web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cara Menggunakan Why Not dalam Bahasa Inggris 5/5 (5)

Cara Memakai Why Not Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada banyak sekali ungkapan yang tampak “menyalahi” aturan grammar. Padahal ternyata ungkapan tersebut benar, lho. Salah satu ungkapan yang tampak salah tapi ternyata benar adalah “why not?”.

Tapi sebenarnya, bagaimana cara menggunakan kata “why not” yang benar dalam kalimat? Ini penjelasan lengkapnya spesial dari Kampung Inggris buat kamu.

Apa Itu Why Not?

“Why Not” (kenapa tidak?) adalah interrogative phrase, sebuah frasa yang berbentuk kalimat tanya.

Umumnya, sebuah kalimat interrogative diikuti dengan sentences lengkap, yang meliputi auxiliary + subject + object. Akan tetapi phrase  “Why Not” tidak mengikuti aturan tersebut, karena pada dasarnya ia adalah phrase bukan kalimat sempurna.

Fungsi Why Not dalam Bahasa Inggris

Ada dua fungsi pokok “why not” dalam bahasa Inggris, yaitu untuk menyetujui sesuatu atau memberi saran. Yep, meski “why not” mengandung kata negatif “not”, fungsinya tetaplah positif.

Untuk menunjukkan kesetujuan

Why not bisa digunakan untuk menunjukkan kesetujuan terhadap sesuatu (giving an agreement). Akan tetapi biasanya why not sebagai persetujuan didahului pertanyaan lainnya.

Contoh:

  • “Would you like if we have a date tonight?” – “Why not? I’d like to go out with you” (Apa kamu bersedia jika kita kencan malam ini? – Kenapa tidak? Aku suka jalan-jalan bersamamu)
  • “Let me borrow your pen for a while, please?” – “I don’t mind, why not?” (Bolehkah aku pinjam pulpenmu sebentar? – Aku tidak keberatan, kenapa tidak)
  • “What do you think if we hang out together now?” – “The exam is ended, so why not?” (Bagaimana menurutmu jika kita jalan-jalan sekarang? – Ujiannya sudah selesai, jadi kenapa tidak?”

Untuk memberikan saran/tawaran

Selain untuk menyetujui, why not juga bisa digunakan untuk memberikan saran/tawaran. Akan tetapi saran/tawarana yang menggunakan why not bentuknya berubah jadi pertanyaan.

Contoh:

  • You’ll get wet by this rain, why not borrow my umbrella? (Kamu bisa basah karena hujan, kenapa tidak pinjam payungku saja?)
  • They’re a couple already, why not let them solve it alone? (Mereka sudah punya hubungan, kenapa tidak biarkan mereka menyelesaikan masalah sendiri?
  • So you went home alone, why not call me? (Jadi kamu pulang sendirian, kenapa tidak memanggilku coba?)

Why Not + Noun, Why Not + Gerund atau Why Not + Infinitive?

Meski sepele, penggunaan “why not” sering menimbulkan perdebatan – bahkan di antara native speakers sekali pun.

Untuk penggunaan why not + noun secara logis bisa diterima. Karena sebenarnya, “not” adalah adverb, yang memang berfungsi menjelaskan noun.

  • Why did you choose Megan as the main actress? Why not Lisa?
  • Why not a cat? Cat is the most friendly animal in the world

Di dalam dua contoh di atas, kata “not” berfungsi menjelaskan noun, yaitu “Lisa” dan “a cat”.

Akan tetapi yang sering menimbulkan masalah adalah penggunaan why not + gerund dan why not +infinitive. Banyak orang yang menganggap ini tidak masalah, tapi secara grammar yang benar adalah why not + infinitive.

Kenapa why not + gerund salah? Itu dikarenakan penggunaan gerund setelah “why not” akan menimbulkan kebingungan. Di satu sisi, gerund bisa dianggap sebagai noun sesuai sifat dasarnya. Dan kalimat tersebut akan membentuk gerund phrase, padahal maksud pertanyannya adalah menanyakan aktivitas (verb)

Tapi di sisi lain, gerund bisa dianggap sebagai verb-ing. Padahal verb-ing menunjukkan waktu sekarang, sedangkan keberadaan “why not” memastikan kalimat tersebut berbentuk future, bukannya present.

Oleh karena itu, why not + infinitive dianggap yang paling benar, terutama untuk memberikan saran/tawaran.

Contoh:

  • Why not joining a dinner at our home tonight? (SALAH)
  • Why not join a dinner at our home tonight? (BENAR)
  • Why not using my pen instead? (SALAH)
  • Why not use my pen instead? (BENAR)
  • Why not coming to my class? (SALAH)
  • Why not come to my class? (BENAR)

Itulah materi bahasa Inggris mengenai cara penggunaan “why not” yang bisa Kampung Inggris berikan. Karena kamu sudah tahu, setelah ini ingat, jangan menggunakan gerund setelah why not, ya!

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih fokus dan komprehensif, kamu kudu datang ke Kampung Inggris Pare! As we know, Kampung Inggris Pare adalah tempat belajar bahasa Inggris paling populer di Indonesia.

Dijamin setelah ke sini, kamu bakalan jago banget bahasa Inggris-nya!

Kalau kamu ingin belajar materi lainnya dari kami, coba tengok materi seru satu ini: Double Negatives dalam Bahasa Inggris.

Kampung Inggris Search :

    https://www kampunginggris id/cara-menggunakan-why-not-dalam-bahasa-inggris/

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini