fbpx

Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense

3 min read

perbedaan-simple-past-tense-dan-present-perfect-tense

Di dalam Bahasa Inggris ada banyak sekali tenses yang harus dipelajari. Semuanya memiliki perbedaan, meskipun ada diantaranya yang terlihat sama. Seperti halnya simple past tense dan present perfect tense. Keduanya terlihat sama, tapi sebenarnya memiliki perbedaan.

Perbedaan ini cukup sulit untuk diuraikan, sehingga pembelajar Bahasa Inggris kerap kali kesulitan membedakan antara simple past tense dan present perfect tense. Sulitnya membedakan kedua tenses ini karena keduanya sama – sama digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang telah lampau atau sudah dilewati. Karena sama – sama digunakan untuk menyatakan waktu yang lampau, inilah yang menjadikan kebingungan para pembelajar.

Kursus Bahasa Inggris

perbedaan-simple-past-tense-dan-present-perfect-tense

Simple past tense dan present perfect tense memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Tentunya, perbedaan antara simple past tense dan perfecttense ini tidak dapat digunakan untuk menggantikan satu sama lain, karena keduanya berbeda. Mari kita jabarkan satu per satu pembahasan tentang perbedaan simple pas tense dan present perfect tense di bawah ini!

Pengertian Simple past tense

Simple past tense merupakan jenis tenses yang menunjukkan suatu pekerjaan terjadi pada masa lampau, tanpa ingin menunjukkan apakah pekerjaan tersebut telah atau sedang dikerjakan. Tenses ini tidak menyatakan secara detail apakah pekerjaan yang dilakukan telah selesai atau belum.

Simple past tense selalu menggunakan Verb 2 atau kata kerja kedua dalam Bahasa Inggris. Serta tidak ditandai dengan kata – kata seperti has atau have, hanya ditandai dengan penggunaan Verb 2.

Definisi Present perfect tense

Berbeda dengan simple past tense, present perfect tense menunjukkan pekerjaan yang sudah dikerjakan pada waktu yang belum lama terjadi. Atau jika sudah dilakukan dalam waktu yang lama, maka tujuannya untuk menunjukkan bahwa pelaku pernah melakukannya. Biasanya, peristiwa tersebut masih ada hubungannya di waktu sekarang, sehingga dapat diketahui bahwa pekerjaan tersebut telah selesai.

Dalam kalimat, present perfect tense menggunakan Verb 3 atau kata kerja ketiga dalam Bahasa Inggris. Dimana ditandai dengan kata has atau have dan Verb 3.

Rumus Simple past tense dan Present perfect tense

Dalam pembuatan kalimat, kita memerlukan rumus supaya kalimat benar sesuai dengan kaidahnya. Untuk simple past tense, rumusnya sangat mudah, inilah mengapa dikatakan simple. Yang mana hanya memerlukan Verb 2 sebagai ciri – ciri mutlaknya.

Bentuk Rumus Contoh Kalimat
 
Pengen Konsutasi PR ?

Positive

Verbal S + Verb 2 She killed a snake yesterday
Nominal S + was / were + nominal I was there but you did not see me
 

Negative

Verbal S + did + not + infinitive She did not know where to go
Nominal S + was / were + not + nominal When I was a child, I used to cry
 

Interrogative

Verbal Did + S + Infinitive Did you take my money?
Nominal Was / were + S + nominal? Was the case hard to solve?

 

Setelah memahami rumus simple past tense, berikutnya rumus dari present perfect tense. Yang mana, pada present perfect tense membutuhkan ciri – ciri present yaitu Verb 1, dan ciri – ciri perfect yaitu have / has + Verb 3. Mari kita lihat rumus dan penggunaannya dalam kalimat!

Bentuk Rumus Contoh
Positive Verbal S + have / has+ Verb 3 I have told you 3 times
Nominal S + have/has+ been + nominal Hehas been a police
 

Negative

Verbal S + have / has+ not + Verb 3 I have not ever gone to Jogjakarta even once
Nominal S + have/has+ not + been + nominal In 1901, Indonesia has not been a country
 

Interrogative

Verbal Have / has+ S + Verb 3 Have you already taken a bath?
Nominal Have / has+ S + been + nominal Has shee been in school now?

 

Perbedaan Simple past tense dan Present perfect tense dalam Keterangan Waktu

Dalam simple past tense, keterangan waktu yang digunakan adalah masa lampau yang spesifik. Misalnya last week, yesterday, last night, dan sebagainya. Yang berarti bahwa masa tersebut sudah berakhir.

Contoh penggunaannya dalam kalimat: I went to Bali last year

Waktu yang digunakan adalah tahun lalu, dimana tentu sudah berakhir karena saat ini sudah berganti tahun.

Berbeda halnya dengan present perfect tense, yang tidak menggunakan keterangan waktu lampau spesifik karena bentuknya present. Tetapi masih dimungkinkan untuk menggunakan masa yang sudah lewat dalam periode yang sama. Misalnya just now, already, 3 times, yet, this week, dan lainnya.

Contoh penggunaannya dalam kalimat: I have sent the email this week

Yang mana kata “this week” menunjukkan waktu tapi tidak spesifik. Sehingga dapat dimungkinkan kegiatan ini digulang di masa sekarang.

Perbedaan Modus Aktivitas Simple Past Tense dan Present Perfect Tense

Modus aktivitas yang digunakan oleh simple past tense yaitu aktivitas yang terjadi pada masa lampau. Waktunya lebih spesifik, namun tanpa ingin menunjukkan pekerjaan tersebut sedang atau telah dikerjakan. Contohnya seperti pada kalimat, “I called her at 9 pm last night, but she didn’t pick the phone up.

Berbeda dengan present perfect tense, tidak hanya menunjukkan pekerjaan yang baru saja selesai. Keterangan ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan aktivitas pada masa lalu. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa pelaku pernah melakukan pekerjaan tersebut pada suatu waktu yang tidak spesifik. Contohnya pada kalimat, “I have ever meet your mother”.

Perbedaan Akibat yang Ditimbulkan dari Simple Past Tense dan Present Perfect Tense

Simple past tense berakibat pada kegiatan yang tidak terlalu dirasakan karena sudah terjadi pada masa lampau. Contoh seperti pada kalimat: I played basketball yesterday. Karena sudah kemarin, makan rasa lelah bermain basket sudah tidak dirasakan.

Sedangkan akibat yang ditimbulkan dari present perfect tense masih dapat dirasakan, karena menunjukkan aktivitas yang baru saja dilakukan. Contoh kalimat seperti ini: I have just painted the door, so be carefull. Karena pintu baru saja dicat, maka catnya masih basah.

Beberapa Contoh Kalimat yang membedakan Simple past tense dan Present perfect tense

Supaya lebih memahami perbedaan antara simple past tense dan present perfect tense, berikut ini disajikan contoh kalimatnya:

Simple past tense
Present perfect tense
I wrote a letter for my mon last mont
I have fixed this car three times, but no changes
We ate seafood together last week
Don’t worry the snake is death, I have killed it just now
My car was the fastest among others
My daughter has celebrated her birthday, and now he is two years old

Demikian penjelasan mengenai perbedaan simple past tense dan present perfect tense, serta contoh – contohnya dalam kalimat. Kalau kamu masih bingung, coba cek dulu pembahasan tentang simple past tense dan present perfect tense 

semoga bermanfaat ya!

Kampung Inggris Search :

    perbedaan present perfect dan past tense, perbedaan present perfeg tense dengan past perfeg tense, simple past tense vs present perfect tense
3.4 8 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
Subscribe
Notify of
guest
5 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
gab
gab
Maret 16, 2021 9:10 AM

Banyak yang typo, tolong di perbaiki.

Rafi
Rafi
November 20, 2020 11:05 AM

Thanks,helpfull

Adesta Putra
Adesta Putra
Maret 25, 2020 3:29 PM

Name : Adesta putra NPM : 1912110373 At the first meeting E-learning English 2 was very fun, because we competed… Read more »