Search

Ingin Membuat Appointment? Simak Cara dan Contohnya!

Appointment adalah bentuk ekspresi yang biasa digunakan untuk membuat perjanjian bertemu. Appointment ini dibuat sebagai ungkapan ketika Anda akan melakukan pertemuan dengan seseorang di waktu tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya yuk simak informasi di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Appointment?

Appointment adalah janji atau pertemuan. Pada konteks bisnis, appointment kerap kali diartikan sebagai jadwal untuk bertemu klien, rekan kerja maupun atasan. Sementara di dunia medis, appointment diartikan ketika Anda akan bertemu dengan dokter membuat janji untuk berkonsultasi maupun melakukan perawatan medis.

Kursus Bahasa Inggris

Jadi appointment ini biasanya dijadwalkan sebelumnya. Selain itu janji ini juga perlu dikonfirmasi dan disepakati kedua belah pihak sebelum nantinya bertemu di waktu pertemuan. Apabila terdapat situasi darurat maupun salah satu ada yang berhalangan hadir maka pihak yang membuat appointment tersebut perlu memberitahu pihak yang telah dijadwalkan sebelumnya untuk melakukan reschedule di waktu yang tepat.

Cara Membuat Appointment dalam Bahasa Inggris

1. Greeting

Langkah-langkah membuat appointment adalah yang pertama menyapa lawan bicara. Anda perlu melakukan greeting dengan ramah dan sopan. Anda harus membuka percakapan dengan sapaan yang hangat supaya pembicaraan berlangsung nyaman serta meyakinkan lawan bicara.

Tak lupa sesuaikan juga sapaan Anda dengan suasana, keadaan ataupun siapa orang yang sedang Anda ajak bicara. Pembukaan dalam percakapan ini penting sekali untuk diperhatikan dan termasuk dalam adab berbicara. Apalagi jika appointment yang akan Anda lakukan ini sifatnya resmi dan Anda berhadapan dengan orang penting.

2. Introduce yourself

Langkah selanjutnya Anda perlu memperkenalkan diri terlebih dahulu. Hal ini menjadi penting apabila orang yang akan Anda buat janji temu ini merupakan orang yang belum Anda kenal sebelumnya. Anda bisa memperkenalkan diri atas nama perusahaan ataupun atas nama diri Anda sendiri.

Pastikan bahwa orang yang akan diajak bertemu ini sudah mengenal Anda dengan baik. Jadi tata caranya Anda akan menghubungi orang yang akan Anda ajak temu. Apabila orang tersebut sibuk dan appointment yang Anda buat ini dilakukan dengan sekretaris, manager atau orang terdekat lainnya Anda perlu menunggu waktu sampai orang tersebut menyetujuinya.

Ya, karena pertemuan nanti akan berlangsung dengan sebuah percakapan. Oleh karena itu pastikan bahwa orang yang Anda ajak bertemu ini sudah dikenal ya.

3. Express your purpose

Selanjutnya sampaikan tujuan Anda, siapa orang yang ingin Anda ajak bertemu. Selain itu Anda juga bisa langsung sampaikan maksud dari tujuan bertemu tersebut. Anda bisa menyampaikan secara singkat tujuan bertemu dengan orang tersebut.

Contohnya setelah memperkenalkan diri Anda dengan baik Anda bisa langsung menyebutkan, saya ingin membuat janji dengan Mr Edward apakah bisa?

4. Asking for a time

Langkah terakhir, sebelum menyepakati janji tersebut ada baiknya jika Anda menanyakan terlebih dahulu berkaitan dengan kesediaan orang yang ingin Anda temui. Hal yang Anda tanyakan berkaitan dengan kapan waktu luang yang dimiliki.

Contoh pertanyaan yang bisa digunakan seperti “When are you free?” atau “when do you have time?” atau dengan pertanyaan lainnya. Adapun untuk contoh dialog tentang appointment bisa dilihat pada penjelasan berikut ini.

Contoh Dialog Tentang Appointment

Making appointment with client business

A : Hello, this is Axel Thomas calling for Mary Elizabeth. Is she available?

M : Yes, this is Mary. Who’s speaking?

A : Hi good morning Maureen. I’m the new account manager handling your departments and I would like to make an appointment with you to review your ordering list. Do you have 30 minutes on Wednesday next week for me to introduce my self and go over a couple of your orders?

M : I’m sorry, but that’s not going to work. I already have another appointment then. What about Tuesday?

A : It sounds good. What sort of time would suit you? Is it good around 9.00 in the morning?

M : I appreciate it. Mornings are better for me.

A : Great, so to confirm, Tuesday the 22nd at 9.00 a.m?

M : Yes, that’s great.

A : Ok. Thank you. I’ll send you a good place via text.

M : Thank you very much.

A : No problem. Thank you.

M : Goodbye.

A : Bye.

Itulah salah satu contoh percakapan appointment dalam bahasa Inggris. Berdasarkan penjelasan appointment adalah di atas sudah sesuai diterapkan pada percakapan tersebut. Jadi si pembuat janji temu akan menawarkan waktu pertemuan.

Namun sebelumnya ditanyakan terlebih dahulu kepada orang yang diajak bertemu. Apabila tidak bisa maka biasanya orang tersebut akan memberikan alternatif waktu lainnya untuk bertemu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ngobrol di kantor dengan bahasa Inggris? Siapa takut! di Kampung Inggris LC Pare ada program khusus speaking bahasa Inggris, Speaking Mastery.

Di sini kamu bisa belajar speaking mulai dari 0 sama pengajar dan teman yang suportif buat diajak ngobrol bahasa inggris bareng buat improve skillmu!

Tunggu apa lagi? Yuk daftar program Speaking Mastery Kampung Inggris LC sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria