Perbedaan Beside dan Next to
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan Penggunaan Beside dan Next to

perbedaan beside dan next to

Apakah kamu termasuk yang bingung dengan perbedaan penggunaan beside dan next to? Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris terkadang mengalami kesulitan dalam membedakan kedua kata tersebut karena keduanya sama-sama berarti “di samping” jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jika begitu, apakah keduanya memang benar-benar bersinonim dan bisa saling menggantikan dalam kalimat apapun? Apakah keduanya memiliki fungsi yang sama? Untuk menjawab semua pertanyaan ini, kamu perlu menyimak informasi yang kami rangkumkan tentang perbedaan penggunaan beside dan next to berikut ini.

Perbedaan Penggunaan Beside dan Next to

  • Apakah keduanya bersinonim?

Sebelum kita membahas lebih rinci tentang apa saja perbedaan penggunaan beside dan next to, ada baiknya kita mengidentifikasi apakah sejatinya kedua kata tersebut memang bersinonim atau tidak. Perhatikan dua kalimat berikut:

  1. Linda sits beside her little brother.
  2. Linda sits next to her little brother.

Jika diamati dari kedua kaluimat di atas, perbedaan antara beside dan next to agaknya belum terlalu tampak. Dengan kata lain, keduanya terlihat memiliki fungsi dan arti yang sama saja. Namun, agar kamu bisa lebih melihat perbedaan penggunaan antara keduanya, kami akan berikan lagi dua kalimat beserta ulasannya pada subjudul selanjutnya.

  • Perbedaan penggunaan beside dan next to

Jika kamu membaca atau mendengar informasi berikut:

The police station is located next to the city hall.

Maka kalimat tersebut mengindikasikan bahwa letak dari kantor polisi itu tepat bersebelahan dengan balai kota. Maksud dari “tepat bersebelahan” di sini adalah benar-benar berada di sampingnya, tanpa adanya jarak yang terlalu luas yang membatasi kedua buah bangunan tersebut. Selain itu, kalimat ini juga mengindikasikan bahwa kedua bangunan tersebut bersebelahan secara lurus. Sekarang amati kalimat berikut ini:

The police station is located beside the city hall.

Jika kamu menemukan kalimat demikian, maka artinya kantor polisi berada di sebelah balai kota, namun tidak benar-benar bersebelahan dengan lurus dan tanpa jarak. Kata “beside” bisa saja diartikan berada di sebelahnya namun dengan adanya jarak yang cukup luas di tengah-tengah kedua gedung tersebut, entah berupa lahan kosong, atau lapangan parkir.

  • Kata lain yang mirip

Selain beside dan next to, ada juga beberapa kata lain dalam bahasa Inggris yang memiliki arti mirip dengan keduanya. Kata-kata tersebut yaitu close to, near, dan by. Kata-kata tersebut digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang berada dalam jarak berdekatan, tidak terlalu jauh, meskipun kadang ada pemisah atau pun letaknya tidak dalam satu garis lurus. Secara harfiah, ketiga kata tersebut dapat diartikan “dekat” dalam bahasa Indonesia. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

  1. I’d like to sit near a window, please.

(Aku ingin duduk di dekat jendela.)

  1. My school is pretty close to my house.

(Sekolahku lumayan dekat dengan rumahku.)

  1. The policewoman walked by them without saying a word.

(Polisi wanita itu berjalan melewati/di dekat mereka tanpa mengatakan sepatah katapun.)

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami berikan tentang perbedaan penggunaan beside dan next to serta tambahan informasi mengenai beberapa kata yang mirip. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa beside dan next to memang memiliki arti yang hampir sama, namun tidak bisa dikatakan 100% bersinonim. Karena kedua kata tersebut memiliki arti yang agak berlainan.

Seandainya kata tersebut bisa digunakan pada kalimat yang sama persis, misalnya “Linda sits beside her little brother.” dan “Linda sits next to her little brother.” Maka artinya tentu akan agak berlainan. Kalimat pertama mengindikasikan bahwa mereka hanya duduk dengan posisi sejajar meskipun ada jeda yang cukup panjang, sedangkan kata kedua bermakna mereka duduk benar-benar bersebelahan. Dengan mengetahui perbedaan kata beside dan next to, tentunya kamu akan dapat membayangkan seperti apa situasi Linda dan adiknya, apakah mereka duduk berjarak, atau duduk berdempetan.

Meskipun perbedaan maknanya tidak terlalu signifikan, namun mengetahui perbedaan penggunaan beside dan next to akan berguna untuk situasi tertentu, misalnya ketika kamu memberikan petunjuk kepada orang yang menanyakan arah atau letak suatu tempat. Semoga informasi ini berguna dan dapat kamu praktikkan dalam percakapan sehari-hari bahasa Inggris kamu.

Simak juga pembahasan materi lainnya yuk guys, salah satunya adalah Inilah Penggunaan See dan Look yang Benar!.

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *