengundang Anda untuk menghadiri pesta ulang tahun yang ke-40 untuk Direktur kita, BapakXZ pada tanggal 25 Februari di Ruang Pertemuan Restoran Crystal Water dimulai pukul 7 Malam. Ini adalah pesta untuk perusahaan kita, jadi saya berharap setiap karyawan untuk hadir.

Terimakasih,

Mohammad Salah.

Nah, seperti itulah contoh invitation card yang bisa dibuat dari seorang atasan kepada bawahan. Dalam menulis surat, pastikan terdapat kesan walaupun surat tersebut adalah surat formal atau informal. Dengan demikian, surat tersebut akan bermakna bagi si penerima.

Bagaimana, mudah bukan? Kamu tinggal ngikutin saja seperti apa tips dalam menulis invitation card yang tepat, untuk acara formal atau informal. Ingat, walaupun surat tersebut informal, jika ditujukan kepada penerima yang punya usia lebih, gunakanlah kata-kata yang sopan untuk menunjukkan rasa hormal walaupun tata bahasa terasa casual atau santai. Semoga bermanfaat!

Kampung Inggris Search :

    contoh kartu undangan dalam bahasa inggris invite card

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini