web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

15 Beasiswa S1 Luar Negeri Yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2020 4.75/5 (4)

Beasiswa S1 Luar Negeri

Morning, fellas!

Salah satu alasan banyak orang ke Kampung Inggris adalah ingin memenuhi syarat mendaftar beasiswa ke luar negeri. Kita semua tahu, sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC harus dimiliki setiap orang yang ingin kuliah di universitas-universitas ternama dunia. Bahkan bukan hanya sertifikat, skor bahasa Inggris yang dicapai juga harus tinggi.

Sekarang setelah selesai belajar bahasa di Kampung Inggris, kamu siap dong untuk go abroad? Nah, berikut ini LC punya info tentang 15 beasiswa S1 luar negeri yang bisa kamu ikuti.

ASEAN Undergraduate Scholarship

ASEAN Undergraduate Scholarship disediakan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang ingin berkuliah di National University of Singapore (NUS). Beasiswa S1 luar negeri ini dikhususkan untuk siswa-siswa yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Fasilitas dan tunjangan yang diberikan beasiswa ini benar-benar banyak, lho. Selain bisa kuliah di NUS gratis, setiap tahunnya kamu akan mendapat tunjangan sebesar 5800 dollar Singapura. Kamu juga akan mendapat tunjangan akomodasi tahunan dan tiket pesawat 1X PP dari Indonesia ke Singapura.

ASEAN Undergraduate Scholarship terbuka untuk siswa yang ingin masuk 19 jurusan di bidang Sains dan Teknik. Pendaftaran beasiswa ini dibuka mulai bulan Februari hingga April tiap tahunnya. Jadi pastikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah dilengkapi sebelum kelulusan SMA ya.

Informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini bisa dilihat di http://www.nus.edu.sg/oam/scholarships/

Fullbright Global Undergraduate Program

Beasiswa S1 luar negeri ini akan mengantarkan kamu untuk kuliah di Amerika, keren bukan? Bukan hanya itu, kamu juga akan diikutkan ke berbagai kegiatan sosial yang diadakan oleh dinas pendidikan dan budaya Amerika.

Tunjangan yang didapatkan para awardee UNGRAD benar-benar lengkap, mulai dari biaya kuliah gratis, tunjangan tempat tinggal, asuransi, hingga tunjangan bulanan. Selain itu, kamu juga akan mendapat tunjangan beli buku dan akomodasi penuh saat mengikuti kegiatan internasional Amerika.

Akan tetapi beda dengan beasiswa luar negeri lainnya, program UNGRAD Fullbright ini hanya member fasilitas kuliah non-degree. Selama di Amerika, para awardee akan diberi kuliah tentang hubungan internasional, kepemerintahan, gejala sosial, dan budaya.

Deadline untuk beasiswa ini adalah 31 Desember tiap tahunnya. Jika ingin mengetahui info lengkapnya, silakan klik ke: https://www.aminef.or.id/

YSEALI Academic Fellowship

YSEALI Academic Fellowship adalah program beasiswa yang diberikan pemerintah Amerika khusus untuk pemuda ASEAN. Sama seperti Fullbright UNGRAD, program yang ditawarkan di YSEALI Academic Fellowship ini adalah short course.

Meski demikian, ini kesempatanmu buat jalan-jalan ke luar negeri gratis, lho. Selama short course, kamu akan menerima tunjangan hidup, tempat tinggal, dan akomodasi tiket ke tempat yang dikunjungi selama program.

Selama short course di program fellowship ini, kamu akan belajar tentang isu-isu sosial, lingkungan, masyarakat, dan kewirausahaan. Sepulang program, kamu akan mendapat gelar sebagai bagian dari YSEALI dan bisa diundang di acara-acara berikutnya.

Setiap tahunnya, pendaftaran beasiswa YSEALI fellowship ditutup pada bulan Juni. Selengkapnya mengenai syarat dan  teknis lainnya bisa dilihat di https://id.usembassy.gov/education-culture/yseali/yseali-academic-fellows/

Taiwan ICDF Higher Scholarship

Ini merupakan salah satu beasiswa paling bergengsi yang pernah ditawarkan Taiwan. Dan untungnya program Taiwan ICDF Higher Scholarship ini juga dibuka untuk lulusan SMA yang ingin S1. Beasiswa ini tidak terbatas pada kamu yang dari jurusan Saintek saja, dari jurusan Soshum juga bisa.

Selain bebas biaya kuliah 100%, kamu akan mendapat akomodasi tempat tinggal, asuransi, tunjangan buku, dan tiket PP 2X Indonesia – Taiwan. Terkait dengan tunjangan hidup, untuk awardee S1 akan mendapat 12 ribu dollar Taiwan, atau setara dengan 5,4 juta rupiah per bulan.

Sebelum mendaftar beasiswa, kamu terlebih dulu harus mendapatkan LoA dari universitas Taiwan yang bekerjasama dengan program. Deadline pendaftaran program Taiwan ICDF Higher Scholarship ini adalah bulan Maret setiap tahunnya.

Jika ingin tahu lebih banyak informasinya, langsung saja visit ke situs resmi ICDF di http://www.icdf.org.tw/

Beasiswa Ancora Foundation Malaysia

Beasiswa S1 luar negeri dari Ancora Khazanah Foundation ini memberimu kesempatan kuliah gratis di 10 universitas ternama Malaysia.

Universitas-universitas tersebut adalah Universiti Multimedia, Universiti Tenaga Nasional, Universiti Sains Malaysia, Universiti Kebangsaan, UPM, Universiti Islam Antarbangsa, dan Universiti Malaya.

Berbagai tunjangan yang akan kamu dapat di antaranya biaya kuliah gratis, tunjangan tempat tinggal, tunjangan hidup, dan asuransi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pelatihan leadership dan kegiatan sosial selama program berjalan.

Batas pendaftaran beasiswa Ancora Foundation adalah bulan Desember tiap tahun. Selain seleksi administrasi, nantinya juga akan ada seleksi online bagi pendaftar. Untuk info selengkapnya bisa dicek di https://www.ancorafoundation.com/

Beasiswa Chulalongkorn Thailand

Beasiswa Chulalongkorn adalah beasiswa terelit yang ditawarkan pemerintah Thailand. Meski hanya berkisar di Asia Tenggara, beasiswa ini termasuk beasiswa yang persaingannya ketat. Sebab tiap tahunnya, beasiswa ini hanya diberikan kepada 4 orang pendaftar saja.

Selama mendapat beasiswa, awardee akan dilibatkan dalam riset mendalam tentang berbagai topik sains tingkat tinggi. Jadi bagi kamu yang merasa punya kemampuan saintifik di atas rata-rata, silakan gabung.

Tunjangan yang bisa kamu dapatkan dari beasiswa Chulalongkorn meliputi biaya kuliah, tunjangan hidup, tempat tinggal, dan asuransi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tunjangan buku dan tiket PP dari Indonesia ke Bangkok.

Deadline terakhir penerimaan berkas beasiswa ini adalah bulan Februari. Jika ingin menggali lebih banyak informasi tentang beasiswa Chulalongkorn, langsung saja klik ke http://www.ise.eng.chula.ac.th

Beasiswa KGSP Korea

Beasiswa ini sering jadi rebutan bagi lulusan SMA/SMK/MA di Indonesia, serius! Siapa coba yang tidak mau berkuliah gratis di negara seindah Korea Selatan? Akan tetapi dikarenakan banyaknya peminat, persaingan untuk menjadi awardee KGSP sangatlah ketat.

Selain persaingannya yang ketat, proses seleksinya juga panjang. Para pendaftar untuk program KGSP harus mengikuti seleksi di Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta.

Ada dua skema perkuliahan yang bisa kamu pilih saat mendaftar beasiswa KGSP, yaitu skema diploma dan sarjana. Untuk skema diploma, kamu akan mendapatkan beasiswa selama 2 tahun, sedangkan sarjana 4 tahun. Akan tetapi sebelum perkuliahan dimulai, selama setahun kamu harus mengikuti program belajar bahasa Korea.

Akan tetapi tunjangan yang diberikan beasiswa KGSP tidak main-main, lho. Selama 3 atau 5 tahun kamu berada di Korea, kamu akan mendapat tunjangan hidup sebesar 800 ribu won per bulan, atau setara dengan 9 juta rupiah. Angka itu bisa bertambah menjadi 900 ribu kalau kamu memiliki sertifikat bahasa Korea level lima.

Selain itu, kamu juga akan mendapat tunjangan kedatangan, biaya kursus, asuransi, tiket PP Indonesia – Korea plus uang saku.

Deadline penerimaan berkas beasiswa KGSP Korea biasanya jatuh pada bulan September. Info selanjutnya mengenai beasiswa satu ini bisa dicek di http://www.studyinkorea.go.kr/

Gakubu MEXT Scholarship

Jika Korea Selatan punya KGSP, Jepang punya beasiswa bergengsi dengan nama MEXT (Monbukagakusho). Beasiswa ini memberi tawaran bagi pemuda di seluruh dunia untuk berkuliah gratis di hampir semua universitas di Jepang.

Selain untuk S2 dan S3, MEXT juga memiliki program beasiswa S1 yang disebut Gakubu Scholarship. Selain itu, ada juga program beasiswa khusus untuk lulusan SMA yang ingin mengambil diploma, yaitu Senshu Scholarship.

Tunjangan yang disediakan untuk awardee MEXT benar-benar lengkap, mulai dari biaya kuliah, tunjangan, hingga biaya pengurusan visa. Tunjangan hidup yang diberikan oleh MEXT mencapai 117 ribu yen, atau 15 juta rupiah per bulan.

Masa pendaftaran beasiswa Gakubu dan Senshu Scholarship dibuka dua kali, yakni di bulan April dan Mei. Bagi yang lulusan tahun sebelumnya, wajib mendaftar pada bulan April, sedangkan yang masih sekolah bisa daftar di bulan Mei.

Info lengkap lainnya tentang beasiswa MEXT bisa dilihat di https://www.id.emb-japan.go.jp/

Dr Goh Keng Kwee Scholarship

Selain beasiswa ASEAN Undergraduate, ada lagi beasiswa S1 luar negeri di Singapura yang bisa kamu coba.  Beasiswa tersebut adalah beasiswa Dr Goh Keng Kwee, atau singkatnya disebut beasiswa GKS.

Berbeda dengan beasiswa ASEAN Undergraduate yang dikhususkan untuk lulusan SMA di bidang Saintek, beasiswa GKS diperuntukkan lulusan asal rumpun Soshum. Akan tetapi pendaftar untuk beasiswa GKS dibatasi bagi lulusan yang ingin berkuliah di empat universitas ternama.

Universitas itu ialah NUS, Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Selain biaya kuliah, awardee beasiswa GKS akan mendapatkan tunjangan tahunan sebesar 6500 dollar Singapura, atau setara dengan 67 juta rupiah. Selain itu ada juga tunjangan tempat tinggal dan tunjangan penempatan sebesar 200 dollar Singapura di awal masuk.

Beasiswa SEAMOLEC

Beasiswa SEAMOLEC diberikan pemerintah China khusus bagi lulusan SMA terbaik dari negara-negara di Asia Tenggara. Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan yang ingin memperdalam pengetahuan dan wawasan tentang kebudayaan China.

Selama tiga tahun beasiswa, satu tahun dikhususkan untuk belajar bahasa Mandarin. Sedangkan di sisa 2 tahunnya awardee bebas memilih ingin diploma di jurusan apa.

Setelah selesai masa beasiswa, awardee akan diberi dua tawaran yang harus dipilih. Tawaran pertama adalah bekerja di China sesuai jurusan yang diambil saat kuliah. Sementara itu tawaran keduanya adalah melanjutkan kuliah ke jenjang selanjutnya.

Tiap tahunnya, SEAMOLEC menerima pendaftaran dari peminat dengan jurusan yang telah ditentukan. Jadi jika ingin mendapat beasiswa ini, sering-sering buka situs resmi SEAMOLEC di https://seamolec.org/chinaprogramme.

Beasiswa Mitsui Bussan

Di samping MEXT, ada satu lagi beasiswa S1 luar negeri dari Jepang yang tidak kalah keren, yaitu Mitsui Bussan Scholarship.

Meski MEXT merupakan beasiswa resmi dari pemerintah Jepang, dari segi akomodasi dan fasilitas MEXT sedikit di bawah Mitsui Bussan.

Tunjangan yang diberikan bagi awardee Mitsui Bussan meliputi biaya hidup sebesar 145 ribu yen, atau 19 juta rupiah per bulan. Saat datang, awardee akan mendapat uang saku sebesar 50 ribu yen, atau sekitar 6 juta rupiah. Selain itu, semua biaya selama berada di Jepang juga ditanggung oleh penyelenggara beasiswa.

Setiap tahunnya, pendaftaran beasiswa Mitsui Bussan diadakan mulai bulan Januari hingga Februari. Jika ingin tahu informasi lengkapnya, langsung saja kamu klik situs penyelenggaranya di www.mbkscholarship-id.com

Beasiswa Huayu Enrichment

Huayu Enrichment Scholarship dikhususkan untuk kamu yang ingin memperdalam pengetahuan kebudayaan Mandarin. Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Taiwan ini memiliki jangka waktu 4 tahun termasuk pendalaman bahasa Mandarin.

Tunjangan yang diberikan bagi awardee beasiswa Huayu Enrichment adalah 25 ribu dollar Taiwan, atau 11,3 juta rupiah per bulannya. Uang beasiswa ini biasanya dicairkan setahun sekali, tergantung kebijakan pemerintah Taiwan.

Deadline pendaftaran beasiswa Huayu Enrichment adalah tanggal 31 Maret per tahunnya. Info selengkapnya bisa langsung klik ke https://www.roc-taiwan.org/

Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam

Pemerintah Brunei Darussalam selalu konsisten memberikan beasiswa bagi lulusan SMA asal Asia Tenggara yang ingin berkuliah di Brunei.

Beasiswa pemerintah Brunei Darussalam ini diberikan pada lulusan SMA yang ingin kuliah di empat universitas terbaik Brunei. Keempat universitas tersebut adalah Universiti Brunei Darussalam, Universiti Islam Sultan Sharif Ali, Universiti Teknologi Brunei, dan Politeknik Brunei.

Total tunjangan yang diberikan pemerintah Brunei kepada awardee adalah 1250 dollar Brunei tiap bulannya, atau setara dengan 13 juta rupiah. Selain itu, pemerintah Brunei juga akan mengganti seluruh pengeluaran pendaftar saat proses pendaftaran hingga berangkat ke Brunei.

Jika ingin mendaftar beasiswa pemerintah Brunei Darussalam, maka kamu harus menyerahkan berkas administrasi sebelum akhir Februari.

Beasiswa AMA Korea

Beasiswa ini cocok untuk kamu yang ingin jadi artis dengan talenta setara artis-artis Korea. Beasiswa AMA Korea ini memberi kamu kesempatan berkuliah di Korea National University of Arts, Korea Selatan.

Selain berkesempatan merasakan didikan keartisan ala Korea Selatan, kamu juga akan mendapat banyak tunjangan. Misalnya tunjungan hidup sebesar 800 ribu won atau setara 10 juta rupiah per bulan. Kamu juga akan digratiskan mengikuti kursus bahasa Korea, asuransi, tiket pesawat PP, dan kegiatan-kegiatan budaya.

Jika ingin mengajukan pendaftaran untuk beasiswa AMA, kamu wajib mendaftar sebelum tanggal 28 Februari tiap tahun. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan sertifikat penghargaan di bidang seni yang pernah kamu raih.

Informasi lengkap mengenai beasiswa AMA Korea bisa kamu baca di http://www.karts.ac.kr/

Think Big Scholarship

Ingin mendapat beasiswa S1 luar negeri di Inggris? Kamu bisa mencoba mengikuti Think Big Scholarship. Beasiswa ini dikeluarkan oleh salah satu universitas tertua di Inggris, yakni Universitas Bristol.

Selama tiga tahun kuliah, kamu akan mendapat tunjangan hidup sebesar 10 ribu poundsterling, atau setara dengan 170 juta rupiah per tahun. Uang ini nantinya bisa digunakan untuk membayar kuliah dan juga  biaya hidup.

Seleksi beasiswa Think Big dilakukan dua kali dalam setahun, yakni tahap satu dengan deadline Maret dan tahap dua deadline Juni. Mengenai info update-nya, silakan langsung visit ke https://www.bristol.ac.uk/fees-funding/awards/think-big-undergraduate/

 

Itulah LCers, 15 beasiswa S1 luar negeri yang bisa kamu persiapkan sekarang juga. Akan tetapi semua beasiswa tersebut mensyaratkan kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang tinggi. Jadi jika bahasa Inggris-mu belum baik, segera luangkan waktumu belajar di Kampung Inggris Pare!

Kampung Inggris Search :

    perbedaan beasiswa kgsp dengan mutsui bussan, beasiswa kuliah gratis full plus kursus bahasa inggris, beasiswa kuliah s1 penerbangan di luar negeri, beasiswa luar negeri smk toeic, beasiswa penuh s1, beasiswa s1 luar negeri hanya sedikit, Beasiswa total di bulan Desember 2019, pendaftaran beasiswa s1 di luar negeri

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini