fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Panduan Belajar Bahasa Inggris Untuk Orang Dewasa 5/5 (4)

panduan belajar bahasa inggris untuk dewasa

Panduan belajar bahasa Inggris untuk orang dewasa ala Kampung Inggris akhirnya rilis!

Kursus Bahasa Inggris

Anda merasa sudah terlalu tua untuk belajar bahasa Inggris? Anda tidak perlu merasa seperti itu karena siapa pun, di usia berapa pun, bisa mempelajari bahasa Inggris! Jika Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris, Anda bukan hanya akan tampak lebih cerdas. Karir Anda juga bisa lebih menanjak dari sebelumnya, dan Anda akan lebih dihargai.

Lalu, apa yang harus dilakukan seorang dewasa yang ingin mempelajari bahasa Inggris? Kampung Inggris LC memiliki panduan singkatnya untuk Anda.

1.Ketahui Tujuan Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris untuk orang dewasa

Setiap orang memiliki tujuan masing-masing saat belajar bahasa Inggris, entah itu untuk pendidikan lanjut mau pun karir. Apa pun itu, Anda harus tahu lebih dulu apa tujuan Anda ingin bisa berbahasa Inggris.

Tahap ini menjadi step pertama yang sangat penting untuk Anda ke depannya. Misalnya Anda ingin menguasai bahasa Inggris untuk menunjang karir. Jika demikian, Anda tidak perlu terlalu mendalami bahasa Inggris, cukup mempelajari English for Business saja.

Ini juga berlaku bagi Anda yang dituntut mengikuti tes bahasa Inggris bersertifikat. Jika tujuan Anda hanya untuk kepentingan bisnis, Anda cukup mengambil tes TOEIC saja, tidak perlu mengambil  tes TOEFL/IELTS. Ingin tahu lebih lengkap mengenai perbedaan  TOEIC, TOEFL, dan IELTS?  Silakan akses perbedaan ketiga tes tersebut di sini.

2.Pelajari Bahasa Inggris dengan Materi Terfokus

belajar bahasa inggris untuk orang dewasa

Pengen Konsutasi PR ?

Setelah Anda mengetahui tujuan Anda belajar bahasa Inggris, tugas Anda sekarang adalah mempelajari Inggris dengan materi terfokus. Apa maksud dari materi bahasa Inggris terfokus di sini? Maksudnya adalah materi yang sesuai dengan disiplin ilmu/bidang kerja Anda.

Misalnya Anda bekerja di bagian ekspor-impor, ada kosakata-kosakata bahasa Inggris tersendiri yang berlaku di bagian tersebut. Kosakata yang harus Anda kuasai tentunya akan berbeda dengan mereka yang bekerja di bidang medis.

Semakin dewasa, otak manusia semakin berkurang kemampuannya dalam mempelajari hal baru. Jadi daripada pusing mempelajari banyak kosakata yang tidak berguna, langsung pelajari kosakata-kosakata yang memang bidang Anda butuhkan.

3.Lakukan Pembelajaran  Secara Bertahap

belajar bahasa inggris untuk orang dewasa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin tua seseorang maka semakin berkurang juga kapasitas memorinya. Ini bukan karena kecerdasan Anda berkurang, tidak, melainkan karena otak Anda telah menyimpan lebih banyak informasi dibanding orang yang lebih muda.

Jika dipaksa mempelajari bahasa Inggris terlalu banyak, otak Anda akan kelelahan. Dan bukannya semakin pandai, Anda bisa melupakan topik-topik yang sebelumnya sudah Anda pelajari. Belajar bahasa Inggris dengan intensif boleh, asal lakukan secara bertahap.

4.Tambah Pengetahuan Bahasa Inggris Tiap Hari, Meski Sedikit-Sedikit

belajar bahasa inggris untuk orang dewasa

Sebagai orang dewasa, Anda tentunya punya banyak sekali aktivitas, mulai dari bekerja hingga mengurus keluarga. Meski demikian, jangan jadikan kesibukan Anda sebagai alasan untuk menunda belajar bahasa Inggris.

Tetaplah mempelajari kosakata dan materi bahasa Inggris baru tiap harinya saat di waktu luang. Meski sedikit demi sedikit, lama kelamaan kemampuan bahasa Inggris Anda juga akan meningkat. Lakukan proses ini setiap hari secara rutin, dijamin Anda akan dengan mudah memahami materi dan kosakata bahasa Inggris baru.

5.Biasakan Diri Membaca/Mendengarkan Teks Bahasa Inggris

baca-koran

Practice is everything, terutama jika Anda ingin belajar bahasa Inggris tanpa terlalu membebani otak. Berdasarkan riset, praktik adalah cara paling ampuh untuk menguasai suatu skill, bahkan lebih ampuh dibandingkan hanya membaca dan menulis.

Lalu bagaimana cara mempraktikkannya jika Anda sangat sibuk? Mudah sekali, kok, cukup dengan sisipkan kegiatan praktik bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Misalnya saat Anda membaca berita, carilah berita yang berbahasa Inggris. Kalau Anda memiliki siaran internasional di TV, tontonlah siaran berbahasa Inggris.

Pada awalnya, mungkin Anda kesulitan, tapi lama-kelamaan Anda akan terbiasa memahami bahasa Inggris. Dan akhirnya Anda bisa mempraktikkannya sendiri dengan mudah.

6.Coba Praktikkan Bahasa Inggris di Kehidupan Sehari-Hari

kelompok

Jika Anda bekerja di bisnis yang cakupannya sudah internasional, tidaklah susah mempraktikkan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Cukup dengan memberanikan diri berkomunikasi tanpa penerjemah dengan relasi internasional, dan itu sudah dihitung praktik.

Lalu bagaimana dengan yang tidak bekerja dengan relasi dari luar negeri? Mudah, kok, Anda tinggal menerapkan bahasa Inggris sedikit-sedikit di tempat Anda bekerja. Misalnya, Anda menyapa rekan kerja dengan bahasa Inggris, mengatur setting komputer dengan English setting, dan semacamnya.

7.Pilih Kursus Bahasa Inggris Yang Fleksibel

laptop

Terakhir, Anda bisa mengikuti kursus-kursus bahasa Inggris yang sudah disediakan lembaga-lembaga terpercaya. Anda memang bisa belajar bahasa Inggris otodidak, tapi alangkah baiknya jika Anda mengikuti kursus bahasa Inggris yang telah tersedia.

Jangan lupa memilih kursus bahasa Inggris yang tidak menuntut terlalu banyak waktu Anda, misalnya seperti kursus online yang diadakan Kampung Inggris LC. Jika Anda mengikuti kursus online, Anda bisa belajar bahasa Inggris bersama tutor di mana pun dan kapan pun Anda berada.

 

Demikianlah panduan belajar bahasa Inggris untuk orang dewasa, persembahan Kampung Inggris LC. Sekali lagi, usia seharusnya bukan halangan bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan mendalam. Asalkan Anda mengikuti panduan di atas, Anda pasti lebih mudah menjadi ahli bahasa Inggris meski memiliki jadwal yang sangat sibuk.

Ingin mengetahui materi belajar bahasa Inggris untuk orang dewasa lainnya? Coba baca artikel dari Kampung Inggris berikut ini: Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

Kampung Inggris Search :

    langkah pertama dalam mengajarjan bahasa inggris untuk orang drwasa

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?