fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa Pengaruh Intonasi dan Kecepatan Dalam Berbicara Bahasa Inggris? No ratings yet.

bicara-bahasa-inggris

Sebelum kalian belajar Bahasa Inggris lebih intens, ada baiknya jika kalian juga mempelajari kecepatan dan intonasi berbicara dalam Bahasa Inggris. Dengan mempelajari kedua hal tersebut, setidaknya kalian mengerti bagaimana dan merendahkan nada dalam percakapan Bahasa Inggris. Sehingga kalian tidak hanya berbicara dengan nada datar. Namun kalian mungkin bertanya-tanya apa pengaruh intonasi dan kecepatan dalam berbicara bahasa inggris? Langsung simak ulasannya di bawah ini.

Intonasi Berbicara Bahasa Inggris

Banyak orang dari berbagai negara mempunyai intonasi tersendiri dan terkadang guru belum mampu menyajikan dengan intonasi yang benar. Dalam beberapa situasi, terkadang intonasi berubah menjadi monoton bahkan kurang nyaman didengarkan. Salah satu hal yang harus dihindari adalah intonasi yang sering naik turun pada setiap kata. Hal lainnya yang harus dihindari adalah mengakhiri suatu kalimat dengan intonasi naik.

Untuk memperbaiki intonasi yang belum benar, kalian harus tahu bahwa untuk memulai kalimat menggunakan nada tinggi dan mengakhirinya dengan nada rendah. Kalian harus bisa memulai dan mengakhirinya dengan cara tersebut. Akan lebih baik lagi jika kalian mendengarkan audio atau video dari native speaker (penutur asli) Bahasa Inggris. Kalian bisa mendengarkan bagaimana intonasi yang tepat dan benar. Setelah kalian mendengar audio tersebut, kemudian kalian juga bisa merekam diri sendiri dan mendengarkan apakah intonasi yang kalian gunakan sudah benar atau belum. Jika belum, maka kalian bisa menemukan intonasi yang terdengar berbeda kemudian mengoreksinya.

Mungkin kalian berpikir bahwa mengkoreksi intonasi yang salah merupakan hal yang sangat sulit. Namun kesalahan intonasi terbilang mudah untuk diperbaiki. Jika kalian mempunyai teman penutur asli (native speaker) Bahasa Inggris akan lebih baik karena bisa membantu kalian untuk memperbaiki kesalahan intonasi tersebut. Merekam diri sendiri mungkin terdengar membosankan. Namun jika kalian mempunyai intonasi yang benar bisa membuat kalian bisa melanjutkan dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan pesat. Saran untuk merekam diri sendiri mungkin juga terdengar sepele, namun jika kalian sering berlatih dan mampu mengoreksi kesalahan intonasi kalian maka kalian sudah berada di tahap selangkah lebih maju. Jika kalian ingin bisa berbicara Bahasa Inggris dengan intonasi yang tepat, maka kalian bisa menggunakan cara ini.

Kecepatan Berbicara Bahasa Inggris

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan untuk bisa mengucapkan Bahasa Inggris secara fasih dengan pronunciation (pengucapan) dan intonasi adalah kesalahan kecepatan saat mereka berbicara. Jika kalian belum memiliki pengucapan dan intonasi yang sempurna, maka kalian pasti akan mengalami kesulitan jika menemui orang yang berbicara Bahasa Inggris dengan cepat. Hal ini menjadi masalah besar bagi kalian yang mempelajari bagaimana berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Jika kalian ingin meningkatkan komunikasi dalam berbicara Bahasa Inggris. Hal ini menjadi penting untuk mempelajari dang menguasai kecepatan berbicara yang benar. Bagi kalian yang memang ingin mempelajarinya, kalian bisa memperlambat kecepatan berbicara dan berbicara dengan lebih jelas. Pastikan kalian tidak terlalu banyak mencampur beberapa kata secara bersamaan dan memisahkan kata-kata menggunakan jeda kecil untuk beberapa kata yang dirasa sulit untuk diucapkan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa salah satu kesalahan umum dalam berbicara Bahasa Inggris adalah kesalahan intonasi dalam berbicara Bahasa Inggris. Menurut beberapa ahli Bahasa Inggris, lebih baik berbicara dengan intonasi monoton dibanding mempunyai intonasi buruk. Belajar intonasi yang benar memang lebih sulit bagi kalian yang sudah mengalami kesalahan di awal dalam hal intonasi dan kecepatan berbicara.

(Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Anecdote & Spoof Text)

Tips belajar kecepatan dan intonasi dalam berbicara Bahasa Inggris:

– Selalu rutin latihan, kalian harus selalu ingat bahwa kunci sukses belajar bahasa adalah rajin berlatih. Kalian bisa meminta bantuan pada native speaker (penutur asli) untuk membantu memperbaiki kesalahan anda.

– Melakukan percobaan setiap ada kesempatan, maksudnya kalian bisa melakukan percobaan dengan frase atau kata-kata yang sudah familiar di telinga kalian. Pastikan pengucapan kosakata tersebut sudah benar

– Memberikan tanggapan menggunakan Bahasa Inggris. Seperti yang kalian tahu bahwa saat ini penggunaan Bahasa Inggris sudah luas dan banyak digunakan baik di tempat kerja, lingkungan sekolah atau bersosialisasi di luar. Jika ada seseorang di dekatmu yang berbicara menggunakan Bahasa Inggris, kamu harus percaya diri untuk memberikan tanggapan atau jawaban dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini juga bisa meningkatkan praktik penggunaan Bahasa Inggris dan memberi pemahaman yang lebih mendalam dari penggunaan frase atau istilah tertentu.

– Kalian juga bisa menanyakan pada native speaker dan meminta bantuannya saat kalian terjebak dalam situasi yang tidak mampu mengingat kata tertentu. Hal ini tentunya sangat membantu kalian, khususnya jika kalian sedang berbicara di depan umum. Kalian harus tahu bahwa intonasi yang tepat akan diikuti oleh kecepatan berbicara yang tepat juga.

Nah seperti itulah pengaruh intonasi dan kecepatan dalam berbicara bahasa inggris. Sekarang kamu sudah paham kan, jadi mulai sekarang perbaiki intonasi dan kecepatan dalam berbicara bahasa inggris yuk !!!

 

Kampung Inggris Search :

    aturan intonasi naik rendah dalam bahasa inggris, bahasa inggir speaking lancar intonasi, https://www kampunginggris id/apa-pengaruh-intonasi-dan-kecepatan-dalam-berbicara-bahasa-inggris, Intonasi berbicara bahasa inggris, istilah* bahasa inggris tentang intonasi, perbedaan intonasi setiap negara

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini