web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Memahami Perbedaan Dan Penggunaan Kata Tool dan Instrument No ratings yet.

tool vs instrument

Tool dan Instrument – Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa kosa kata yang serupa tetapi tak sama. Beberapa kosa kata tersebut terkadang diterjemahkan ke dalam kata yang sama dalam bahasa Indonesia. Seperti pada kasus perbedaan kata tool dan instrument yang kadang sama – sama diterjemahkan sebagai alat dalam bahasa Indonesia.

Untuk bisa memahami perbedaan kata tool dan instrument beserta penggunaannya; Kamu bisa menyimak pemaparan berikut ini.

Perbedaan Dan Penggunaan Kata Tool dan Instrument

  • Arti dan definisi kata tool dan instrument

Tool = (noun) an implement used in the practice of a vocational or a specialized implement, designed or crafted for a task.

Tool bisa diartikan sebagai alat yang dibuat secara khusus untuk melakukan fungsi tertentu.

Instrument = (noun) a device that require skill for proper use or a device more sophisticated that usually designed for measurement.

Instrument bisa diartikan sebagai alat yang penggunaannya membutuhkan keahlian khusus atau alat yang lebih rumit dengan fungsi khusus sebagai alat pengukuran.

Meski memiliki makna yang cukup jauh berbeda dalam bahasa Indonesia; kedua kata tersebut secara umum seringkali sama – sama diterjemahkan sebagai alat, peralatan atau perkakas.

  • Penggunaan kata konteks penggunaan alat

Perbedaan kata tool dan instrument juga bisa dilihat dari cara penggunaan kedua kata tersebut dalam konteks penggunaan suatu alat. Kata tool digunakan untuk menunjukkan alat dengan kegunaan yang lebih sederhana dan tidak membutuhkan prosedur khusus dalam penggunaannya. Sedangkan kata instrument merujuk pada alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran dan membutuhkan prosedur khusus dalam pemanfaatannya.

Contoh :

Tool : You can use a screwdriver as a tool for opening a deadbolt.

Instrument : Thermometer is an instrument to measure your body’s temperature.

Membuka sekrup dengan alat obeng (screwdriver) tidak membutuhkan prosedur khusus seperti pengukuran suhu tubuh dengan alat termometer. Penggunaan termometer untuk mengukur suhu tubuh harus diletakkan pada bagian tertentu dan pembacaan hasil pengukuran juga membutuhkan prosedur tertentu.

Kata instrument pada kalimat di atas tidak dapat diganti dengan menggunakan kata tool karena fungsi khusus dari thermometer yang digunakan untuk mengukur suhu.

  • Penggunaan kata tool dan instrument dalam konteks kebendaan

Tool merujuk pada alat yang bisa digunakan untuk mendapatkan fungsinya tanpa perlu keahlian khusus. Sedangkan instrument membutuhkan keahlian khusus jika ingin digunakan sesuai dengan fungsi yang dimiliki.

Contoh :

Tool : Shovel is a simple digging tool that you can use for gardening.

Instrument : Guitar is a musical instrument that you can play.

Shovel atau sekop sebagai sebuah alat secara umum bisa digunakan oleh siapapun untuk menggali atau memindahkan tanah. Sedangkan gitar merupakan alat untuk memainkan musik yang membutuhkan keahlian khusus mulai dari menyelaraskan nada hingga memainkan nada – nada tertentu.

  • Kata instrument juga dapat diartikan sebagai dokumen legal yang memiliki kekuatan hukum seperti kontrak, surat saham atau surat hutang

Contoh :

The bond identure is an instrument that arrange the rights and obligations between the bond issuer dan bond purchaser.

Penggunaan kata instrument di kalimat tersebut yang memiliki makna dokumen hukum tidak dapat diganti dengan menggunakan kata tool.

Dengan memahami arti dan makna serta perbedaan kata tool dan instrument di atas; Kalian diharapkan dapat memilih kosa kata yang tepat ketika membuat kalimat dengan melihatkan kata tool atau instrument. Semoga bermanfaat !!!

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Pengertian Polite Request & Contoh Kalimatnya.

Kampung Inggris Search :

    Apa yang membedakan istilah Consumable dengan Tools, konsepsi keluar perbedaan denganstolse, Perbedaan appliances vs tools, Perbedaan tools dan equ, perbedaan tools instrument dan device, tools device instrumen perbedaan

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini