Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan No, Not, None, dan Nope dalam Bahasa Inggris 5/5 (10)

Perbedaan No, Not, None, dan Nope dalam Bahasa Inggris

Saat kamu mendengar native speaker berbicara dalam bahasa Inggris, kamu pasti akan sering mendengar kata seperti no, not, none, dan nope disebut. Meski keempat kata tersebut berbeda, kalau dicek di kamus artinya sama-sama “tidak”. Terus, apa dong perbedaan no, not, none, dan nope itu? Kampung Inggris Pare punya penjelasan lengkap tentang fungsi keempat kata tersebut dan contohnya di bawah ini.

No

Dalam bahasa Inggris, no adalah determiner yang menjelaskan kondisi dari suatu noun/verb. Saat no digunakan dalam kalimat, itu artinya ada penolakan/ketidaksetujuan atas suatu noun/verb tertentu. Selain itu, no juga bisa bisa menjelaskan kondisi tidak adanya/tidak hadirnya sesuatu.

Contoh-contoh penggunaan no berdasarkan fungsinya bisa kamu simak di bawah ini.

No berarti ketidaksetujuan

  • “Would you like some coffee?” “No, I would prefer some tea” (“Apakah Anda mau kopi?” “Tidak, saya mau teh saja”)
  • No, I think it’s not a good idea (Tidak, kupikir itu bukan ide yang bagus)
  • I don’t mean to hurt you, but no, I can’t go now (Aku tidak bermaksud untuk menyakitimu, tapi tidak, aku tidak bisa pergi sekarang)

No berarti ketidak ada-an

  • Sorry, but there’s no cake left for you, honey (Maaf, tapi tidak ada kue yang tersisa untukmu, sayang)
  • There’s no friend as understanding as you, Anna (Tidak ada teman yang pengertian sepertimu, Anna)
  • No one can beat you in this game, I’m sure of it (Tidak ada yang bisa mengalahkanmu dalam pertandingan ini, aku yakin)

Not

Selanjutnya yang akan kita bahas dalam materi perbedaan no, not, none, dan nope ini adalah not. Dalam bahasa Inggris, not berfungsi mengubah suatu kata/kalimat menjadi negatif. Daftar kata yang berubah menjadi negatif saat diikuti/disatukan dengan not adalah sebagai berikut.

POSITIVE
NEGATIVE
can
cannot/can’t
could
could not/couldn’t
will
will not/won’t
would
would not/wouldn’t
shall
shall not/shan’t
should
should not/shouldn’t

Selain kata-kata di atas, dalam kalimat yang negatif biasanya not didahului oleh to be, berikut ini daftarnya.

POSITIVE
NEGATIVE
is
is not/isn’t
am
am not
are
are not/aren’t
was
was not/wasn’t
were
were not/weren’t
do
do not/don’t
does
does not/doesn’t
did
did not/didn’t
has
has not/hasn’t
have
have not/haven’t

Dalam kata-kata dan to be di atas, keberadaan not menambahkan arti “tidak” bagi kata-kata yang dilengkapinya. Misalnya can yang artinya “bisa”, setelah ditambahi cannot artinya menjadi “tidak bisa”.

Selain dalam kata-kata di atas, not berarti “tidak” juga bisa kita gunakan secara sendiri-sendiri dalam kalimat, contohnya di bawah ini.

Selain itu, not juga bisa berarti “bukan” jika digunakan dalam kalimat yang menunjukkan identitas (identity/definitive noun) atau sifat (adjective).

Not berarti tidak (berdiri sendiri)

  • Do your dishes, Putri, not later but right now (Cuci piringmu, Putri, tidak nanti tapi sekarang juga)
  • The reporter said there will be a hurricane a week from now, but I hope not (Reporter itu bilang akan ada angin ribut seminggu lagi, tapi kuharap tidak)
  • “Can you give me some hints about tomorrow’s exam?” “I’m afraid not” (“Bisakah kamu memberiku bocoran tentang ujian besok?” “Kurasa tidak”)

Not berarti bukan

  • He’s not Peter, but he’s Andrew (Dia bukan Peter, tapi Andrew)
  • It’s not what I thought at first (Itu bukanlah yang kupikirkan pada awalnya)
  • I’m not a prefect, but my homeroom teacher asked me to lead my classmates during the tour (Aku bukan ketua kelas, tapi wali kelas memintaku memandu teman-teman sekelas selama tur)

None

Menurut Cambridge Dictionary, none adalah alternatif dari kata “not one” atau “not any” (keduanya berarti “tidak satu pun”). Akan tetapi dalam bahasa Indonesia, none lebih cocok diterjemahkan sebagai “tidak ada”.

None dalam bahasa Inggris termasuk ke dalam kelas kata pronoun, sehingga perlakuannya dalam kalimat sama seperti kata ganti orang pada umumnya. Selain itu, ada dua jenis none yang bisa kamu gunakan, yaitu none dengan atau tanpa “of”.

Supaya kamu lebih paham tentang cara penggunaan none dalam bahasa Inggris, simak contoh-contoh kalimat berikut.

None tanpa “of”

  • My brother has a cup full of ice cream and I have none (Saudaraku mendapat segelas penuh es krim dan aku tidak ada/tidak punya)
  • Amanda is always looking for new ideas, but none ever come (Amanda selalu berusaha mencari ide baru, tapi tidak ada yang datang)
  • “Did he tell you something about his marriage?” “None, he told me nothing” (“Apa dia menceritakan sesuatu tentang pernikahannya?” “Tidak ada, dia tidak cerita apa-apa”)

None dengan “of”

  • Forget what you heard, it’s none of your business (Lupakan apa yang kamu dengar, itu bukan urusanmu)
  • It’s his birthday but none of his family remember it (Ini hari ulang tahunnya tapi tidak ada keluarganya yang ingat)
  • None of these products have been registered to National Agency of Drug and Food Control (Tidak ada di antara produk-produk ini yang sudah terdaftar di BPOM)

Nope

Terakhir yang akan kita bahas dalam materi perbedaan no, not, none, dan nope ini adalah…yep, nope!

Buat kamu yang jarang nonton film atau mendengarkan percakapan informal bahasa Inggris, kata “nope” mungkin terdengar asing. Akan tetapi kata ini merupakan salah satu kata paling umum digunakan sehari-hari oleh native speaker.

Nope adalah slang adverb dari kata “no”, yang artinya juga “tidak”. Satu-satunya fungsi nope dalam percakapan adalah untuk menunjukkan ketidaksetujuan/penolakan atas suatu hal.

Nope hanya bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari, tidak bisa digunakan dalam komunikasi via tulisan dan semacamnya.

Nope untuk memberikan penolakan

  • “Don’t you wanna go with me, Clarisse?” “Nope, I’m gonna watch Riverdale this evening” (“Bukankah kamu ingin pergi bersamaku, Clarisse?” “Tidak, aku mau nonton Riverdale aja sore ini”)
  • “Are you coming along with us?” “Nope, I’ve got many things to do right now” (“Apakah kamu akan ikut kami?” “Tidak, aku punya banyak tugas untuk dikerjakan sekarang”)
  • “What’s your secret to win the game?” “Nope, just perseverance and never give up” (Apa rahasiamu memenangkan pertandingan ini?” “Tidak ada, cuma kegigihan dan pantang menyerah”)

 

Itulah penjelasan lengkap tentang perbedaan no, not, none, dan nope yang bisa mimin Kampung Inggris Pare jelaskan buat kamu! Kalau kamu mau belajar bahasa Inggris dengan jauh lebih mendalam lagi, yuk daftarkan diri ke Kampung Inggris Pare! Sekarang ada PROGRAM ONLINE-nya juga lho, makanya buruan daftar sekarang juga!

Kampung Inggris Search :

    arti nope

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini