fbpx

Perbedaan British dan American English

3 min read

american

British English (bahasa Inggris British) dan American English (bahasa Inggris Amerika) merupakan 2 bahasa yang sama namun memiliki perbedaan dalam cara pengucapan. Selain itu, terdapat banyak kosakata yang berbeda diantara keduanya, meskipun memiliki arti yang sama bila diartikan dalam bahasa Indonesia.

american

Kursus Bahasa Inggris

Sejarah British dan American English

Mengapa sih bahasa inggris dibagi menjadi 2 versi? Kenapa nggak 1 versi saja?

Jadi, 2 versi bahasa Inggris ini terjadi akibat 2 konflik antara koloni Inggris/Britania dengan koloni Amerika. Konflik ini terjadi sebab rakyat Amerika berusaha untuk memisahkan diri dari pemerintahan Inggris dan akhirnya berujung pada perang kemerdekaan oleh Amerika Serikat.

Dua versi bahasa Inggris ini dibahas dalam dua buku yang berbeda pula. British English ditulis oleh Samuel Johnshon dalam bukunya The Dictionary of the English Language pada tahun 1755. Sedangkan versi America ditulis oleh Noah Webster dalam bukunya An American Dictionary of the English Language pada tahun 1828.

Penggunaan British dan American English

Negara mana yang biasanya menggunakan 2 versi bahasa Inggris ini?

Umumnya British English digunakan oleh Inggris, Selandia Baru, dan beberapa negara persemakmuran. Sedangkan American English dipakai oleh orang Amerika dan beberapa negara yang dipengaruhi oleh Amerika.

Cara Belajar British English Dan American English

Kira-kira apa saja yang berbeda dari 2 versi bahasa Inggris ini selain aksennya? Cari tahu jawabannya dalam pembahasan di bawah ini yuk!

Vocabulary

Vocabulary atau kosakata merupakan perbedaan pertama di antara keduanya. Secara umum, pada pelajaran bahasa Inggris di sekolah, bahasa Inggris British jauh lebih banyak digunakan daripada Inggris Amerika. Di bawah ini adalah beberapa contoh perbedaan kata yang ada pada Inggris Amerika dan Inggris British.

Pengen Konsutasi PR ?

Pada Inggris British, arti dari sepak bola adalah football, sementara dalam Inggris Amerika arti sepak bola yaitu soccer. Jika kamu menggunakan kata ‘football’ untuk mengartikan sepak bola pada saat berbicara dengan orang Amerika, maka akan keliru atau terjadi kesalahpahaman. Karena football dalam Inggris Amerika merujuk kepada olahraga lain, yaitu olahraga tim yang menggunakan tangan untuk membawa bola.

Olahraga tersebut semacam bola tangan namun jauh lebih keras. Football disebut-sebut sebagai olahraga (sepak bola) khas Amerika. Perbedaan arti tersebut dicontohkan dalam film “Bend It Like Beckham” (2002).

Perbedaan Aksen British dan American

Dalam 2 versi bahasa inggris, British maupun American memunyai aksen yang berbeda. Ada 3 perbedaan menjol dalam penguasaan 2 versi ini. Apa saja itu?

1.   Suara Vokal

Dua versi bahasa Inggris ini memiliki perbedaan saat mengucapkan suara vokal. Contohnya dalam kosakata “go”, yang dalam British dibaca dengan ɡəʊ, sedangkan American cenderung menggunakan ɡoʊ.

Contoh pelafalan suaranya, bisa kamu lihat dalam kamus Cambridge secara online.

2.   Suara Konsonan

Ada 2 huruf yang memberikan perbedaan paling mencolok saat mengeja British maupun America, yaitu t dan r. Beberapa contoh aksen American dan British t dapat dilihat dalam contoh better, important, internet.

Sedangkan pada aksen r dapat dilihat perbedaannya dalam contoh kosakata work dan car.

3.   Berdasarkan Stress dan Sound

Tekanan suara pada setiap mengeja kosakata juga menjadi perbedaan yang paling kentara antara 2 versi dialek bahasa inggris ini. Tekanan suara ini biasanya dipelajari dalam materi wordstress.

Beberapa contoh kosakata yang memiliki stress and sound yang berbeda dalam 2 versi aksen bahasa inggris, seperti:

Spelling British English dan American English

Perbedaan pada ejaan (spelling) merupakan perbedaan mendasar yang kedua antara Inggris British dan Inggris Amerika. Kamu tentu saja tidak asing dengan Webster’s  Dictionary. Noah Webster merupakan pendiri Webster’s Dictionary serta menjadi salah satu orang yang berjasa dalam membedakan pengejaan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris British.

Webster’s menjelaskan bahwa Amerika perlu lebih mandiri dalam hal politik atau secara leksikal. Maka dari itu, kamu pasti bakal menemukan jika bahasa Inggris British lebih kuat dalam mempertahankan ejaan kosa kata yang asalnya dari negara Perancis.

Sementara itu bahasa Inggris Amerika cenderung memiliki ejaan kata yang lebih dekat dengan cara mereka mengucapkannya. Ejaan tersebut dengan menghilangkan huruf-huruf yang sama sekali tidak diperlukan.

Misalnya, apabila dalam bahasa Inggris British terdapat kata ‘labour’ maka di bahasa Inggris Amerika menjadi ‘labor’. Contoh lain jika kata ‘colour’ digunakan oleh Inggris British, maka dalam ejaan Inggris Amerika menjadi ‘color’. Begitu pula dengan kata ‘defence’ dan ‘centre’ pada Inggris British, berubah menjadi ‘defense’ dan ‘center’ dalam bahasa Inggris Amerika.

Pronounciation American English dan British English

Pelafalan atau pengucapan (pronounciation) merupakan perbedaan yang ketiga dari bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika. Pengucapan kata ‘can’ dan ‘can’t’ bisa jadi adalah hal yang sulit untuk kamu bedakan dalam bahasa Inggris Amerika, karena pengucapan kedua kata tersebut dapat dikatakan tidak jauh berbeda.

Berbeda dengan bahasa Inggris British yang dengan mudah dapat membedakan pengucapan kedua kosa kata tersebut. Tidak sedikit orang-orang yang berasal dari Amerika lebih cenderung untuk mengurangi kosa kata dengan cara tidak membaca hurufnya maupun dengan menghilangkannya.

Misalnya kata ‘fax’ pada bahasa Inggris Amerika merupakan pengucapan dari kata ‘facts’ dalam bahasa Inggris british, di mana huruf ‘t’ dihilangkan. Sementara itu, pada bahasa Inggris British, huruf yang tidak diucapkan, contohnya dalam kosa kata ‘secretary’, huruf ‘a’ dihilangkan.

Kombinasi huruf ‘cl’ dalam bahasa Inggris Amerika, seperti pada kata ‘club’, ‘cling’, ‘climat’, dll terdengar lebih cenderung frikatif. Kamu bisa melontarkan bunyi seperti itu dengan cara menegangkan pita suara kamu. Perbedaan seringkali juga terjadi dalam penekanan kata.

Misal, pada kata ‘details’, huruf ‘e’ cenderung mendapatkan sebuah penekanan dalam bahasa Inggris British. Sementara itu, pada bahasa Inggris Amerika lebih menekan huruf ‘ai’. Dari contoh tersebut jelas sekali sangat kentara perbedaan penekanan pada kedua macam bahasa Inggris tersebut.

Itulah perbedaan antara bahasa Inggris British dan bahasa Inggris Amerika yang perlu untuk kamu ketahui. Dengan demikian, hal ini dapat menjadi referensi ketika kamu berkomunikasi dengan orang Inggris atau orang Amerika untuk meminimalisir kesalahan pengucapan saat berkomunikasi. Semoga bermanfaat ya! Sampai bertemu di materi selanjutnya!

 

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments