web analytics
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

TOEFL Skill 5: Perhatikan Fungsi dan Pemakaian Past Participle 5/5 (1)

TOEFL SKILL 5

Memasuki TOEFL Skill 5, kalian akan menjumpai materi yang berkaitan dengan past participle. Apa itu past participle? Mengikuti namanya, bentuk participle ini menambahkan akhiran atau suffix –ed, -d, -n, -t, dan –en baik terhadap regular verb dalam format bare infinitive maupun verb dasar.

Past participle juga kerap mengalami perubahan bentuk. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan kata kerja tak beraturan (irregular verb) sebagai verb utama. Selain itu, past participle kerap disebut juga sebagai kata kerja ketiga atau verb 3. Kalian bisa menyimaknya pada daftar perubahan kata kerja tak beraturan kalau ingin melihat beberapa contohnya.

Fungsi dan contoh pemakaian past participle

Seperti bentuk participle lainnya, past participle mempunyai dua fungsi dalam penerapannya, yakni part of a verb (bagian dari kata kerja) serta adjective (kata sifat). Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak daftar berikut ini!

1. Past participle sebagai part of a verb

Past participle sebagai part of a verb akan bekerja saat ditemani have, had, has, dan be (am, is, are, was, were).

Contoh:

The students have left the school earlier. (left berfungsi sebagai part of a verb)

My first class was taught by Mr. Robert. (thought berfungsi sebagai part of a verb)

Analisis:

Pada kalimat kesatu, kamu dapat melihat left disebut sebagai bagian dari kata kerja karena dilengkapi have, sedangkan pada kalimat kedua taught menjadi bagian kata kerja karena ada were (bagian dari be).

2. Past participle sebagai adjective

Past participle sebagai adjective, berbeda dari part of a verb, baru terjadi saat tidak dilengkapi have, has, had, maupun be (am, is, are, da were).

Contoh:

The gift left in the locker was for my parents. (left berfungsi sebagai adjective)

The art workshop hold by her mother was very impressive. (hold berfungsi sebagai adjective).

Analisis:

Pada kalimat kesatu, kamu bisa melihat left diposisikan sebagai kata sifat karena tak ada have/has/be yang mendampinginya dan the gift berperan sebagaisubject dengan was sebagai verb. Sementara pada kalimat kedua, hold juga tak ditemani has/have/be dan menyertakan the art workshop sebagai subject denganwere sebagai verb.

Perbedaan yang sangat tipis ini tak jarang membuat peserta TOEFL kebingungan. Nah, berikut ini ada satu contoh soal pada TOEFL Skill 5 yang sebaiknya kamu pelajari baik-baik agar tidak salah menjawab.

The egg ___ cooked this morning with smoked morning smelled good.

  1. has
  2. was
  3. it
  4. just

Analisis:

Dalam hal ini, cooked tidak berfungsi sebagai part of a verb, melainkan adjective. Kata yang berperan sebagai verb di atas adalah smelled, sedangkan the eggadalah subject. Bagaimana? Kalian sudah bisa menebak jawaban yang cocok? Opsi dan kurang tepat mengingat cooked selaku adjective tidak membutuhkanverb. Begitu pula opsi karena kalimat di atas sudah mempunyai subject. Jadi, opsi adalah jawaban yang dapat melengkapi kalimat tersebut.

Latihan past participle untuk TOEFL

Supaya pemahamanmu terhadap past participle semakin maksimal, mari asah kemampuan analisismu dengan latihan soal di bawah ini!

  • The coffee is brewed in this café is good.

Analisis

Semestinya, is brewed ditulis brewed saja karena fungsinya sebagai adjective. Kamu juga bisa melihat the coffee berperan sebagai subject, sementara is sebagaiverb. Nah, kalau dikoreksi, kalimat yang tepat adalah the coffee brewed in this café is good.

  • Her unexpected memoir published a few days before Christmas.

Analisis:

Kalimat di atas adalah salah satu kalimat yang menunjukkan fungsi past participle sebagai adjective yang tepat. Kamu bisa menilainya dari penempatan [her] memoir sebagai subject dan published sebagai verb. Sementara unexpected berfungsi sebagai kata sifat.

  • The foods and beverages are listed in the menu are prepared by the best chefs.

Analisis:

Seperti kalimtat ke satu, masalah yang terdapat pada kalimat ini terdapat pada are listed yang bisa kamu tulis listed saja, karena perannya adalah adjective alih-alih part of a verbSubject pada kalimat ini adalah the best chefs dan prepared sebagai verb.

  • My sister finally found her lost teddy bear.

Analisis:

Sudah bisa menebak fungsi dari setiap kata di atas? Ya, lost pada kalimat ini ditempatkan sebagai kata sifat atau adjective. My sister diposisikan sebagai subjectdan found berperan selaku verb.

Penjelasan lebih dalam bisa kamu simak melalui video TEATU Mr Wira di bawah ini ya LC’ers.

Demikian pengertian, fungsi, dan contoh penerapan past participle dalam TOEFL. Tingkatkan level soal pada latihan kalian supaya nanti tidak kesulitan saat menghadapi tes yang sesungguhnya.

Semoga informasi seputar TOEFL Skill 5 ini bermanfaat buatmu ya LC’ers! Selamat belajar !!!

Mau tau TOEFL Skill 4? Baca langsung DI SINI.

Kampung Inggris Search :

  • skill 5

Nilai Kualitas Konten

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *