fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

8 Jurus Ampuh Belajar Bahasa Inggris Ala Milenial 4.86/5 (7)

Jadi milenial itu harus gaul! Kalau kamu ingin menjadi milenial yang gaul dan benar-benar “kids zaman now”, kamu harus belajar Bahasa Inggris. Ya, harus!

Saat ini, tidak ada yang bisa mengelak pengaruh bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh sendi kehidupan membutuhkan Bahasa Inggris. Mau ketemu sama Taylor Swift misalnya, harus bisa ngomong pakai bahasa Inggris kan?

Kursus Bahasa Inggris

Tenang, belajar bahasa Inggris itu nggak sulit kok, serius. Kamu bahkan bisa melakukannya sambil main-main. Lalu apa saja jurus ampuh belajar bahasa Inggris yang paling cocok untuk milenial? Ini dia daftarnya.

Menonton Film Barat Tanpa Subtitle

1. Menonton Film Barat Tanpa Subtitle

Ini merupakan cara terampuh pertama yang bisa kamu terapkan untuk belajar Bahasa Inggris. Dengan menonton film Barat tanpa subtitle, kamu akan mengasah kemampuan Listening-mu. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari cara berbicara bahasa Inggris sesuai aksen native, entah itu British atau American.

Misalnya nih, kamu nonton film Sherlock Holmes-nya Robert Downey Jr. Dari film tersebut kamu bisa belajar aksen British.  Mau belajar American English? Tinggal cari film-film yang diproduksi Hollywood, gampang kan?

Menonton Drama Sambil Belajar Bahasa Inggris

2. Menonton Drama Korea/Anime Pakai Subtitle Bahasa Inggris

Kpopers? Pecinta anime? Mentang-mentang cinta mati pada kebudayaan dua negara tersebut, jangan mengesampingkan bahasa Inggris dong. Pertama-tama kamu harus terlebih dulu menguasai bahasa Inggris.

Lalu bagaimana caranya fokus mempelajari bahasa Inggris tanpa mengorbankan waktu untuk nonton drama korea/anime? Tontonlah yang menggunakan subtitle bahasa Inggris. Bukan hanya akan menambah kosakata, menonton sinema dengan subtitle bahasa Inggris akan membuatmu lebih mudah memahami grammar!

Pengen Konsutasi PR ?

3. Rajin Baca Novel Bahasa Inggris

Hobi ini cocok untuk kamu yang suka baca novel. Daripada mengorbankan hobi membaca novel untuk belajar bahasa Inggris intensif, lebih baik baca novel berbahasa Inggris langsung. Ada banyak kok novel-novel bahasa Inggris yang sekarang bertebaran di toko buku. Kalau mau gratis, banyak juga situs open-source yang menyediakan novel berbahasa Inggris.

Membaca novel berbahasa Inggris bisa memperkaya pembendaharaan kosakatamu. Sambil membaca novel, kamu bisa menyiapkan note dan pulpen untuk mencatat kosakata-kosakata yang tidak kamu pahami. Setelah luang nanti, kamu bisa mengambil kamus dan mencari artinya. Serius, cara ini ampuh!

4. Mendengarkan Lagu-Lagu Barat

Bukan milenial namanya kalau nggak suka lagu-lagu berbahasa asing, salah satunya adalah lagu bahasa Inggris. Sama seperti menonton film, mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris bisa membantumu meningkatkan kemampuan Listening. Apalagi kalau lagu yang kamu dengarkan adalah lagu favoritmu.

Sambil menghafalkan lagu-lagu favoritmu itu, kamu bisa mendapat kosakata-kosakata baru. Saat kamu berulangkali menyanyikannya, maka secara tidak sadar kamu sudah belajar melafalkan kosakata yang kamu dapat.

Bermain Game Sambil Belajar Bahasa Inggris

5. Bermain Game Berbahasa Inggris

Sepertinya tidak salah kalau ada yang bilang gamers cenderung cerdas berbahasa Inggris. Apalagi gamers tingkat dunia yang sering quest sama gamers-gamers lain di luar negeri.

Meski banyak orang bilang bermain game dapat mengurangi kecerdasan, anggapan itu tidak sepenuhnya benar, lho. Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh riset, bahwa bermain game malah mampu meningkatkan kemampuan strategi seseorang. Apalagi kalau mainnya pakai bahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggrisnya pasti meningkat.

Tahu kompetisi PUBG di Praha kemarin? Gamers Indonesia menjadi satu-satunya yang tidak ditemani oleh translator Bahasa lho.

6. Menggunakan Kosa Kata Bahasa Inggris di Kehidupan Sehari-hari

So, kamu ilfeel dengan kids yang suka mencampuradukkan kata-kata bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris? Stop it right now, dude. Karena sebenarnya menggunakan kosakata bahasa Inggris meski tidak sempurna, bisa memperlancar kemampuan berbahasa seseorang. Hal ini juga akan lebih memudahkan kamu untuk mengingat kosakata bahasa Inggris yang telah kamu ketahui.

Kesimpulannya, nggak usah malu menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, meski pun itu hanya 1 – 2 kata saja. Terus perkaya kosakatamu sampai kamu bisa bicara bahasa Inggris sepenuhnya.

7. Mencari Teman Dari Negara Lain Via Medsos

Kecanggihan dunia saat ini telah menyingkirkan batasan-batasan yang dimiliki tiap negara. Berkat adanya medsos, kamu bisa menghubungi siapa saja dari belahan dunia mana saja. Semakin luas jaringan pertemananmu, maka namamu akan semakin dikenal dunia.

Tapi, syarat utama memperluas jaringan pertemanan ke seluruh dunia adalah dengan bahasa Inggris. Setelah belajar bahasa Inggris sedikit-sedikit, jangan takut berkomunikasi dengan pengguna medsos lain dari luar negeri. Selama menjalin hubungan, kamu bisa sambil memperkuat kemampuan Speaking dan Writing-mu.

Mengikuti English Camp di Kampung Inggris Pare

8. Mengikuti English Camp di Kampung Inggris Pare

Kalau kamu orang Indonesia, kamu pasti pernah mendengar yang namanya Kampung Inggris Pare. Selama liburan sekolah, kamu bisa menghabiskan waktu dengan bertamasya ke tempat belajar bahasa Inggris paling terkenal ini. Begitu kamu mendaftar ke Kampung Inggris Pare, kamu bisa bertemu dengan rekan-rekan belajar yang kece dari seluruh Indonesia.

Banyak bukan cara ampuh belajar bahasa Inggris yang fun dan cocok untukmu? Silakan pilih cara mana saja yang paling kamu sukai, yang penting kamu tetap bisa bahasa Inggris tanpa mengabaikan waktu bersenang-senangmu!

Kalau kamu tertarik mengikuti training intensif dari Kampung Inggris LC, kamu bisa menghubungi nomor-nomor admin di situs ini.

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?