fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Perbedaan British English dan American English

2 min read

british english vs american english

british english vs american english

Bahasa Inggris merupakan lingua franca yang digunakan penduduk dunia dengan bahasa Ibu yang berbeda untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Oleh karena itu, tak heran bila kaian mendengar ada berbagai macam aksen bahasa Inggris di dunia, karena memang terkadang aksen tersebut dipengaruhi oleh aksen bahasa asli si penutur. Namun, sebenarnya aksen resmi bahasa Inggris yang diakui di dunia hanya ada dua, yaitu British dan American. Lantas, apa perbedaan British English dan American English? Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan kalian simak informasi yang kami rangkumkan berikut.

Kursus Bahasa Inggris

Penggunaan British English dan American English

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan British English dan American English, alangkah baiknya jika kita mengetahui bagaimana persebaran dan penggunaan kedua aksen bahasa Inggris tersebut di dunia.

Seperti namanya, American English banyak digunakan oleh penduduk di kawasan Amerika atau pun juga negara-negara lain yang berada di bawah pengaruh negeri Paman Sam tersebut. Negara yang secara geografis letaknya dekat dengan negara Amerika Serikat juga cenderung menggunakan aksen American English, salah satu contohnya adalah Kanada yang berbatasan langsung dengan negara adidaya tersebut.

Berbeda dengan American English, aksen British English yang kental digunakan oleh negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth, yaitu Inggris. Selain itu, negara-negara yang merupakan persemakmuran Inggris juga cenderung menggunakan bahasa Inggris dengan aksen British.

Selandia baru merupakan salah satu contoh negara yang menggunakan aksen lebih condong ke British ketimbang American English. Menurut sejarah, sebagian penduduk Selandia Baru sebenarnya merupakan pendatang yang berasal dari Edinburgh, Inggris. Oleh karena itu, di tak mengherankan jika di sini kalian akan sering mendengar aksen British English yang dituturkan oleh penduduk Selandia Baru.

Pronunciation (Pengucapan)

Perbedaan British English dan American English yang pertama tentu saja logat, atau dengan kata lain pengucapan dan intonasi ketika berbicara. Bagi kalian yang sudah familiar dan terbiasa mendengarkan percakapan datau monolog dalam bahasa Inggris, tentu saja akan dapat mengenali dan membedakan aksen British dan American.

Beberapa orang berpendapat dan menggambarkan aksen Beritish English sebagai aksen yang sangat khas dan kental, dengan penekanan yang terdengar agak lebih berat dan juga menimbulkan kesan yang lebih formal ketimbang aksen American English yang terdengar lebih santai.

Cara mereka mengucapkan atau melafalkan bunyi atau kata juga berbeda. Contoh pertama, adalah cara mereka mengucapkan bunyi /r/. Pada British English, bunyi /r/ yang ada pada akhir kata cenderung dihilangkan atau tidak dilafalkan, berbeda dengan American English yang tetap melafalkannya. Contoh kedua, adalah cara mereka melafalkan kata “laboratory”. Orang yang berbicara dengan aksen British akan mengucapkannya /ləbɒr.ə.tri/ sedangkan orang dengan aksen American English akan mengucapkan /læb.rə.tɔr.i/.

Vocabulary (Kosakata)

Pengen Konsutasi PR ?

Selain cara membaca, koleksi kata dalam bahasa Inggris British dan American juga menjadi salah satu pembeda di antara keduanya. Misalnya, bahasa Inggris American untuk permen adalah candy, sedangkan versi British nya adalah sweets. Contoh yang lain adalah taksi, dalam bahasa Inggris American disebut taxi, sedangkan dalam bahasa Inggris British disebut cab.

Bahkan, ada kata yang terkadang dapat menimbulkan kesalahpahaman apabila diucapkan diantara dua orang yang terbiasa berbicara dengan aksen yang berbeda satu sama lain. Kata yang dimaksud adalah pants. Orang yang terbiasa berbicara menggunakan American English, akan mengartikan pants dengan celana (yang biasa dipakai di luar, misalnya jeans). Namun, bagi orang yang terbiasa menggunakan British English, pantsberarti celana dalam. Perbedaan cara menginterpretasikan kata ini tentunya akan menyebabkan kesalahpahaman yang lucu namun memalukan, jika keduanya sama-sama tidak memahami bahwa pants memiliki arti berbeda dalam British dan American English.

Contoh vocabulary lainnya bisa kamu simak di:

Spelling (Ejaan)

Perbedaan British English dan American English yang akan kita bahas selanjutnya terkait dengan spelling atau ejaan. Memang ada banyak contoh kosakata dalam British dan American English yang memiliki ejaan sama persis, walaupun terkadang cara pengucapannya berbeda. Namun, ternyata ada banyak pula kosakata yang memiliki sedikit perbedaan dalam penulisannya. Beberapa ciri khas perbedaan penulisan antara British dan American English adalah:

  1. –our (British) vs –or (American), seperti pada behaviour vs behavior dan colour vs color.
  2. –se (British) vs –ze (American), seperti pada analyse vs analyze dan criticise vs criticize.
  3. –re (British) vs –er (American), seperti pada centre vs center dan theatre vs theater.
  4. –ce (Brutish) vs –se (American), seperti pada defence vs defense dan offence vs offense.
  5. double “l” (British) vs single “l” (American), seperti pada modelling vs modeling dan traveller vs traveler.
  6. with “u” (British) vs without “u” (American), seperti pada mould vs mold dan moustache vs mustache.
  7. using “e” (British) vs using “i” (American), seperti pada artefact vs artifact dan enquire vs inquire.

Nah itu tadi LC’ers perbedaan British English dan American English yang perlu kamu ketahui. Untuk bisa mengetahui perbedaan nya dengan jelas kamu harus banyak-banyak mencari referensi berupa video atau pun audio ya. Atau kamu pun bisa mengikuti kelas pronunciation agar lebih paham dan memiliki banyak waktu praktik.

(Materi lainnya: Memahami Jenis-Jenis Conjunction Dalam Bahasa Inggris)

Belajarnya dimana? Kampung Inggris LC aja !!! Karena di sini kamu akan mendapatkan kelas pronunciation yang akan menjelaskan perbedaan dari British English dan American English. Banyak juga waktu praktiknya loh !!!

Klik gambar di bawah ini untuk melakukan pendaftaran !!! Semoga bermanfaat ya LC’ers !!!

Kampung Inggris Search :

    Waktu di british
0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments