Penggunaan Who, Whom dan Whose
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cara Penggunaan Who, Whom dan Whose Dalam Kalimat yang Tepat

Belajar bahasa Inggris tidak selamanya susah. Jika ada sedikit kemauan dan kesabaran untuk belajar, Anda akan dapat menguasainya. Di antara bahasa asing yang ada di dunia ini, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari. Hal ini tidak terlepas dari statusnya sebagai bahasa universal yang dapat menyatukan bangsa-bangsa. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mampu menjembatani komunikasi di antara dua atau lebih orang yang memiliki perbedaan bahasa. Bahasa ini juga merupakan bahasa yang digunakan dalam organisasi tingkat dunia, seperti PBB, hingga dalam perdagangan tingkat internasional. Oleh karena itu, menguasai bahasa asing yang satu ini dapat membantu Anda untuk terjun ke bidang yang berada pada level internasional.  Dalam mempelajari bahasa Inggris, tata bahasa memang suatu hal yang cukup menyita perhatian. Adanya perbedaan di antara bahasa Indonesia dan Inggris adalah hal yang perlu diperhatikan. Tata bahasa memang tidak mudah dikuasai, penggunaan who, whom, dan whose pun tidak terkecuali. Banyak orang yang cukup bingung bagaimana menggunakan ketiga-nya. Untuk membantu Anda, simaklah penjelasannya di bawah ini.

Penggunaan Who Dalam Kalimat

Who digunakan pada saat Anda ingin menanyakan subyek dari kalimat atau menanyakan siapa yang melakukan pekerjaan.

Dalam kalimat tanya, contohnya yakni:

Who gave you the money? Mr. Adi gave me the money.

Itulah contoh kalimat tanya yang menggunakan who untuk menanyakan subyek. Seperti yang dilihat, Mr. Adi adalah subyek yang ditanyakan. Anda dapat menjawabnya pertanyaan seperti ini dengan menyebutkan nama seperti yang ada pada contoh. Jika tidak, Anda dapat menggunakan subject pronoun seperti I, we, you, they, he she, dan it.

Jika kita masukkan salah satu dari subject pronoun tersebut, maka contoh di atas akan menjadi:

Who gave you the money? He gave me the money.

Penggunaan Whom Dalam Kalimat

Untuk whom, yang satu ini digunakan pada saat Anda ingin menanyakan obyek dari kalimat atau menanyakan siapa yang dikenai pekerjaan.

Sebagai contoh:

Whom do you miss so much? I miss her so much.

Itulah contoh kalimat tanya yang menggunakan whom untuk menanyakan obyek. Seperti yang bisa diperhatikan, her adalah obyek yang ditanyakan.

Untuk jawaban pertanyaan ini, Anda membutuhkan object pronoun sebagai jawabannya. Object pronoun ini meliputi me, us, you, them, him, her, dan it. Menyebutkan obyek dengan namanya juga bisa dilakukan. Jika demikian, berikut adalah contohnya:

Whom do you miss so much? I miss Anna so much.

Belajar bahasa Inggris dengan menggunakan whom ini masih banyak contohnya. Cobalah untuk membuat sendiri kalimat Anda.

Penggunaan Whose Dalam Kalimat

Yang selanjutnya ada whose. Kata ini sering muncul dalam kalimat bahasa Inggris. Kata ini digunakan untuk menanyakan kepemilikian atau possession.

Berikut adalah contohnya dalam kalimat Tanya:

Whose book is this? That book is mine.

Seperti yang bisa Anda lihat, jawaban dari pertanyaan seperti ini adalah possessive pronounMine, our, yours, their, hers, his, dan its merupakan possessive pronoun yang dapat digunakan dalam menjawab pertanyaan yang menggunakan whose.

Menggunakan Who, Whom, dan Whose Secara Benar

Itulah penjelasan singkat terkait dengan penggunaan who, whom, dan whose. Setelah Anda mengetahui  perbedaan di antara ketiga-nya, buatlah beberapa contoh kalimat sederhana. Pastikan Anda benar-benar memahami aturan dalam penggunaannya. Jika Anda sudah paham, menggunakannya dalam kalimat sudah tidak akan mengalami kesulitan lagi.

Baca juga: 10 Kata Bahasa Inggris yang Sering Mispronounced dalam Daily Conversation.

 

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *