web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Sering Disamakan, Inilah Perbedaan College vs University! 5/5 (1)

collage vs university

Pembahasan college vs university mungkin tak terlalu sering kamu dengar. Pasalnya di Indonesia kata college maupun university selalu mengarah pada satu arti yang sama, yakni universitas. Ada juga yang mengartikannya sebagai kampus.

Lain cerita saat kamu menempuh pendidikan di luar negeri, misalnya di Inggris dan Amerika Serikat. Di sana, college dan university merupakan dua institusi berbeda. Keduanya menyediakan program studi dengan rentang waktu yang tak bisa kamu samakan. Nah, kalau kamu berencana mau kuliah di negara lain, pahami dulu, yuk, perbedaan college vs university!

Pengertian college dan jenis-jenisnya

Dalam kosakata bahasa Inggris, college memiliki arti yang cukup banyak. Kadang kata tersebut digunakan untuk institusi yang mirip dengan universitas. Akan tetapi, college juga dapat diartikan sebagai sekolah yang menawarkan pelatihan jangka pendek yang fokus pada keterampilan yang bakal membantumu mengembangkan karier.

Kemudian, college dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

Career college

Di Indonesia, career college bisa disamakan dengan sekolah kejuruan atau sekolah teknik. Di sini, kamu bakal mempelajari berbagai pelatihan yang mempersiapkanmu masuk ke dunia kerja. Career college biasanya akan memberikan sertifikat, ijazah, atau gelar tertentu kepada para lulusan. Lantas lamanya pendidikan yang kamu tempuh di sini sekitar dua tahun untuk sarjana dan tiga atau empat tahun untuk master.

Dalam college vs university, beberapa career college kerap memperkenalkan diri sebagai universitas. Program-program yang ditawarkan pun beragam, dari bisnis, kesehatan, desain, kuliner, teknologi informasi, hingga aviasi.

Community college

Dikenal juga dengan sebutan junior college, community college umumnya menawarkan gelar tertentu walau beberapa di antaranya juga menyertakan sertifikat. Lamanya pendidikan yang bakal kamu lalui di sini pun sama dengan career college, yakni sekitar dua tahun. Community college punya cakupan lebih kecil ketimbang universtas, tetapi interaksi dengan fakultasnya lebih besar.

Kebanyakan community college dalam college vs university membuka pendaftaran untuk lulusan sekolah menengah atau GED dengan sertifikat. Di samping itu, kamu yang berhasil menyelesaikan program selama dua tahun pun berkesempatan ditransfer ke universitas untuk menuntaskan gelar sarjana.

Liberal arts college

Selanjutnya, ada liberal arts college, yakni institusi yang menawarkan pendidikan sarjana selama empat tahun. Dibandingkan jenis lainnya, liberal arts college memiliki jumlah program studi lebih sedikit. Cakupannya berada di lingkup sejarah, sastra, bahasa, matematika, dan sains. Selain itu, sebagian besar liberal arts college tak menghadirkan program profesional seperti teknik dan medis.

Beberapa liberal arts college berdiri sendiri, tetapi ada juga yang berafiliasi dengan universitas. Kuota yang mereka sediakan pun biasanya tak lebih dari 2.500 orang. Kamu yang tengah memperhitungkan college vs university dengan minat seni atau bahasa bisa mendaftar ke sini.

Pengertian university dan jenis-jenisnya

Kalau college tak selalu memberikan gelar, maka universitas menjadikannya sebagai salah satu pencapaian begitu kamu menuntaskan studi. Hal ini pula yang membedakan antara college dengan university. Bukan cuma itu, program studi hingga fasilitas yang disediakan institusi ini lebih beragam.

Namun, konsep university kadang membingungkan. Pasalnya, tak sedikit yang terdiri atas beberapa sekolah atau college. Sebagai contoh, Harvard College yang merupakan liberal arts college di bawah naungan Harvard University. Di sisi lain, universitas kenamaan tersebut membawahi sekitar sepuluh sekolah profesional dan jurusan juga.

Kasus lain dalam college vs university adalah Purdue University yang terdiri atas sepuluh sekolah dan college, termasuk College of Engineering dan College of Veterinary Medicine. Masing-masing college tersebut menawarkan baik gelar sarjana dan pasca-sarjana di bawah wewenang universitas.

Baca juga 15 Beasiswa S1 Luar Negeri Yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2020

Seperti college, university pun memiliki beberapa tipe, di antaranya:

Public university vs private university

Dua tipe universitas ini adalah yang paling sering kamu jumpai di Indonesia. Tak beda jauh, di luar negeri pun ada universitas negeri (public university) yang dibiayai pemerintah lokal atau negara bagian. Tuition atau iuran kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa in-state pun lebih terjangkau dibandingkan mereka yang merantau ke wilayah tersebut.

Sementara universitas swasta atau private university dalam college vs university tak menerima pembiayaan dari pemerintah. Mereka sepenuhnya bergantung pada iuran kuliah, sumbangan, atau donasi. Kamu yang kondisi finansialnya kurang stabil mungkin bakal merasa berat kuliah di private university mengingat biaya pendidikannya yang lebih tinggi.

Research university vs teaching university

Pernah mendengar jenis universitas ini? Di luar negeri, research university dan teaching university bukan hal yang asing serta jadi bahan pertimbangan calon mahasiswa sebelum mendaftar kuliah.

Universitas yang menekankan pada penelitian atau riset biasanya merupakan institusi besar. Sebagai contoh Arizona State University yang mempunyai lebih dari 68.000 mahasiswa. Program studi dan jurusan yang ditawarkan pun lebih bervariasi, baik untuk sarjana maupun pasca-sarjana. Disebut sebagai research university dalam college vs university karena mereka dilengkapi fasilitas lengkap dan dikelola staf terampil serta berpengalaman di bidangnya.

Bagaimana dengan teaching university? Alih-alih membimbing mahasiswa untuk melaksanakan penelitian, jenis institusi ini lebih memfokuskan kegiatannya dalam membenamkan pengetahuan. Para dosen yang mengajar di teaching university punya akses penuh terhadap perangkat mengajar dan biasanya memegang empat kelas per semester. Selain itu, fasilitas yang tersedia di univesitas ini tak sebanyak jenis research, tetapi kamu memiliki lebih banyak waktu buat diskusi dengan dosen.

Bagaimana menentukan jenis institusi terbaik buatmu?

Sudah memahami perbedaan college vs university? Untuk memantapkan pilihanu, simak tip berikut buat mendapatkan jenis institusi yang sesuai buatmu.

  • Pikirkan tujuan kariermu. Fakultas dan jurusan yang kamu pilih berdampak besar pada pekerjaan atau profesi yang kamu tekuni kelak. College cocok buat kamu yang berencana langsung kerja setelah sekolah. Sementara universitas disediakan untuk kamu yang butuh pendidikan spesifik dengan gelar;
  • Periksa catatan akademikmu. Nilai-nilai yang kamu dapatkan selama sekolah jelas bakal menentukan apakah kamu berpotensi diterima atau tidak. Dalam college vs university, nilai yang diminta bakal berbeda. Di sisi lain, kamu tak boleh mengabaikan pencapaian nilai akademik agar peluangmu masuk college atau universitas lebih besar;
  • Bagaimana gaya belajarmu? Apa kamu tipe yang tidak terlalu senang mendapat perhatian atau membutuhkan kelas kecil supaya fokus diskusi dengan dosen dan rekan mahasiswa? Gaya belajar akan membantumu mendapatkan jenis institusi yang sesuai. Akan tetapi, cara yang satu ini belum terlalu sering dipraktikan di Indonesia;
  • Besarnya biaya pendidikan yang dikeluarkan. Tak dipungkiri biaya kuliah bikin siapa saja sesak di awal. Kamu dapat mencoba peruntungan dengan daftar beasiswa kalau memiliki catatan akademik yang menjanjikan. Jika tidak, kamu bisa mengambil jeda satu atau dua tahun untuk mengumpulkan uang terlebih dulu.

Demikian informasi mengenai perbedaan college vs university dan jenis-jenisnya. Semoga dapat bermanfaat buatmu, ya!

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini