How to Remember Speech Using Mind Mapping
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

How to Remember a Speech by Using Mind Mapping, TEATU Kampung Inggris LC

how to remember a speech by using mind mapping

Halo guys, adakah dari kalian yang sedang melakukan persiapan untuk melakukan speech di hadapan orang banyak dan saat ini sedang bingung mencari cara untuk menghafal kan materi speech yang akan kamu tampilkan dengan lebih mudah? Yup, tampil dihadapan orang banyak dan harus menyampaikan suatu materi memang menjadi tantangan tersendiri bagi siapa pun baik yang sudah terbiasa atau pun belum, salah satu nya adalah tampil menyampaikan materi speech atau pidato dalam bahasa inggris seperti yang biasa dilakukan oleh para member LC Kampung Inggris Pare pada setiap hari Jumat. Salah satu ketakutan yang dirasakan oleh siapa saja yang akan tampil adalah lupa nya materi di tengah-tengah penampilan, duh kan bakalan malu banget ya. Nah untuk menghindari hal tersebut dan mempermudah kamu dalam proses menguasai materi speech yang akan kamu sampaikan, kali ini kita akan memberikan cara-cara yang bisa langsung kamu praktik kan. Apa saja cara-cara yang bisa kamu lakukan? Mari kita bahas bersama-sama, cekidot.

1. Membuat Mind Mapping

Mind mapping adalah salah satu metode untuk mempermudah mu ketika kamu ingin melakukan presentasi atau menjadi pemateri/pembicara, kali ini pada saat melakukan speech tentunya.

Bagaimana cara membuat Mind Mapping?

– Pertama kamu harus menentukan topik yang akan kamu bahas, contoh topik yang akan kita gunakan kali ini adalah tentang makanan atau FOOD.

– Setelah topik utama ditentukan langkah selanjutnya adalah kamu dapat membagi nya menjadi beberapa sub topik melalui mind branches atau cabang, berarti kita ambil contoh sub topik dari FOOD yang terbagi menjadi tiga cabang yaitu KIND yang menjelaskan tentang macam-macam FOOD , TASTE yang menggambarkan bagaimana rasa dari FOOD tersebut, kemudian HOW to COOK yang menggambarkan bagaimana cara FOOD tersebut dimasak.

– Setelah kamu membaginya ke beberapa sub topik atau cabang (mind branches) yang dalam contoh tersebut terbagi menjadi tiga cabang langkah selanjutnya adalah kamu harus membuat the big branches atau penjabaran dari masing-masing cabang (mind branches). Kita ambil contoh dari sub topik atau cabang HOW to COOK misalnya, penjabaran yang bisa kita jelaskan pada sub topik ini adalah berbagai macam cara dalam memasak makanan seperti BOILED, FRIED, dan STEAMED.

– Selanjutnya setelah big branches sudah kamu tentukan kamu bisa menjabarkan nya lagi ke melalui small branches yang dalam hal ini menjelaskan hasil makanan dari proses memasak tersebut. Contohnya small branches dari BOILED adalah MEET BALL (bakso), NOODLE (mie), kemudian dari FRIED adalah FRIED CHICKEN (ayam goreng), FRIED POTATOES (kentang goreng) dan lain-lain.

Sampai tahapan ini mind mapping sudah selesai dibuat dan kamu siap melangkah ke step selanjutnya.

2. Memorizing (Hafalkan!)

Setelah mind mapping selesai kamu buat yang harus kamu lakukan adalah menghafal kan nya. Dengan menggunakan mind mapping proses menghafal ini akan lebih mudah kamu lakukan karena kamu tidak perlu menghafal kan keseluruhan materi dalam bentuk teks yang sangat panjang tetapi kamu hanya perlu mengingat bagian-bagian dari topik yang akan kamu bahas. Misalkan berdasarkan contoh sebelumnya dengan mengingat salah satu bagian dari topik FOOD yaitu BOILED misalnya, kamu bisa langsung memberikan materi seputar penjelasan tentang cara memasak dengan merebus kemudian memberikan contoh mengenai jenis makanan yang cara memasaknya adalah direbus tanpa harus membuat teks panjang yang malah membuat proses menghafal menjadi lebih sulit dilakukan.

3. Practicing (Praktikkan!)

Selanjutnya, setelah proses menghafal mu sudah cukup baik kamu harus mem praktik kan nya guys untuk semakin menghasilkan penampilan yang bagus. Karena dengan praktek akan membuahkan hasil yang sempurna. Jadi, kamu harus melakukan praktik sebagai latihan dimanapun dan kapan pun sebelum kamu benar-benar melakukan speech di hadapan orang banyak.

Kamu bisa juga langsung mendengarkan penjelasan seputar cara melakukan persiapan speech dengan menggunakan mind mapping dari Miss Iva yang disampaikan melalui video di bawah ini:

 

Nah itu tadi guys pembahasan mengenai “How to Remember a Speech by Using Mind Mapping” yang bisa langsung kamu gunakan untuk persiapan speech mu. Dengan menggunakan step-step tersebut dijamin deh penampilan mu bakal maksimal banget dan bakalan dapet nilai plus dari audience dan juga juri-juri yang ada.

Sekian dulu ya guys belajar kita kali ini, semoga materi ini bermanfaat bagi kamu semua. Oh iya, kamu juga bisa belajar materi lainnya di The Component of Speaking. See you in another material guys ^^.

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *