web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pedoman Belajar Grammar dari Nol 5/5 (7)

pedoman belajar grammar dari nol

Saat ingin belajar grammar, banyak yang masih bingung bagaimana harus memulai belajarnya. Apa yang harus dipelajari dulu, dan apa yang harus dipelajari selanjutnya agar materi menjadi runtut. Nah, supaya kamu nggak bingung-bingung lagi, di bawah ini Kampung Inggris LC memberimu pedoman belajar grammar dari nol. Silakan coba belajar grammar sendiri di rumah dengan pedoman ini ya!

Part of Speech

Sedikit sekali yang tahu, bahwa hal pertama yang harus kamu pelajari saat belajar grammar adalah part of speech.

Part of speech adalah kata-kata yang jika dirangkai menjadi satu, akan membentuk sebuah kalimat yang sempurna. Dalam aturan bahasa Inggris, ada setidaknya sembilan part of speech yang harus kamu ketahui, daftarnya adalah sebagai berikut.

  • Noun (kata benda, baik itu benda fisik mau pun benda abstrak)
  • Adjective (kata sifat, karakteristik yang melekat pada suatu noun)
  • Verb (kata kerja, sesuatu yang dilakukan atau terjadi pada noun)
  • Pronoun (kata ganti yang digunakan untuk menggantikan nama noun)
  • Adverb (kata sifat, karakteristik yang melekat pada suatu verb)
  • Determiners (kata sifat yang digunakan untuk menilai jumlah/nilai sebuah noun secara kuantitatif)
  • Preposition (kata bantu yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa, misalnya kejadian dan waktu, kejadian dan tempat, dan semacamnya)
  • Conjunction (kata bantu yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat yang berbeda makna)
  • Interjection (kata bantu yang digunakan untuk mengekpresikan perasaan, biasanya tidak memiliki makna spesifik)

Jika kamu ingin keterangan lebih lengkapnya, kamu bisa langsung klik materi khusus yang membahas part of speech di link ini.

Bentuk Tenses

Selanjutnya yang harus kamu pelajari adalah bentuk tenses, bentuk kalimat yang ditentukan oleh waktu terjadinya peristiwa dalam kalimat tersebut. Di Indonesia, bentuk tenses yang umum digunakan adalah 16 tenses. Sedangkan di luar negeri, saat ini bentuk tenses hanya banyak berlaku yang bentuknya 12 tenses saja.

Kunci utama dari mempelajari tenses adalah perubahan bentuk verb dan susunan kata dalam kalimat. Ada dua cara untuk menghafalkan bentuk tenses, yang pertama adalah dengan menghafalkan secara manual semua rumus tenses.

Sementara itu cara kedua menghafal tenses adalah dengan sering membaca. Saat membaca, tanpa kita sadari kita sudah mempelajari banyak pola tenses. Jadi meski kita tidak tahu nama dari tenses tersebut, kita akan tahu di waktu seperti apa satu rumus tenses pantas digunakan.

Kalau dibahas, materi tenses benar-benar sangat panjang, jadi sebaiknya kamu langsung membaca materi pokok tentang 16 tenses yang sudah kami tulis di sini.

Cara Mengubah Verb Dalam Berbagai Kalimat Tenses

Verb ternyata ada banyak sekali jenisnya lho! Sebenarnya part of speech lainnya seperti noun, determiners, dan adverbs, juga memiliki banyak jenis. Akan tetapi tidak ada yang lebih krusial jika dibandingkan dengan jenis-jenis verb dalam bahasa Inggris.

Empat jenis pokok verb yang harus kamu pelajari pertama kali saat belajar bahasa Inggris adalah V-1 (infinitive), V-2 (past tense), V-3 (past participle), dan V-Ing (present participle). Keempat verb tersebut memiliki aturan yang berbeda-beda dalam pemakaiannya. Belum lagi jika kamu bertemu regular dan irregular verb, kamu akan jadi makin pusing dibuatnya.

Jika kamu ingin belajar lebih dalam lagi tentang V-1, V-2, V-3, dan V-Ing, kamu bisa langsung merujuk ke artikel Verb di situs ini. Sebagai tambahan wawasan, kamu juga bisa membuka artikel tentang regular dan irregular verb berikut.

Verbs, Bare Infinitive, Modals, dan Gerunds

Setelah memahami cara mengotak-atik verb dalam kalimat-kalimat tenses, materi selanjutnya yang harus kamu pahami adalah perbedaan verb, bare infinitive, modals, dan gerund. Jika dijabarkan, berikut ini sekilas pengertian dari keempat jenis kata yang hampir mirip tersebut.

  • Verb (kata kerja pada umumnya, memiliki sifat berubah-ubah sesuai sifat waktu dan subyek/obyek dari kalimatnya)
  • Bare infinitive (kata kerja yang tidak memerlukan kata “to” sebagai awalannya, hal tersebut dikarenakan verb tersebut telah didahului kata-kata tertentu)
  • Modals (kata bantu yang digunakan untuk memperjelas atau menambah informasi dari peristiwa/pekerjaan yang sedang/akan dilakukan)
  • Gerunds (verb yang berubah menjadi noun setelah diberi imbuhan –ing di belakangnya)

Selengkapnya mengenai perbedaan verbs, bare infinitive, modals, dan gerunds, bisa kamu lihat dalam pembahasan di link berikut.

Active and Passive Voice

Setelah memahami part of speech, tenses, verb, bare infinitive, modals, dan gerunds, kamu sudah cukup hebat! Kemajuanmu dalam belajar grammar sudah meningkat dengan pesat! Tapi ingat, memahami semua yang telah disebutkan di atas butuh waktu, dan satu – dua bulan saja masih tidak cukup.

Setelah memahami semua bagian yang telah disebutkan, selanjutnya kamu bisa upgrade belajar mengotak-atik kalimat. Kamu bisa mulai dengan mengubah kalimat aktif (active voice) menjadi kalimat pasif (passive voice), atau sebaliknya.

Jika kamu sudah bisa mempraktikkan switch active – passive voice, itu berarti kemampuan grammar-mu sudah ada di tingkatan upper intermediate. Di level ini, kamu sudah siap untuk memperluas materi belajar bahasa Inggris-mu, sekaligus menambah vocabulary.

Hafalan Vocabulary

Jika kamu ingin kemampuan grammar-mu terus terasah, jangan lupa untuk selalu menghafalkan vocabulary tiap hari. Tidak perlu banyak-banyak, 20 vocabulary per hari saja sudah cukup untuk membantumu memperluas bahasan.

Mudah bosan? Kamu bisa ganti metode hafalan vocabulary-mu menjadi lebih fun. Kamu bisa menghafalkan vocabulary melalui nonton film, mendengarkan musik, baca novel berbahasa Inggris, dan semacamnya.

Saat menemukan vocabulary baru, kamu bisa langsung mencatatkannya di buku belajar bahasa Inggris-mu. Saat sempat, buka kamus dan cari arti dari vocabulary yang sudah kamu kumpulkan. Percayalah, metode ini benar-benar efektif untuk sebagian besar orang yang baru belajar bahasa asing.

Praktik Reading, Listening, Writing, Speaking

Last but not least, kalau kamu benar-benar ingin mengasah kemampuan grammar-mu, jangan anggurkan teori yang sudah didapatkan. Betapa pun barunya kamu belajar grammar, praktikkan langsung ilmu yanag sudah kamu dapatkan.

Misalnya nih, hari ini kamu baru belajar tentang types of noun. Saat membaca atau mendengarkan musik, belajarlah mengidentifikasi tulisan yang kamu baca atau lagu yang kamu dengar. Saat kamu menemukan noun, tebaklah termasuk jenis apa noun tersebut.

Setelah kamu menebaknya, kamu bisa langsung crosscheck di internet atau di buku belajar bahasa Inggris-mu. Jika benar, kamu berarti telah berhasil memahami pelajaran grammar-mu, dan jika salah, berarti ini kesempatan kamu memperbaiki diri.

Itulah pedoman belajar grammar dari nol yang dipersembahkan untuk kalian semua, LCers! Jadi buat apa merasa takut untuk belajar grammar? Asal kamu tahu harus belajar dari mana, percayalah semuanya akan terasa lebih mudah.

Kalau kamu masih belum paham juga, datang langsung ke Kampung Inggris LC. Tanyakan pada tutor-tutor kece di sini tentang cara belajar grammar yang lebih baik dan benar. Di sini, kamu bukan hanya bisa bertanya pada tutor, lho! Kamu juga bisa mempraktikkan ilmu yang kamu dapatkan bersama partner sesama member di Kampung Inggris LC!

Kampung Inggris Search :

    belajar grammar noun verb, hal pertama yang dipelajari saat belajar grammar, jangan pelajari grammar, setelah belajar frammar

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini