fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Apa Ya Bedanya Check this Out & Check it Out? Kamu Perlu Tahu Lho

2 min read

Check It Out Check This Out

Check This Out dan Check It Out

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang perbedaan penggunaan “I am bored” dan I am boring (Selengkapnya: (Materi sebelumnya: Mana Yang Tepat ‘I am Boring’ atau ‘I am Bored’?) selanjutnya kita akan membahas tentang perbedaan “Check it out” dan “Check this out”.

Kursus Bahasa Inggris

“Check it out” dan “Check this out” dalam pelajaran bahasa Inggris termasuk ke dalam conversational phrase atau rasa percakapan dan biasanya digunakan saat Kalian ingin menunjukkan sesuatu hal pada seseorang demi menarik perhatiannya. Adapun kata-kata tersebut dipakai dalam situasi non formal. Adapun perbedaan keduanya akan kami jelaskan di bawah ini.

Bedanya Check this Out & Check it Out?

1. Perbedaan Antara Check It Out dan Check This Out

Dalam materi kali ini, mari kita bahas tentang kosakata atau vocabulary dalam pelajaran bahasa Inggris yang berkaitan dengan kata kedua frasa tersebut. Kedua kata tersebut banyak dipakai dalam kalimat atau paragraf bahasa Inggris sekaligus merupakan bentuk dari conversational phrase maupun frase saat Kalian berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Kedua frasa tersebut dipakai untuk menunjukkan hal penting atau sesuatu hal pada orang lain, seperti kata “lihat itu” atau “lihat ini”, kata tersebut juga bisa digunakan pada semua kalimat bahasa Inggris, yang sifatnya informal maupun formal. Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan contoh kalimatnya yang akan kami ulas di bawah.

2. Perbedaan It dan This Dalam Bahasa Inggris

Sebelum kita membahas perbedaan diantara kedua frasa tersebut, mari kita mengulas kedua kata ganti “it” dan “this” terlebih dulu. Biasanya “it” merupakan kata ganti atau pronoun yang digunakan dalam konjugasi kata kerja. Misalnya, I Have, she or it has, she or it is, you are, iam, you have, she or it gives, dan i give you give he. Dalam percakapann “it is” bisa disingkat menjadi “its”.

Pertanyaannya, apa perbedaan it dan this dan kapan menggunakan kata tersebut?

“It” merupakan kata ganti tunjuk dan kata sifat. Seperti ketika Kalian memegang sebuah pensil, maka Kalian bisa mengatakan “this pencil works well.”

Kalian dapat mengatakan, “i have a pencil, it works well”. Adapun perbedaannya dalam kalimat tersebut Kalian tidak menunjukkan pensil yang mana. Dalam hal ini, Kalian hanya mengatakan bahwa Kalian mempunyai pena yang sangat berfungsi baik. Padahal, dalam “this pensil works well” Kalian harus mendemonstrasikan, seperti mengangkat pensil atau menunjuk ke pensil maupun sejenisnya. Ketika Kalian sedang berada pada situasi dimana orang lain mencoba menulis dengan pena yang jelek atau buruk, maka Kalian juga dapat mengatakan “this works well” dan serahkan kepada mereka. Hal tersebut jelas bahwa “this” merupakan pena yang kita pegang.  Dengan “this” sesuatu atau objek yang dirujuk harus dekat, hanya disebutkan atau akan disebutkan.

Pengen Konsutasi PR ?

Adapun contoh lain dari “it” ialah, “i have a bicycle. It goes well.” Namun untuk sesuatu yang membingungkan, seperti seseorang berkata “where is the key” dan Kalian menjawab “here it is”. Dan Kalian dapat memegangnya, seperti ketika menggunakan “this” namun kami tidak menggunakannya untuk kalimat tersebut. Kami pikir kata “here” sebelum “it” merupakan kata yang paling tepat.

3. Perbedaan dan Contoh Kalimat Check It Out dan Check This Out

Setelah membedakan kata penghubung it dan this, langsung saja kita bahas mengenai perbedaan kedua frasa tersebut langsung dengan contoh kalimatnya, di bawah ini :

  • Check this out! I find my handphone

(lihat ini, aku sudah menemukan handphone-ku)

  • Check this out! I find an earrings under the table

(lihat ini, aku menemukan anting di bawah meja)

  • Let’s check it out! There is so amazing fireworks

(mari kita lihat, di sana ada kembang api yang menakjubkan)

  • Check it out! Your cat is here!

(Lihat, kucingmu ada di sini!)

  • Check it out! my body is thin now!

(Lihat, badanku sekarang kurus!)

  • Check it out! This cat is so cute

(Lihat ini! Kucing ini sangat imut)

  • Check it out! this place is amazing

(lihat ini! Tempat ini menakjubkan!)

Itulah contoh dan perbedaan check this out dan check it out dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bahasa inggris kamu semua ya LC’ers !!!

Kampung Inggris Search :

    check it out, check this out
5 3 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
tari
tari
Agustus 17, 2020 8:08 PM

kalo di artikel kutulis check this out untuk ngajak ke paragraf berikutnya, tepat gak?