web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan Antara Complement dan Compliment No ratings yet.

perbedaan complement dan compliment

Mengetahui perbedaan complement dan compliment akan membantu kalian memahami bahasa Inggris lebih baik. Apalagi kata-kata ini masih sering salah diaplikasikan, padahal keduanya mempunyai makna berbeda. Hal inilah yang membuat complement dan compliment masuk ke dalam confusing words.

Untuk menghentikan kekeliruan, simak penjelasan lebih dalam tentang complement dan compliment beserta pengaplikasiannya di bawah ini!

Arti dan pemakaian complement

Dalam bahasa Inggris, complement berasal dari kata dasar complete yang artinya lengkap atau selesai. Etimologi complement lahir dari bahasa Latin: complementum. Sementara kamus Merriam-Webster menjabarkan complement sebagai something that fills up, completes, makes perfect (sesuatu yang terisi penuh, lengkap/komplit, menjadikannya sempurna). Ada pun yang memaknai complement sebagai the quantity, number, or assortment required to make a thing complete.

Kalian dapat mengaplikasikan complement sebagai kata benda (noun) dan kata kerja (verb). Berikut ini contoh complement sebagai noun dalam bahasa akademis/ilmiah.

  • The even numbers are the complement of the odd numbers; relative to the natural numbers (bilangan genap merupakan pelengkap bilangan ganjil yang merupakan bilangan asli);
  • There are two strands that from a DNA molecule, which each strand is the complement of the other (Ada dua untaian yang membentuk molekul DNA;  masing-masing untaian melengkapi satu sama lain).

Sementara itu, complement sebagai kata kerja lebih sering dipakai dalam bahasa sehari-hari dengan catatan complement adalah bentuk transitive verb yang memerlukan direct object, seperti:

  • Her illustrations complement the book’s content (Ilustrasinya melengkapi konten buku tersebut);
  • Their new member will complement the marching band (Anggota baru mereka akan melengkapi marching band).

Arti dan pemakaian compliment

Mempelajari ‘compliment’ dalam perbedaan complement dan compliment akan membantu kamu sebelum menerapkan kata tersebut. Berdasarkan kamus Merriam-Webster, compliment berarti an expression of esteem, respect, or admiration; especially: an admiring remark. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan compliment untuk menaikkan rasa percaya diri, penghormatan, hingga kebanggaan. Singkatnya, kata ini cocok untuk mengungkapkan pujian.

‘compliment’ berasal dari bahasa Italia, yakni complimento dan bahasa Spanyol, yakni cumplimiento, yang lahir dari bahasa Latin cumplir (kata kerja). ‘cumplir’ sendiri berarti to be courteous (bersikap respek, menghargai, atau memberikan penghormatan). Di bawah ini ada contoh pengaplikasian compliment selaku noun (kata benda).

  • My husband gives me countless compliment every day (Suami saya memberikan pujian yang tak terhingga setiap hari);
  • I don’t have a idea whether she told me her compliment or insult to me (Saya tidak tahu apa dia memberikan pujian atau penghinaan kepada saya).

Kemudian, compliment dalam bentuk plural (compliments) dapat kamu artikan juga sebagai best wishes (harapan terbaik). Kalian dapat mempelajarinya dari frasa with compliments yang tercantum di sejumlah kartu-kartu ucapan. Misalnya compliments slip, yakni kertas kecil dengan header yang dapat kalian pakai sebagai memo perusahaan kepada klien atau pelanggan. Contoh lain yang dapat kalian temukan berada di kartu ucapan dengan tulisan with compliments of the season.

Sebagai kata kerja, compliments berfungsi sebagai transitive verb yang membutuhkan direct object dengan contoh seperti:

  • The man who just complimented her is her father (Lelaki yang memuji perempuan itu adalah ayahnya);
  • Are you trying to compliment him? (Apa kamu berusaha memujinya?).

Demikian informasi seputar perbedaan complement dan compliment. Semoga bermanfaat untukmu, ya!

Yuk baca juga pembahasan mengenai materi bahasa inggris lainnya guys, salah satu yang bisa kamu baca adalah Penggunaan “As Well As” dan “As Soon As Possible”.

Kampung Inggris Search :

    compliment, arti compliment, penjelasan compliment kampung inggris, compliment adalah, arti with compliments, complimetn, pengertian condiment dan compliment, comploment, compliments penjelasannya, compliment artinya, it is no compliment arti, kartu ucapan compliment, complement adalah, Compl, best compliments artinya, Apa perbedaan Congratulation dan compliment?, apa perbedaan complement dan complas, apa complement, apa bedanya discount dengan compliment, Apa artinya Compliment

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini