fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Trik Jitu agar Lancar Debat Bahasa Inggris 4.44/5 (9)

debat bahasa inggris

Trik Jitu agar Lancar Debat Bahasa Inggris – Pada masa sekarang ini dunia kerja di negara Indonesia jangkauannya sudah semakin mendunia. Lebih lagi hampir setiap lowongan kerja mencantumkan kemampuan berbahasa Inggris sebagai sebuah syarat utama. Menengok lagi pada berbagai tenaga kerja Indonesia yang sedang berjuang di luar negeri, biasanya mengalami kesulitan dalam hal bernegosiasi untuk memperjuangkan nasib mereka sebab minimnya atau lemah dalam berbahasa inggris sebagai sarana negosiasi.

Kursus Bahasa Inggris

Mengantisipasi hal tersebut, lembaga pendidikan kini telah mulai aktif mengajarkan siswanya untuk meningkatkan skill debat. Hal ini sebagai wujud perkembangan kemampuan dalam berbahasa Inggris yang utuh. Lalu bagaimana sebenarnya tata cara debat dengan menggunakan bahasa inggris itu?

Apa itu Debat Bahasa Inggris?

Debat merupakan suatu aktivitas dalam bentuk diskusi untuk mencari pemecahan masalah atau bertukar pikiran dari sebuah isu atau topik tertentu. Ketika berdebat setiap partisipan debat berusaha menyumbang alasan-alasan, argumentasi, maupun semacam kasus yang selaras dengan topik debat dan membuat sanggahan, persutujuan atau menambahkan opini kepada lawan bicaranya.

Perlombaan debate atau debat bahasa Inggris minimal terdiri dari dua kubu atau dua regu yang keduanya memiliki cara pandang yang berbeda di setiap argumen atau tanggapan. Masing-masing regu biasanya terdiri dari 3 orang pemain yang dinamakan first speaker, second speaker, dan third speaker serta reply speaker yang nantinya diambil dari salah satu pemain.

Aturan dalam Debat Bahasa Inggris

Aturan debat bahasa inggris yang umum digunakan, antara lain :

– First speaker bertanggung jawab memaparan topik yang nantinya akan di debatkan secara rinci per kata, setelah itu disusul penjelasan secara menyeluruh supaya dapat menentukan batasan terhadap yang topik yang didebatkan.

Selepas itu first speaker dari tim afirmatif  boleh menambahkan argumen namun setelah menyampaikan fakta yang terjadi saat ini. Biasanya debat bahasa inggris memiliki waktu sekitar 7 menit. 7 menit tersebut yang nantinya wajib dimanfaatkan sebaik mungkin oleh tim.

– Second speaker dari tim afirmatif bertanggung jawab mengambil argument yang telah dipaparkan perwakilan negative team, yaitu first speaker. Argumen dapat disampaikan setelah speaker telah disilakan.

Pengen Konsutasi PR ?

Second speaker dari negative team berhak mengambil argument yang telah dijelaskan oleh tim afirmatif melalui second speaker, baru kemudian menerangkan argumennya. Poin-pont penting debat bahasa Inggris umumnya disampaikan oleh second speaker dari kedua tim. Disinilah letak inti dari perdebatan, jadi usahakan second speaker benar-benar menguasai topik yang akan diperdebatkan.

– Topik yang telah didebatkan oleh dua pembicara sebelumnya wajib dibuat kesimpulan. Kesimpulan tersebut dibuat oleh third speaker. Kesimpulan tentang topik yang telah diperdebatkan oleh dua pembicara sebelumnya wajib dibuat oleh tim afirmatif dan disampaikan oleh third speaker. Third speaker dalam debat bahasa Inggris akan lebih baik bila tidak menyampaikan argument lagi apabila ada topik yang perlu di rebut, maka rebut secukupnya. Kesimpulan dari dua pembicara sebelumnya juga wajib dibuat oleh negative team dan disampaikan oleh third speaker.

– Kesempatan terakhir dalam debat untuk Reply Speaker. Reply speaker umumnya disandang oleh fist and second speaker dari tiap tim dalam debat. Tiap-tiap kesalahan yang dilakukan tim lawan, misalnya ‘negative team tidak sanggup merebut argumen kami atau negative team mendiskusikan hal di luar topik, dan sejenisnya’ disampaikan oleh reply speaker.

Tips Debat Bahasa Inggris

debat bahasa inggris

Upayakan reply speaker dalam Debat bahasa Inggris dijabat oleh anggota yang mampu menganalisa letak kesalahan lawan. Reply speaker biasanya diberikan waktu sekitar tiga menit, lebih sedikit bila dibandingkan waktu untuk pembicara lain. Baca juga Tips Debat Dalam Bahasa Inggris.

Beberapa orang masih merasa bingung dan ragu ikut dalam debat. Maka perlu menerapkan beberapa tips agar bisa lancar saat melakukan debat. Berikut ini tips-tips saat akan melakukan debate dalam bahasa inggris :

Memilih Topik atau Tema

Kamu harus menentukan topik atau tema apa nantinya yang akan dijadikan materi dalam debat bahasa Inggris. Remember this: “Thinking before speaking is better than thinking after speaking”. Kamu harus benar-benar berpikir terlebih dahulu sebelum mengeluarkan pendapat.

Keraskan Suara

Saat debat, suara yang disampaikan oleh peserta debat wajib jelas dan terdengar dengan baik oleh seluruh audience di ruangan debat. Suara adalah salah satu faktor yang cukup penting dalam keberlangsungan debat.

Perbanyak Kosakata

Debat akan semakin mudah bila kosakata yang kamu miliki banyak. Sehingga debat akan semakin lancar.

Perbaiki Pronunciation

Salah dalam pengucapan sedikit saja akan memberikan efek cukup fatal saat berdebat. Sebab itulan pronounciation penting untuk dikuasai oleh masing-masing peserta debat.

Perhatikan Intonasi Suara

Kamu wajib yakin dengan intonasi serta tinggi rendahnya suara. Entah ketika memaparkan sebuat statement atau malah questions.

Kuasai Ilmu Grammar atau Tata bahasa

Kelancaran debat juga didukung oleh kalimat yang efektif dan merujuk pada inti. Untuk membuat kalimat tersebut, diperlukan grammar atau tata bahasa, sehingga menguasai grammar akan memudahkan kamu saat melakukan debat bahasa inggris.

Keep Your Attitude (sopan-santun)

Walau dalam kondisi debat, tim wajib menghormati saran, kritik atau pendapat orang lain. Ini merupakan adu argumen saja, jadi mesti dipilih cara yang sopan pula.

Dengan mengikuti debat bahasa Inggris pelajar akan melatih kemampuan berbahasa Inggris, pelajar juga akan mendapatkan banyak pengetahuan seputar materi yang akan digunakan dalam debat. Lebih jauh lagi, pelajar juga dapat mempelajari bagaimana mempertahankan pendapat atau argumen yang dimiliki.

Namun, pada kenyataannya kadang cukup sulit untuk mencari ide materi debat yang dibutuhkan. Maka dari itu, ada baiknya membahas kumpulan materi debat menggunakan bahasa Inggris yang didalamnya termasuk pro dan kontra tentang materi debat tersebut.

Contoh Motion Debat Bahasa Inggris

Berikut ini berbagai contoh debate motion yang dilengkapi dengan pros and cons dari tiap-tiap motion yang dibahas.

Materi debat dalam bahasa Inggris atau yang lebih dikenal dengan sebutan debate motion adalah suatu pandangan ide yang di dalamnya terdapat berbagai pendapat yang menentang dan mendukung motion tersebut.

Salah satu contoh debate motion yang sangat terkenal di kalangan pelajar misalnya This House would ban homework. Untuk menambahkan referensi dalam belajar bahasa Inggris berikut ini Debate Motion pilihan sebagai bahan belajar. Silakan dipelajari topiknya sehingga bisa menentukan pendapat pro dan kontra untuk masing-masing debate motion berikut:

-This House would ban homework

-This House believes mothers should stay at home and look after their children

-This house would ban smoking in public spaces

-This House would ban beauty contests

-This House would legalise Prostitution

-This House Would Ban Human Cloning

-This house Would Ban School Uniforms – Junior

-This House believes the internet brings more harm than good

-This House believes that student should be allowed to use mobile phones at school

Pembahasan-pembahasan Pro dan Kontra debate motion di atas kerap menjadi topik yang seru dalam suatu debat. Dengan membaca serta mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan topik debat akan lebih memudahkan dalam mengeluarkan argumen.

Nah, demikian artikel pembahasan tentang Trik Cara untuk Debat Bahasa Inggris. Ingat, berdebat tentang cara pandang dan pemikiran diperbolehkan, asal tetap sadar bahwa yang menjadi lawan kita berderbat adalah kawan kita pula. Semoga bermanfaat.

Kampung Inggris Search :

    Apakah ikut ekskul debat bahasa inggris harus jago bahasa inggris dulu?, aturan debat dalam b, Cara lancar bicara dalam debat bahasa inggris, debat bahasa inggris

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

More Posts in Why They Love LC

 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?