web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

TOEFL Skill 2: OBJECTS OF PREPOSITION 4.89/5 (9)

TOEFL Skill

Selain subjek dan verb (TOEFL SKILL 1, selengkapnya baca DI SINI), toefl skill juga memuat objects of preposition. Ini menjadi toefl skill 2 yang harus dipelajari dan dipahami dalam bahasa Inggris. Inilah beberapa penjelasan mengenai aspek di dalam Toefl yang harus kalian pahami.

Penjelasan Objects of Preposition

Objek preposisi ini adalah sebuah kata benda ataupun pronoun yang letaknya setelah kata depan (preposition) seperti at, to, by, in, of to, behind, and on yang berfungsi untuk membentuk frasa preposisi dalam suatu kalimat bahasa Inggris.

Contoh Kalimat

  • The trip to the beachon Monday will last for four hours.

Kalimat diatas ternyata berisi tiga buah object of preposition. The beach sebagai object of preposition dari to. Sedangkan Monday sebagai object of preposition dari on dan four hours sebagai object of preposition dari for. Saat di sesi TOEFL test, terkadang object of preposition bisa sangat membingungkan karena banyak yang mengira bahwa aspek ini adalah subjek dalam suatu kalimat bahasa Inggris itu sendiri.
Contoh Kalimat

1. To Dea …… was a big surprise.

a. Funny

b. Really

c. When

d. The Party

Analisis

Di kalimat di atas, kalian harus memahami bahwa Dia (kata benda) bukanlah sebuah subjek tetapi merupakan object of prepositon dari prepositi To. Sedangkan subjek kalimat itu tidak ada dan Verbnya adalah was. Oleh karena itu, kalimat itu memerlukan sebuah Subject. Dari beberapa opsi diatas, yang merupakan subjek adalah D The Party. Sedangkan A, B, dan C adalah salah karena bukan sebagai Subjek.

Kalian harus ingat bahwa sebuah preposition diikuti oleh kata benda atau pronoun yang kemudian disebut sebagai object of preposition. Bila sebuah kata adalah objek of preposisi, maka kata itu bukanlah sebuah Subjek. Inilah yang harus dipahami di toefl skill 2.

Contoh Kalimat

  1. The name of the girl in the class is Jeanna

Analisis

The class bukanlah sebuah subjek tetapi sebagai object of preposition dari kata in

Sedangkan subjeknya adalah Name of the girl dan Verbnya adalah Is

  1. By the next meeting of the English class need to turn in the essay

Analisis

Kata the English class bukan merupakan sebuah subjek tetapi sebagai object of preposition dari Of. Sementara itu, kalimat diatas tidak mempunyai subjek tetapi memiliki verb yaitu need to turn. Kalimat yang benar dari kalimat diatas adalah by the next meeting of the English class we need to turn in the essay.

  1. The instructions to the practice on the page 16 clear

Kalimat diatas mempunyai subjek yaitu The instructions. Page 16 bukanlah sebuah subjek tetapi sebagai object of preposition dari kata on. Sementara itu, kalimat diatas tidak mempunyai kata kerja. Kalimat yang benar adalah The instructions to the practice on the page 16 are clear.

  1. Due to the hard rain throughout the day, the walkways are so muddy

Kalimat diatas memiliki subjek yaitu the walkways dan verbnya adalah Are. Jadi kalimat di atas sudah benar. The hard rain adalah object of preposition.

Sangat penting untuk diingat bahwa saat kalian melihat preposisi adalah noun, pronoun, gerund, atau noun clause yang muncul setelah preposisi berfungsi sebagai object of preposition bukan menjadi sebuah subjek dari kalimat. Sedangkan object of preposition tidak membuat kebingungan saat kalian mengerjakan soal – soal TOEFL. Bentuk soal yang muncul biasanya akan mengecoh kalian saat mengenali subjek kalimat yang sebenarnya.

Contoh Kalimat

  • After his wedding, Jono will travel to all over the world

Di kalimat di atas, subjek kalimat adalah Jono bukan his wedding. Kalimat itu juga memiliki dua object of preposition yaitu after his wedding dan all over the world.

Kalian harus selalu ingat bahwa kata benda, pronoun, gerund, dan noun clause yang muncul setelah preposisi berfungsi sebagai object of preposition tidak sebagai subjek suatu kalimat. Kalian harus paham ini agar tidak terjebak di dalam soal – soal tes Toefl yang membingungkan.

Contoh Kalimat

  1. Last week, Nana and I went to the moviewith Nana’s boyfriend
  2. At my school, the students who get the low score in the examwill be trained to pass the next exam.
  3. Anjasmara and Jihan Fahira is husband and wife in the real life.

Kata – kata yang dibold adalah contoh objects of preposition. Kalian juga jangan lupa konsep sebelumnya bahwa kalimat haruslah ada subjek dan verb terlebih dulu. Setelah itu, kalian menganalisis object of prepositionnya.

Simak juga penjelasan Mr Wira melalui video dibawah ini yuk untuk semakin membuat kamu paham mengenai TOEFL Skill 2 ini:

Semoga penjelasan tentang TOEFL Skill 2: Objects of Preposition ini bermanfaat untuk peningkatan kemampuan skill TOEFL kamu semua ya LC’ers. Jangan lupa juga untuk terus melakukan praktik dan praktik !!! Semangat !!!

Kampung Inggris Search :

    SKILL 2 OBJECTS OF PREPOSITIONS EJERCICIOS, toefl skill 2, object of preposition, penjelasan object of preposition, Apa yang dimaksud object of prepositions, BE CAREFUL OF OBJECTS OF PREPOSITIONS, contoh kalimat preposition dan penjelasannya, pengertian objek dan preposisi, objek dan preposisi, objects of prepositions toefl, objects of prepositions, Object of preposition toefl, object of preposition adalah, yang termasuk object of preposition, object di preposition, contoh kalimat object of preposition, materi object of prepositions, kata yang termasuk object of preposition, jelaskan maksudnya object of preposition, contoh pro noun- objek of preposisional dan arriny

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini