fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Di Kelas 4.57/5 (235)

Perkenalan diri dalam Bahasa Inggris

Perkenalan diri dalam Bahasa Inggris dikenal juga sebagai introduction. Pastinya, selalu ada momen dimana kamu harus berkenalan dengan orang lain, salah satunya adalah ketika kamu berada di kelas baru. Entah kamu baru masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi, atau kamu harus pindah sekolah, perkenalan menjadi cara untuk menunjukkan identitas diri.

Kursus Bahasa Inggris<

Menggunakan Bahasa Indonesia untuk perkenalan diri tentu menjadi hal yang mudah. Namun, bagaimana jika guru di kelas Bahasa Inggris meminta kamu untuk menyiapkan perkenalan diri menggunakan Bahasa Inggris? Tentu ini tidak akan mudah, sehingga butuh latihan dan harus segera dipelajari. Nah, berikut materi dan tips perkenalan diri yang bisa kamu coba.

Kenapa Harus Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Mungkin kamu pasti ngedumel abis, kenapa sampai ada tugas buat maju ke depan kelas, dan memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Padahal, untuk jaman sekarang ini, perkenalan diri dalam Bahasa Inggris di kelas ini akan berguna, karena akan melatih kemampuan public speaking atau berbicara dihadapan banyak orang.

Apalagi, perkenalan menjadi aktivitas awal di kelas supaya nanti dapat menjalin hubungan yang kondusif dengan seluruh teman di kelas. Selain nantinya akan merasa nyaman bergaul, kalian juga pasti bisa lebih sayang satu sama lain. Sama seperti ungkapan tak kenal, maka tak sayang. Ngapain juga kita peduli dengan orang yang nggak kita kenal? Mungkin, banyak yang berpikir seperti itu jika nggak kenal. Berbeda kalo kita kenal pasti akan lebih care.

Persiapan Sebelum Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Nah, karena kamu akan memperkenalkan diri kepada teman, juga guru di kelas, maka hal yang paling penting untuk dipersiapkan sebelum perkenalan adalah sebagai berikut:

1. Ketenangan

Memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris bukan hal yang menakutkan kok. Itu bukan sesuatu yang mengerikan yang bikin kamu jadi grogi, takut bicara, atau bahkan gugup. Bersikaplah tenang. Bicaralah dengan cara yang santai. Tarik nafas, dan mulai keluarkan satu persatu susunan kata yang tepat dengan perlahan.

2. Sopan Santun dan Body language

Dalam perkenalan, tentu juga ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Misalnya, gunakanlah bahasa yang sopan. Juga, sebaiknya katakanlah hal-hal yang baik, untuk tetap menghormati dan menghargai perasaan orang lain. Bahkan, saat memperkenalkan diri, tunjukkan tingkah yang baik, tidak melakukan banyak gerakan yang tidak penting.

3. Salam

Selain salam, biasanya adalah menjabat tangan. Setelah mengucapkan salam, kamu mungkin akan menjabat tangan lawan bicara. Tapi, jika kondisinya adalah memperkenalkan diri di depan kelas dengan menggunakan Bahasa Inggris, nggak mungkin deh kalau harus jabat tangan. Jadi, cukup ucapkan salam seperti good morning, good afternoon,  atau bagi yang Muslim bisa mengucapkan salam, yaitu assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tata Cara Perkenalan

Pengen Konsutasi PR ?

Nah, biar nggak bingung, kamu bisa menggunakan langkah atau tata cara berikut ini ketika hendak perkenalan diri dalam Bahasa Inggris:

Salam dan menyapa. Ini adalah hal utama, yang sangat penting karena bisa menghilangkan rasa tegang dan menciptakan rasa nyaman bagi semua. Setelah itu, kamu bisa mengucapkan berikut:

Hi, everyone. Good afternoon

Atau,

Hello, good morning my friend.

Setelah itu, tambahkan salam:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tari nafas dalam-dalam, lalu cobalah untuk mengutarakan apa sih maksud kalian berdiri di depan kelas. Walaupun ini cuman tugas dari guru, tapi lakukan dengan serius supaya kamu bisa menguasai tata cara perkenalan diri. Untuk itu, utarakan maksud serta tujuan dengan menggunakan kalimat berikut:

I would like to introduce myself

Let me introduce myself

I am here to introduce myself

Allow me to introduce my self

Artinya adalah “izinkan saya untuk memperkenalkan diri”. Jadi, cukup pilih salah satu dari empat kalimat tersebut. Sudah? Jika sudah, lanjutkan dengan mulai memperkenalkan diri. Kamu bisa menyebut nama lengkap, nama panggilan, asal, alamat, dan lainnya yang perlu untuk diberitahukan. Coba simak kembali kalimat-kalimat berikut.

Untuk menyebutkan nama lengkap: My full name is/ My complete name is/ My name is—-

Untuk menyebutkan nama panggilan: But, you can call me/ You can call me/ My nickname is…

Barulah kalian bisa menjelaskan beberapa hal seperti hobi:

I like reading – Saya suka baca

I like watching movies  – Saya suka melihat film

I like playing football – Saya suka bermain bola

Sedangkan untuk menunjukkan asal dan alamat, bisa menggunakan contoh kalimat berikut:

I am from….., and I live on… – Saya berasal dari… dan saya tinggal di…

Jika semua yang kamu rasa perlu disebutkan sudah kamu utarakan, waktunya untuk mengakhiri perkenalan tersebut. Kamu bisa memulainya dengan menyampaikan kalimat penutup. Berikut beberapa contoh kalimat penutup yang bisa kamu gunakan dalam perkenalan diri:

It is nice to meet you.

It is a pleasure to meet you

Thank you for your attention

I am happy to meet you

Thank you very much

That is all about my self-introduction

Atau kamu bisa menggunakan klaimat-kalimat lainnya yang mempunyai makna mirip.

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris di Kelas

Berikut adalah contoh perkenalan diri di kelas, di depan teman-teman dan guru Bahasa Inggris:

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Good morning my friends. I am here to introduce myself. My name is Naura Rahma Zahira. You can call me Rahma. I am from Kendal, and I live at Peron Village. I was born in Semarang, July 23th 2015.

My mother is a freelance writer. My father is a farmer. I love cats and I like listening to music. That is all about my self-introduction. It is nice to meet you all and I hope we can be a good friend. Thank you for your attention.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah, jika diterjemahkan, maka akan menjadi seperti ini:

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi teman-teman. Saya disini untuk memperkenalkan diri. Nama saya adalah Naura Rahma Zahira. Kalian bisa memanggil saya Rahma. Saya dari Kendal, dan saya tinggal di desa Peron. Saya lahir di Semarang, tanggal 23 Juli 2015.

Ibu saya adalah penulis lepas. Ayah saya adalah seorang petani. Saya suka kucing dan saya suka mendengarkan musik. Nah, itulah perkenalan diri saya. Saya senang bertemu dengan kalian dan saya berharap kita bisa jadi teman baik. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah, gampang kan? Mulailah membuat perkenalan dengan kalimat yang sederhana. Kemudian, pastikan bahwa kamu punya waktu untuk mempelajari semuanya. Biar besok, waktu di kelas, nggak banyak yang lupa karena grogi. Nggak usah grogi, karena guru juga nggak bakalan kok mengharap kalimat dan perkenalan yang sempurna. Guru sangat memaklumi. Justru ketika kamu mampu berkata sepatah dua patah kata dalam Bahasa Inggris, guru sudah senang.

Untuk memperluas referensimu terkait perkenalan dalam Bahasa Inggris, kamu bisa membaca artikel berjudul “Panduan Lengkap Perkenalan Dalam Bahasa Inggris” ini.

Kampung Inggris Search :

    Bagaimanakah cara kita memperkenalkan diri kita dengan menggunakan bahasa inggris, cara memperkenalkan diri dalam bahasa ingg, Cara perkenalan bahasa inggris, Memperkenalkandiri didepan kls masuk sekolah sma, salam pembuka perkenalan dalam bahasa inggris

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
8 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?