close
program desember ceria

Tips Mahir Bahasa Inggris untuk Pemula

3 min read

mahir bahasa inggris

Tips Mahir Bahasa Inggris untuk Pemula – Kemampuan dalam berbahasa inggris saat ini memang sangat dibutuhkan dalam sehari – hari, selain ini merupakan bahasa internasional kelebihan lain jika kamu bisa bahasa yang satu ini tentunya tidak akan khawatir jika bepergian ke luar negeri karena di negara lain pun bahasa tersebut bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi. 

Namun di sisi lain untuk belajar bahasa tersebut tidak mudah karena banyak sekali kosa kata serta jika berbeda pengucapan pun maka artinya bisa berbeda, maka dari itu untuk mahir tentunya tidak akan mudah.

Kursus Bahasa Inggris

mahir bahasa inggris

Selain itu kini hampir semua hal menggunakan bahasa inggris contohnya seperti produk dan lain sebagainya tentunya kita mesti belajar. Walaupun saat ini bisa kita pelajari di sekolah namun pastinya beberapa orang ada yang bisa dan sebaliknya. Hal tersebut tentunya ada beberapa faktor bisa saja ada pelajaran yang terlewatkan dan lain sebagainya sehingga sulit menguaasinya.

Namun perlu kamu ketahui bahwa untuk bisa mahir bahasa inggris kita bisa belajar dari mana saja misalkan dari lagu lebih efektif untuk menghafal pengucapan dan huruf atau bermain game dan lain sebagainya. Akan tetapi hal tersebut tidak cukup, oleh karena itu kamu pun bisa mencari referensi ataupun tempat belajar bahasa tersebut yang kini bisa kamu temukan baik secara offline maupun online.

Nah bagi kamu yang penasaran dengan tips supaya bisa mahir dengan bahasa yang satu ini, berikut adalah ulasannya.

Mulailah Dari Materi Yang Paling Mudah

Jika kamu termasuk kedalam usia yang cukup dewasa pastinya akan bertanya – tanya kenapa awal – awalan kamu hanya mendapatkan materi seperti anak sekolah dasar dari mulai kosa kata, alphabet ataupun cerita anak yang pastinya bukan level kamu. Namun tentunya hal tersebut jangan kamu remehkan karena apabila kamu ingin mahir bahasa inggris, kamu tentunya harus menerima hal itu karena memang mulai dari level beginner

Hal tersebut memang sering kali membuat seorang pelajar menjadi gagal karena gengsi dan malu karena memulainya pada tahap pemula sehingga kamu paastinya malu belajar dari cerita ataupun alphabet. Sebagai tips kamu bisa memulainya dengan sesekali membeli buku import di toko buku seperti buku primary school. Umumnya dimulai dari level yang cukup tinggi, hal itu mungkin karena standar di luar negeri contohnya seperti di Singapura memang lebih tinggi dari pada negara kita.

Oleh karena itu alangkah baiknya kamu mulai dari materi yang paling dasar dahulu seperti simple present tense dan seharusnya materi sekolah dasar tidak akan menjadi masalah dari mulai mengenal alphabet akan sangat membantu kamu dalam berbicara. Karena dengan kosakata dari membaca maupun mendengar cerita akan membuat pengetahuankamu serta keterampilan menjadi meningkat dengan pesat.

Jangan Terburu – Buru Menghapal Kosakata, Nah Ini Alasannya

Pengen Konsutasi PR ?

Mungkin kebanyakan dari kalian ingin tahu cara cepat untuk mahir bahasa inggris dengan cara menghapalkan beberapa bahkan banyak kosakata setiap harinya. Bagi kalian apakah hal tersebut sangat efektif atau sebalaliknya. Namun perlu kamu ketahui bahwa saat belajar bahasa asing yang mesti dilakukan bukanlah menghapal kosakata. 

Sebagai pertanyaan diperlukan atau tidak menggunakan kosakata saat percakapan frase ataupu kalimat ?. bayangkan saja ketika kamu berdialog dengan orang asing, umumnya kita lebih memerlukan banyak kalimat, namun disisi lain juga perlu kosakata atau fase. Namun itu juga terkadang. Nah sebagai pemula kita harus mempelajarai kalimat sederhana seperti simple present tense.

Jika kamu memiliki tujuan untuk mahir dalam berkomunikasi kamu dapat menggunakan kosakata yang sudah kamu pelajari dan buat kalimat sederhana lalu kamu dapat berlatih mengucapkan kalimat tersebut berulang ulang. Jika kita sudh bisa materi dasar seperti perkenalan, salam dan angka serta karta sifat seperti beautiful,fat, handsome dan lain sebagainya. 

Selanjutnya kamu bisa pelajari tentang family seperti Father, mother, sister, brother, grandfather, grandmother, uncle, aunty. Selain itu supaya kamu lebih cepat dalam menguasai bahasa tersebut kamu fokus pada kosakata itu terlebih dahulu dan susun kalimat.

Sebagai contoh, i have one brother, my brother’s name is …. my brother is smart dan kalimat – kalimat lainnya. Apabila kamu dapat menggunakan kosakata yang lebih banyak hal tersebut tidak masalah namun jangan berlebiha nantinya kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa melihat teks.

Listening

Apakah kamu suka dengan film – film hollywood ? jika kamu memiliki hobi tersebut, hal itu bisa kamu manfaatkan supaya bisa dengan cepat mahir berbahasa inggris. Cara belajarnya pertama kamu bisa menonton film yang kamu suka dengan menggunakan subtittle supaya paham akan ceritanya. Nah setelah itu untuk yang kedua kamu tonton film tersebut tanpa subtittle dan pasang telinga kamu baik – baik serta pahami apa yang disampaikan dalam film tersebut atau tokoh dari film tersebut.

Namun jika kamu suka film Jepang atau Korea bagaimana memanfaatkannya. Jangan khawatir kamu tinggal mencari subtittlenya dalam bahasa inggris. Sebagai contoh kamu bisa pilih satu episode yang suka kamu tonton lalu cari subtittle ingrisnya dan tonton serta pahami. Selain itu jika kamu suka menonton video di Youtube kamu bisa cari serta dengarkan english video. Umumnya di Youtube jarang sekali pakai sub Indonesia oleh karena itu kamu bisa mempraktekan listening dari menonton video.

Terkhir adalah dengan mendengarkan musik selain meningkatkan mood, lagu sendiri merupakan cara yang paling efektif untuk mengasah keterampilan kita dalam mahir berbahasa inggris lebih cepat. Nah caranya kamu mesti memahami apa yang diucapkan oleh penyanyi yang kamu dengarkan. Selain itu kamu ulangi lagu tersebut beberapa kali dan tuliskan lirik lagunya serta cocokan liriknya di internet.

Belajar Gramar

Selain itu ada pelajaran yang penting dan terkadang poin yang satu ini selalu di hindari karena cukup memakan waktu. Akan tetapi hal ini sangat penting sekali karena seperti yang kita tahu bahwa tenses bahasa asing ini sangat banyak. Walaupun demikian terdapat banyak trik agar dapat mahir bahasa inggris seperti clause,pharase dan lain sebagainnya. Maka dari itu kamu bisa kuasai phrase alasannya terdapat banyak pembendaharaan pharase semakin tinggi.

Dengan cara – cara diatas tentunya bisa sedikit membantu kamu untuk bisa belajar dan mahir dalam berbahasa internasional ini. selain itu juga tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa inggris dan jangan malu juga belajar dari dasar walaupun kamu sudah dewasa.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat di sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mempelajari bahasa inggris. Perlu kamu ketahui, untuk mahir bahasa inggris, sekarang bisa kamu pelajari dari mana saja dan kapan saja. Namun alangkah lebih baiknya kamu bisa masuk les ataupun bergabung dengan english club yang saat ini banyak kamu temui baik itu di sekolah ataupun di luar sekolah.

Baca juga. Memahami Future Continuous Tense Dan Contoh Struktur Kalimatnya

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus

Gunakan Media Pembelajaran ini Untuk Membantu Anak Muda Belajar…

Seperti yang diketahui saat ini proses pembelajaran dituntut untuk mengakses berbagai media pembelajaran menggunakan teknologi termasuk media belajar bahasa Inggris anak muda. Siswa zaman...
Kreasi Ads
3 min read

Ketahui Perbedaan Prescriptive Grammar dan Descriptive Grammar

Ada 2 cara yang berbeda dan telah dijelaskan bahwa bahasa telah dipelajari dalam bermacam disiplin ilmu yang fokus terhadap penggunaan bahasa, dan prescriptive dan...
Kreasi Ads
3 min read

Sudahkah Kamu Tahu Apa itu Reduced Adverb Clause? Bagaimana…

Adverb Clause atau Kata Keterangan atau adverb di dalam bahasa Inggris pasti sudah banyak dipahami pada awal Anda belajar Bahasa Inggris. Kata keterangan merupakan...
Kreasi Ads
3 min read
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments