Cardinal dan Ordinal Number
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cardinal Number Vs Ordinal Number

penggunaan cadinal dan ordinal number

Hi guys, sudah sampai mana belajar bahasa inggrisnya?? Dalam artikel kali ini akan membahas tentang ( number ). Mungkin sekilas akan terlihat sangat sepele ya guys, tapi jika kita tidak mengetahui cara dalam penggunaannya, itu akan fatal. Karena dalam Bahasa Inggris ada beberapa pembahasan tentang number, diantaranya cardinal number, ordinal number, multiplicative number dan fraction number. Yang pertama kita akan membahas tentang cardinal number dan ordinal number. Apa sih cardinal number dan ordinal number itu? yuk kita bahas satu persatu.

1. Cardinal Number

Cardinal Number adalah bilangan masa. Yang biasa kita gunakan untuk menyebutkan jumlah. Contohnya, one, two, three…. 100. Contoh dalam kalimat, I have 3 apples(saya mempunyai tiga apel).

2. Ordinal Number

Ordinal Number adalah bilangan tingkatan. Ada beberapa aturan dalam menggunakan bilangan ordinal. Ketika angka satu sampai tiga, akhirannya berbeda-beda. Jadi perlu diperhatikan perubahan dari cardinal ke ordinal. jika angka 1, 2 dan 3 sudah jelas ya perubahannya. Bisa kita lihat contoh dibawah ini.

  1. (one = satu )                               menjadi 1st (first = yang pertama/ yang ke satu)
  2. (two = dua)                                 menjadi 2nd (second = yang kedua)
  3. (three = tiga)                              menjadi 3rd (third     = yang ketiga)
  4. ( four = empat)                           menjadi 4th (fourth    = yang keempat)                              
  5. (five = lima)                                menjadi 5th (fifth        = yang kelima)
  6. (six = enam)                                menjadi 6th (sixth       = yang keenam)
  7. (seven = tujuh)                           menjadi 7th( seventh = yang ke tujuh
  8. (eight = delapan)                        menjadi 8th (eighth    = yang ke delapan
  9. (nine = sembilan)                       menjadi 9th (ninth     = yang ke sembilan)
  10. (ten = sepuluh)                            menjadi 10th (tenth    =yang ke sepuluh)

Dan perlu diperhatikan lagi perubahan hurufnya di angka lima. Jika kita ingin mengatakan yang ke 5, yang benar adalah the fifth bukan the fiveth, jadi huruf e ini dihilangkan. Contohnya lagi jika kita mau mengatakan yang ke 9. Yang benar adalah the ninth bukan the ninenth. Cukup jelaskan teman-teman??

(Rekomendasi materi lainnya: 20 Idioms About Number).

Bagaimana kalau sekarang masuk puluhan dan ingin mengubah dari cardinal ke ordinal?? Apakah tinggal dirubah semua angkanya menjadi ordinal???, seperti angka-angka ordinal pada umumnya??. Eitzz…. Tunggu dulu. Jika sudah memasuki puluhan, ratusan atau pun jutaan dan kita ingin merubah angka dari cardinal ke ordinal, maka yang dirubah hanya bilangan terakhirnya saja. Bukan setiap bilangan di ordinalkan.

Contoh 1         : dalam bilangan cardinal 128 ( one hundred and twenty eight ) 

tapi jika mau di ordinalkan atau kita ingin mengatakan yang ke seratus dua puluh delapan 128th (one hundred and twenty eighth) bukan (one hundreth twentieth eighth) kenapa yang kedua itu salah?? Karena setiap bilangan di ordinalkan.

Contoh 2         : perlu diperhatikan ya temen-temen antara bilangan dan angka itu berbeda. Misalnya 102 (bilangan terakhir 2) dan 112 (bilangan terakhir 12 bukan 2). Jadi yang di ordinalkan itu adalah bilangan akhirnya bukan angka terakhirnya, jika angka-angka itu sudah memasuki belasan, puluhan, ratusan, ribuan bahkan jutaan. Yang ke 112th disini simbolnya th bukan nd. Kenapa begitu? karena jika diatas angka 3 tinggal dikasih tambahan th (one hundred and twelfth). Bagaimana dengan 102?? Bilangan terakhir dari 102 adalah 2. Maka simbolnya adalah nd bukan th. Maka jika di ordinalkan menjadi 102nd, tinggal diberi tambahan nd (one hundred and second)

So, ordinal number itu bisa digunakan untuk menyebutkan tingkatan usia, kelas atau bangunan. I am in the second floor (saya di lantai ke dua). We are the seventh children ( kami adalah anak ke 7). This is my twelfth anniversary (ini perayaanku yang ke 12)

Nah cukup jelaskan temen-temen penggunaan cardinal number and ordinal number?? Jadi mulai sekarang jangan sampai salah lagi ya dalam menggunakannya. Selamat belajar ^^.

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *