web analytics
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

TOEFL SKILL 8: Use Other Adverb Connectors Correctly 5/5 (4)

toefl skill 8

TOEFL skill 8 masih berkaitan erat dengan materi di TOEFL skill 7. Bila di skill 7, pembahasannya berupa adverb time dan clause connector. Maka di skill 8, pembahasannya lebih spesifik yaitu memakai contoh – contoh adverb connector dengan benar. Kalian harus paham tentang kata penghubung keterangan yang lainnya agar bisa menentukan benar dan salahnya suatu kalimat.

Daftar Kata Hubung (Adverb Connectors)

Inilah beberapa daftar kata hubung keterangan yang bisa kalian pelajari di dalam materi TOEFL skill 8 ini. Ada cukup banyak kata penghubung yang pastinya akan membuat kalian berpikir lebih keras.

Condition (pengandaian) Contrast (berlawanan) Manner (cara) Place
If (jika )

In case (jika )

Provided (jika)

Providing (jika)

Unless (kecuali jika)

Whether

Although (walaupun)

Even though (walaupun)

Though (walaupun)

While (walaupun/tapi/sedangkan)

Whereas (=while)

As

In that

Where

Wherever (dimanapun)

Kalian bisa menerapkan beberapa adverb connector lainnya di dalam beberapa kalimat. Inilah beberapa contoh kalimatnya.

Contoh Kalimat

  1. Diana went to school even though she felt sick
  2. Even though Diana felt sick, she went to school.

Kalian bisa memperhatikan kalimat diatas. Walaupun klausanya dibolak balik tetapi artinya tetap sama. Kalian bisa melihat pemakaian tanda baca koma saat adverb connector diletakkan di awal kalimat. Kalian juga bisa memperhatikan subjek yang dibold dan kata kerja yang dicetak miring di setiap klausa. Keduanya bisa saling menggantikan. Adverb connector yang di awal kalimat selalu memakai tanda koma. Hal ini berbeda untuk kata While dan Whereas yang mana selalu memakai tanda koma.

Contoh Kalimat dengan While dan Whereas

  1. The Ronaldo family arrived at 1.00, while the Swift family arrived an hour later.
  2. Neni is rich, while Duckie is poor.
  3. Whereas Tiny is poor, Keyla is rich.
  4. The Carter family arrived at the party earlier, whereas the Jones family arrived  at the party later.

Contoh Kalimat Adverb Connectors

Inilah beberapa contoh kalimat yang menggambarkan pola kalimat dengan memakai adverb connector yang bisa dijadikan dalam materi di soal – soal tes TOEFL.

  1. You will get a high score on the exam provided ……

a. Study

b. Studying

c. To study

d. You study

Di dalam kalimat diatas, kalian harus mengidentifikasi adverb connectornya yaitu kata provided. Kata ini berada di tengah – tengah kalimat. Maka, kalian memerlukan satu klausa lainnya. Kalian harus mengingat – ingat bahwa klausa adalah kumpulan kalimat yang memiliki kombinasi subjek dan verb. Maka pilihan jawaban yang tepat adalah D yaitu You study. Hal ini dikarenakan jawaban ini memiliki subjek dan verb. Sementara itu, jawaban lainnya tidak memiliki subjek.

  1. I will leave at 6.00 if I ….

a. Ready

b. Am ready

c. Was ready

d. Have been ready

Kalimat di atas memakai adverb connector if yang mana klausa sebelum if memakai kalimat future tense. Kalian harus menyesuaikan klausa sebelum if yang mana klausa setelah if harus memiliki subjek dan verb yang memakai verb 1. Di semua jawaban yang ada, jawaban B yang memakai verb 1 yaitu Am ready. Sedangkan jawaban A tidak memiliki to be yang dipakai untuk melengkapi kata ready. Jawaban C dan D kurang tepat jika dilihat dari sisi meaning dan rumusnya.

  1. Although I was late, I …. to catch the train.

a. Managed

b. Was managed

c. Manage

d. Have Managed

Kalimat ini memakai rumus past tense yang mana antara dua klausa harus saling melengkapi dan seimbang yaitu memakai kalimat past tense. Setelah kata penghubung although klausa tersebut memakai kalimat past tense yaitu I was late, sementara itu klausa selanjutnya juga wajib memakai past tense. Maka jawaban yang tepat adalah A yaitu managed. Jawaban B kurang tepat karena menjadi kalimat pasif. Sedangkan C kurang tepat karena merupakan Verb 1. Jawaban D juga kurang tepat karena Have +V3.

  1. Providing the employees are postmarked by this Wednesday, your application …. still acceptable.

a. Was

b. Is

c. Are

d. Is being

Kalimat diatas memiliki adverb connector berupa providing yang artinya sama seperti if yaitu Jika. Kalian bisa melihat bentuk klausanya apakah memakai future atau present tenses. Kalimat di atas memakai present tense yang berarti, klausa setelah tanda koma juga harus memiliki format present tenses. Jawaban yang tepat adalah B yaitu Is. Jawaban D salah karena artinya tidak pas untuk melengkapi klausa diatas.

Pembahasan lebih lengkap bisa juga nih kamu simak melalui video TEATU dari Mr Wira berikut ini:

Dari penjelasan mengenai adverb connector di TOEFL skill 8 diatas sudah semakin siap kan untuk mengerjakan soal – soal TOEFL? Semoga bermanfaat LC’ers !!!

Incoming Search :

  • skill 8

Nilai Kualitas Konten

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *