fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pengertian IELTS Dan Serba-Serbinya 5/5 (1)

Test IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. Test ini mungkin sudah sering Anda dengar. Bagi Anda yang ingin berkuliah di luar negeri, biasanya pihak universitas meminta Anda untuk memberikan hasil tes kemampuan Bahasa Inggris. Hal tersebut digunakan untuk memastikan jika kemampuan Bahasa Inggris yang Anda miliki baik entah dalam berbicara maupun membaca.

Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang cukup tersebut, sudah pasti pelajaran bisa diterima dengan baik. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui tentang test Bahasa Inggris ini, karena kebanyakan yang diketahui oleh masyarakat adalah TOEFL. Lantas, apa sebenarnya test Bahasa Inggris ini?

Kursus Bahasa Inggris

IELTS

Pengertian dan Pelaksanaan Test IELTS

Tes Bahasa Inggris ini merupakan sistem uji yang di desain untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki oleh seseorang yang ingin bekerja maupun belajar di sebuah negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian mereka. Test Bahasa Inggris ini nantinya akan menguji 4 jenis keahlian seperti reading, listenig, writing, dan juga speaking.

Waktu test ini diselenggarakan di berbagai macam test centre atau pusat tes yang berada di seluruh dunia. Test Bahasa Inggris ini memang sudah mengalami perkembangan. Dulunya, sebelum tahun 2006, peserta test Bahasa Inggris hanya boleh melakukan tes ulang kurang lebih 90 hari sesudah test sebelumnya, namun sekarang peserta bisa dengan bebas melakukan tes ulang kapan saja.

Ketika menjalani test IELTS, Anda harus tiba di lokasi kurang lebih 15 menit sebelum dimulainya waktu tes, kemudian menunjukkan kartu identitas pada petugas. Kartu identitas ini harus sama dengan kartu yang dipergunakan ketika mengisi formulir aplikasi. Selain itu Anda juga harus membawa peralatan menulis seperti pensil, bolpoin, rautan.

Ketika memasuki ruang tes, Anda tak diizinkan membawa buku maupun peralatan elektronik apa saja. Ketika sudah masuk di ruang test, Anda hanya perlu duduk di tempat yang sudah disediakan. Anda bisa duduk di sana selama tes reading, writing dan listening. Anda nantinya akan memperoleh lembar jawaban untuk menulis jawaban. Anda boleh membuat catatan di lembar pertanyaan namun tak diizinkan membawanya ke luar ruangan.

Format dan Materi Test IELTS

Pada dasarnya, test IELTS dibagi menjadi dua format yakni Academic serta General Training. Untuk jenis Academic diperuntukkan bagi Anda yang ingin kuliah tingkat undergraduate maupun postgraduate di luar negeri yang proses pembelajarannya menggunakan Bahasa Inggris. Bagaimana dengan General Training?

Untuk jenis General Training digunakan untuk Anda yang ingin bekerja, atau berimigrasi di negara yang mempergunakan Bahasa Inggris untuk alat komunikasi. Pemberian format ini hanya untuk writing dan reading sedangkan untuk speaking dan listening, materinya sama. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan sebelum mengikuti test IELTS, jangan sampai Anda bingung memilih jenis yang mana.

Pengen Konsutasi PR ?

Bagaimana dengan materi? Untuk masalah materi. Materi pertama ialah listening, writing dan reading, seluruh soal materi harus diselesaikan dan tidak ada jeda istirahat diantara ketiganya. Sedangkan untuk jenis speaking, dapat dilakukan dalam periode tujuh hari sesudah maupun sebelum tiga materi di atas, bergantung pada test center yang Anda gunakan.

Masuk ke tahap penilaian. Untuk masalah penilaian, band 7, 8, dan 9 masih termasuk dalam kategori baik. Untuk band 7, berarti Anda sudah menguasai kemampuan dalam Bahasa Inggris namun terjadi ketidaksesuaian serta ketidakpahaman di beberapa bagian sub tes, namun secara umum Anda sudah menguasai Bahasa Inggris yang baik serta mendetail.

Untuk band 4, 5, dan 6, pada tahap ini mungkin Anda harus belajar lebih banyak lagi. Contohnya untuk band 6, Anda secara umum sudah  menguasai kemampuan bahasa Inggris secara efektif walaupun terkadang terjadi ketidaksesuaian. Di sisi lain Anda dapat memahami serta menggunakan bahasa Inggris yang kompleks. Untuk band 4, kompetensi yang dimiliki masih sangat mendasar dan terbatas di situasi familier.

Perbedaan Test TOEFL dan IELTS

Untuk TOEFL, TOEFL merupakan ujian kemampuan Bahasa Inggris dengan logat Amerika. Ujian Bahasa Inggris ini diselenggarakan ETS yang berada di Amerika untuk seluruh peserta tes yang berada di seluruh dunia. Biasanya, TOEFL diminta oleh perguruan tinggi yang berada di Kanada dan Amerika Serikat. Tes ini terdiri dari 2 tipe.

Untuk iBT biasanya dipergunakan untuk Asia dengan skor yang memiliki sifat institusional sehingga hanya digunakan di wilayah tertentu serta tidak berlaku untuk negara di seluruh dunia. Biasanya tes TOEFL yang dilakukan adalah iBT sehingga Anda akan diminta merekam seluruh jawaban di komputer yang sudah terhubung langsung di jaringan internet.

ITP dibagi menjadi 3 sesi ujian yakni structure and written expression, listening serta reading comprehension. Total TOEFL ITP ini sebesar 550. Sedangkan pada iBT yang terbaru, nilai maksimumnya ialah 120. Rata-rata nilai yang diminta sebesar 80 atau 90.  Berapa lama durasi TOEFL, TOEFL berlangsung selama 2 jam lamanya.

Berbeda dengan TOEFL, untuk IELTS, seluruh jawaban Anda nantinya akan ditulis tangan. Ada 4 bagian yang harus dikerjakan yaitu writing, speaking, reading dan juga listening. Untuk sesi speaking, Anda akan diminta dengan seseorang yang akan menilai secara langsung. Tes sesi ini memiliki durasi 12 hingga 14 menit lamanya.

Selain itu, test Bahasa Inggris jenis ini juga diterima oleh negara-negara seperti Selandia Baru, Inggris dan Australia. Test Bahasa Inggris ini memperbolehkan peserta untuk memilih modul akademik atau modul pelatihan umum bagi yang ingin menggunakan test Bahasa Inggris ini untuk tujuan keimigrasian. Test Bahasa Inggris ini memiliki rentang nilai 0 hingga 9.

Tips Menghadapi Tes

Agar lancar dalam mengerjakan test Bahasa Inggris ini, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti, pertama, siapkan telinga untuk mendengar berbagai macam aksen Bahasa Inggris. Rekaman listening test hanya diputar sebanyak satu kali, selain itu nantinya ada berbagai macam aksen Bahasa Inggris yang dipergunakan.

Kedua, baca petunjuk dengan baik. Bila dalam sesi listening Anda diminta untuk menjawab tidak lebih dari dua kata, dalam tes menulis, malah Anda harus memperhatikan jumlah kata yang diisyaratkan oleh petugasnya. Bila Anda tak memenuhi syarat minimum kata, Anda bisa langsung kehilangan nilai, sehingga perhatikan jumlah kata dengan baik.

Terakhir, terus berlatih. Waktu tes listening yang disediakan hanya 40 menit, 10 menit akan digunakan untuk menyalin jawaban. Selama latihan, pastikan untuk sudah mengatur waktu dengan baik serta sesuai dengan tes yang sebenarnya. Di sini, Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi apa saja kelemahan dan kesulitan yang mungkin Anda dapatkan.

Memperoleh nilai yang baik dalam tes Bahasa Inggris memang harapan semua orang, namun untuk mendapatkannya tentu tidak mudah, karena Anda harus berlatih secara terus menerus mulai dari mendengarkan, menulis hingga mempraktekkan. Paling tidak, persiapkan diri 1 bulan sebelum menjalani tes IELTS.

Baca Juga : Program dan Biaya Kampung Inggris

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?