web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Tips Menulis Puisi Bahasa Inggris yang Menarik No ratings yet.

tips-menulis-puisi-bahasa-inggris-yang-menarik

Tips Menulis Puisi Bahasa Inggris yang Menarik – Puisi merupakan karya sastra yang terdiri dari kumpulan kalimat yang beraturan. Puisi biasanya terdiri dari beberapa paragraf. Karya ini sudah kita kenal sejak duduk di bangku sekolah dasar. Isinya beragam, mulai dari tentang kehidupan, alam, agama, hingga percintaan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali tokoh pengarang dan pembaca puisi ternama. Salah satunya ialah W.S. Rendra. Karyanya sangat digemari oleh pecinta karya sastra. Puisi yang diciptakannya tentunya berbahasa Indonesia. Selain bahasa Indonesia, puisi juga bisa berbahasa Inggris atau berbahasa lainnya. Berikut ini contoh puisi berbahasa Inggris

puisi-bahasa-inggris-dreaming

Isinya tak beda dengan puisi bahasa Indonesia yang bertema banyak hal. Puisi bahasa Inggris tentunya memiliki keunikan tersendiri. Namun, tidak setiap orang pandai membaca puisi tersebut. Puisi berbahasa Inggris akan enak didengar jika dibacakan oleh orang yang sudah fasih berbahasa Inggris.

Dalam membuat sebuah karya sastra seperti puisi ini, tentu seorang pengarang akan mencari dan menemukan inspirasi tema terlebih dahulu. Entah itu tema yang sedang hangat diperbincangkan ataupun tema apapun yang muncul dibenaknya. Sama halnya pada puisi berbahasa Inggris.

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar menghasilkan puisi bahasa Inggris yang menarik dan maknanya mendalam. Berikut ini beberapa tips menulis puisi tersebut.

Mengabadikan Sebuah Momen

Sebuah puisi biasanya menuangkan sebuah gagasan, ide, dan cerita. Hal tersebut lalu dituangkan dalam bentuk rangkaian kata yang sangat indah. Isinya berupa kata-kata kiasan maupun peribahasa. Semuanya dirangkai sedemikian rupa sehingga sangat indah diucapkan dan enak di dengar.

Salah satu inspirasi yang dapat Anda jadikan puisi bahasa Inggris ialah sebuah momen atau peristiwa dalam hidup kamu atau hidup orang lain. Akan tetapi lebih baik kamu fokus pada satu momen atau satu gagasan pokok saja. Tentukan satu momen yang akan kamu tuliskan yang berasal dari momen yang Anda pilih.

Contoh penggalan puisi tersebut sebagai berikut,

 

still-rise

Mulailah mengekspresikan puisi bahasa Inggris dalam rangkaian kata-kata yang puitis dan penuh dengan metafora. kamu juga bisa memasukkan majas lain seperti hiperbola atau yang lainnya. Namun tetap perhatikan penempatan kata yang sesuai dengan tema yang kamu pilih. Pilihlah momen yang menarik agar lebih disukai oleh penggemarnya.

Tuangkan Tutur Kata yang Ada dalam Pikiran

Menulis puisi bahasa Inggris tidak hanya sekedar menulis menggunakan kata-kata yang indah. Membuat sebuah karya puisi juga soal mendengarkan apa yang ada di pikiran lalu menuangkannya kedalam sebuah cerita. Pikiran kamu akan mengeksplorasi ide-ide baru saat menulis puisi tersebut.

Pada saat itu Anda wajib untuk mendengarkannya. Kemudian hal tersebut Anda jadikan sebagai sebuah gagasan. Dengan begitu, karyamu akan lebih alami dan tidak terkesan meniru. Isi pikiran setiap orang tentunya tidak akan selalu sama. Sebelumnya kamu bisa mencari inspirasi se kreatif mungkin. Penggalan puisi di bawah ini memiliki makna yang dituangkan dari pikiran seseorang.

be-mine

kamu dapat menggali pengetahuan tentang bahasa, peribahasa atau kiasan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam puisi bahasa Inggris. Kamu bisa membaca contoh puisi yang sudah ada. Cara lainnya, Anda juga bisa mempelajari ilmu menulis puisi yang baik dan benar terutama yang berbahasa asing.

Ilustrasikan Segala Sesuatu

Setiap inspirasi yang muncul dalam pikiran harus kamu tuangkan secara detail. Tak terkecuali tempat atau latar yang digunakan. Gambarkan tempat dan suasana yang ada di sekitarnya.

Jika kamu ingin menceritakan tentang seseorang, maka gambarkanlah karakteristik atau pun sifat nya. Ajak para pembaca untuk bisa membayangkan apa yang kamu ceritakan dalam puisi. Pada bahasa Inggris, teknik yang satu ini disebut juga dengan Descriptive Poet.

Gambarkan hal-hal tersebut dengan tepat sehingga bisa mengajak para pembaca seperti mengalaminya sendiri. Pilih juga kata dan kalimat yang tepat sehingga puisi bahasa Inggris dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca. Jangan lupa gunakan bahasa yang sesuai tapi tidak sulit dipahami. Berikut penggalan contoh puisi yang menggambarkan sebuah peristiwa.

i-rise-puisi

Menggunakan Aturan Bahasa Inggris Yang Tepat

Lain halnya dengan bahasa Indonesia, untuk menulis puisi bahasa Inggris kamu harus ekstra hati-hati dalam menentukan alur. Saat menceritakan suatu peristiwa di masa lalu, maka kamu wajib menggunakan simple past tense. Jika kamu mengubah alur dengan kalimat yang menceritakan hal di masa depan, maka gunakan simple future tense.

Alangkah lebih baik bila kamu tidak sering melakukan pergantian alur karena akan membuat pembaca bingung dan kehilangan arah. Nantinya mereka akan sulit memahami makna dalam puisi bahasa Inggris. Itu berarti tema dan cerita yang hendak kamu sampaikan tidak akan benar-benar tersampaikan dengan baik.

Salah satu tujuan puisi ialah menyampaikan sebuah makna melalui karya yang indah. Jika jenis kalimat yang digunakan harus tepat dan sesuai. Sebaiknya, sebelum membuat puisi Anda bisa membuat alurnya terlebih dahulu agar tidak rancu saat sudah jadi.

Itulah beberapa tips disertai contoh puisi bahasa Inggris yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Perhatikan setiap ketentuan serta tips tersebut agar bisa menghasilkan puisi yang baik. Yang terpenting ialah puisi tersebut harus mengandung kata dan makna yang indah.

Baca juga Materi tentang Sinonim dalam Bahasa Inggris, supaya penggalan kata dalam puisi yang kamu tulis menjadi lebih baik!

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini