fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Penggunaan serta Contoh Awhile dan A While yang Harus Kamu Ketahui

2 min read

Awhile A While

Awhile A While

Awhile dan A While – Dalam kehidupan sehari-hari kalian pasti tidak terlepas dari penggunaan bahasa. Bagi manusia sendiri bahasa merupakan hal yang sangat penting dalam membentur peradaban manusia dan di kehidupan manusia sendiri. Dengan bahasa, manusia mampu berinteraksi dengan manusia lainnya, melahirkan sebuah kebudayaan sebagai identitas manusia tersebut dan membangun peradaban. Namun sudah menjadi hal biasa, terkadang sering timbul masalah saat menggunakan bahasa dalam berinteraksi, khususnya menggunakan bahasa asing, misal Bahasa Inggris. Ada banyak sekali confusing word dalam Bahasa Inggris yang membuat kalian sering melakukan kesalahan. Seperti Penggunaan kata Awhile dan A while, apakah ada perbedaan makna?

Kursus Bahasa Inggris

Tentu saja semua orang pernah mengalami kesulitan dalam memahami suatu maksud dari sebuah kata yang ada dalam kalimat. Tak jarang kalian merasa bingung bagaimana memahami dan membedakan antara kata yang satu dengan yang lainnya, khususnya jika kata tersebut hampir sama penulisannya dan pengucapannya, seperti Awhile dan A while.

Perbedaan Awhile dan A While dalam Bahasa Inggris

Jika kalian melihat kosakata tersebut sekilas, mungkin kalian berpikir bahwa keduanya mempunyai makna yang hampir sama. Namun, ada beberapa hal yang membuat kedua kosakata tersebut berbeda. Awhile adalah kata keterangan (adverb) yang mempunyai arti “for a short time”, sedangkan a while merupakan frase kata benda (noun phrase) yang bisa kalian gunakan untuk menyatakan periode waktu bersama dengan adanya kata depan (preposition) yang mempunyai arti a short time. A while juga digunakan sebagai objek dari beberapa preposition, seperti: for, in, after dan within. Kalian perlu tahu bahwa arti sebenarnya dari awhile sama dengan “for a while”.

Kalian bisa melihat bahwa “a while” dengan article “a” sudah cukup menjelaskan bahwa while adalah kata benda (noun). Oleh karena itu, kombinasi article noun disini bisa kalian ubah menjadi bentuk lain seperti: a month, a year. Kalian bisa simak contoh dibawah ini:

–               It’s been a while since Doni work in this office

Sudah lama sejak Doni bekerja di kantor ini

–               It’s been a year since Doni work in this office

Sudah setahun sejak Doni bekerja di kantor ini

Pengen Konsutasi PR ?

Dari kedua contoh diatas, kalian bisa mengerti bahwa a while lebih mengacu pada periode waktu tertentu yang sifatnya lebih general, sedangkan a year lebih merujuk pada waktu yang sifatnya lebih spesifik.

Di sisi lain, awhile digunakan sebagai kata keterangan (adverb) tidak dapat digantikan dengan noun phrase yang lebih mengacu pada periode waktu seperti contoh di atas. Sebagai kata keterangan (adverb), while hanya dapat digantikan dengan kata keterangan (adverb) lainnya, seperti: quietly, quickly, etc. Kalian bisa simak contoh dibawah ini:

–               You can go play awhile

Kamu boleh bermain sebentar

–               You can go play quietly

Kamu boleh bermain dengan tenang

Contoh lain penggunaan Awhile dan A While dalam Bahasa Inggris

Kalian bisa melihat contoh lain tentang Penggunaan kata Awhile dan A while di bawah ini:

Contoh:

–                You can stay awhile, I will be back as soon as possible

Kamu bisa menunggu sebentar, aku akan kembali secepat mungkin

–               It’s been awhile since our last dinner

Sudah cukup lama semenjak makan malam terakhir

–               You can get rest for a while

Kamu bisa beristirahat sebentar

–               May I borrow you novel for a while?

Bolehkan aku meminjam novelmu sebentar

Bagaimana? dari pembahasan dan contoh di atas sekarang sudah tau kan bagaimana penggunaan Awhile dan A while dalam bahasa inggris. Semoga artikel kali ini bisa menambah materi seputar pembelajaran bahasa inggris ya guys. Oh iya kamu bisa juga membaca materi serupa lainnya nih guys. Salah satunya adalah: Further vs. Farther, Seperti Apa Penggunaannya?.

Kampung Inggris Search :

    for awhile#spf=1648474877192
5 2 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments