web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

TELLING TIME, TEATU Kampung Inggris LC 5/5 (1)

telling time TEATU

Telling Time – Berbicara mengenai waktu sudahkah kamu mengetahui bagaimana mengucapkan waktu dalam bahasa Inggris? Jika dalam bahasa Indonesia kita menyebutkan waktu yang menunjukan waktu 02.30 misalnya, kita bisa dengan mudah menyebutkan nya dengan jam 2 lebih 30 menit. Lalu bagaimana cara menyebutkan nya dalam bahasa Inggris atau telling time? Nah for your information penyebutan waktu atau jam dalam bahasa Inggris atau telling time dibagi menjadi dua cara guys yaitu menggunakan British Style dan American Style. Yuk mari kita bahas lebih lengkapnya bersama-sama, check this out ^^.

British Style

Ketika kita melakukan penyebutan menggunakan British Style ada beberapa aturan yang harus kita perhatikan dan ikuti sebagai berikut:

a half : digunakan sebagai kata ganti 30 menit

a quarter : digunakan sebagai kata ganti 15 menit

to : digunakan untuk menyebutkan waktu yang kurang dari (ketika jarum jam menunjukan angka 6-12)

past : digunakan untuk menyebutkan waktu yang lebih dari atau satuan menit yang sudah lewat (ketika jarum jam menunjukan angka 12-6)

Penyebutan jam di awali dari belakang yaitu menyebutkan menit terlebih dahulu baru kemudian di ikuti oleh penyebutan jam.

Contohnya sebagai berikut:

08.30 : a half past eight
Karena menit 30 posisi jarum jam berada di angka 6 yang berarti lebih dari maka kita gunakan a half

01.45 : a quarter to two
Karena menit 45 posisi jarum jam berada di angka 9 makan kita gunakan to yang di ikuti oleh angka jam selanjutnya yaitu 2, atau bisa kita sederhana kan artinya menjadi jam 2 kurang 15 menit.

American Style

Berbeda dengan British Style yang memiliki aturan dan tata cara yang harus kita ikuti, pengucapan dalam American Style jauh lebih simpel. Dalam American Style kita bisa menyebutkan waktu atau jam seperti biasa ketika kita menyebutkan nya dalam bahasa Indonesia. Kita bisa menyebutkan secara langsung dari depan yaitu menyebutkan waktu jam terlebih dahulu dan di ikuti oleh menit.

Contohnya sebagai berikut:

02.31 : two thirty one (jam 2 lebih 30 menit)
Jika waktu tersebut kita sebutkan dalam british style maka akan seperti ini

02.31: twenty nine to three (yang memiliki arti 29 menit menuju jam 3 atau jam 3 kurang 29 menit)

Sudah jelas kan perbedaan dari kedua syle ini? Kamu bebas guys mau memilih menyebutkan waktu dengan menggunakan style manapun, baik menggunakan british atapun american. Tetapi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu sebaiknya kamu menggunakan british style guys ketika belajar untuk lebih mengasah kemampuan yang kamu miliki.

Nah untuk lebih membuat kamu memahami materi TELLING TIME ini kamu langsung bisa mengikuti penjelasan secara visual yang disampaikan oleh Miss Iva Rizqia melalui video TEATU dibawah ini:

Sekian dulu ya guys pembahasan materi dari kami kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu semua ^^.

Materi lainnya bisa kamu baca di: WILL vs BE GOING TO.

Kampung Inggris Search :

    penjelasan tentang telling time, materi telling time, pengertian Telling time, pengertian telling the time, materi time, materi tentang time bahasa inggris, materi telling the time, perbedaan penggunaan to vs past in telling time, penjelasan telling time in American style, Pengertian Tellling Time, tentang time, kesimpulan tentang how to tell time in britis and american, mencari materi tentang telling time, materi time in english, materi time bahasa inggris, makalah bahasa inggris tentang telling time, materi tentng telling time, makalah tengtang telling the time, Materi tentang time american setayl, materi telling time by kampung Inggris pare

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini