Search

Langkah Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris sudah menjadi hal dan sesuatu yang lazim saat Anda ingin berkenalan dengan orang lain dengan memperkenalkan diri Anda terlebih dulu. Anda bisa mempraktekkan cara memperkenalkan diri ini dari referensi beberapa petunjuk. Asalkan Anda tahu tentang cara dan teknik memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, Anda bisa memperkenalkan diri dengan baik dan lancar. Inilah beberapa langkah memperkenalkan diri di dalam bahasa Inggris dengan mudah.

Memperkenalkan Diri Menggunakan Bahasa Inggris

a. Menyampaikan Salam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyampaikan salam. Ini adalah langkah awal untuk memberikan kesan hormat dan menghormati orang lain saat Anda ingin memperkenalkan diri kepada orang lain. Lalu, apa saja salam yang bisa Anda ucapkan.

Kursus Bahasa Inggris
  • Good Morning

Selamat Pagi. Salam ini sangat lazim diucapkan sebelum Anda dan seseorang memperkenalkan diri kepada orang lain.

  • Assalamualaikum

Kata salam ini digunakan oleh kaum Muslim untuk memberikan salam. Kata salam ini bisa diucapkan saat Anda ingin mengenalkan diri dengan bahasa Inggris. Tetapi, kata salam ini kurang lazim diucapkan di negara native English.

  • Good Afternoon

Selamat Sore/Siang bisa menjadi alternatif kalimat salam saat memperkenalkan diri. Kalimat ini dipakai untuk menggantikan kata Good Morning.

  • Good Evening

Kalimat salam ini juga bisa menjadi alternatif lain untuk menggantikan kata Good Morning ataupun Good Afternoon.

b. Bertanya Kabar

Setelah Anda menyampaikan salam. Maka langkah selanjutnya untuk memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris adalah menanyakan kabar kepada lawan bicara. Kedua hal diatas adalah langkah awal dan penting saat proses memperkenalkan diri. Ini menjadi penghantar memperkenalkan diri untuk orang lain. Akan sangat menggelikan saat Anda langsung bilang My name is ….. Ini akan terasa aneh sekali dan kurang sopan.

  • How’s are you today

Kalimat menanyakan kabar yang satu ini sangat lazim sekali digunakan. Tetapi, kalimat ini berkesan kurang formal.

  • How’s everything

Bila Anda ingin menanyakan kabar dengan kalimat lain yang jarang digunakan, maka Anda boleh memakai kalimat ini. Artinya sama dan pesan yang disampaikan juga sama. Tetapi, kalimat ini cenderung kurang formal.

  • How are you guys
Pengen Konsutasi PR ?

Bila Anda memperkenalkan diri dan isi forum atau kelasnya adalah teman – teman sebaya, maka kalimat menanyakan kabar ini sangat tepat.

  • How are you ladies and gentlemen

Saat Anda memperkenalkan diri Anda di sebuah forum ataupun acara resmi, maka kalimat menanyakan kabar ini menjadi pilihan tepat. Kalimat ini digunakan untuk acara – acara resmi dan formal.

c. Mengutarakan Maksud dan Tujuan

Setelah Anda mengucapkan salam dan menanyakan kabar, saatnya Anda mengutarakan maksud dan tujuan saat proses memperkenalkan diri Anda. Disini Anda bisa memberitahukan bahwa Anda ingin memperkenalkan diri Anda kepada khalayak.

  • May I introduce myself …

Kalimat ini sepertinya terasa paling formal. Saat Anda ingin memperkenalkan diri di forum resmi, maka Anda bisa memilih kalimat ini.

  • Let me introduce myself

Kalimat ini adalah yang paling lazim dan umum digunakan untuk mengutarakan maksud dan tujuan.

  • I’m here to introduce myself.

Bila Anda ingin mencari alternatif kalimat lainnya, maka Anda bisa memilih kalimat ini.

d. Memperkenalkan Nama

Setelah itu, barulah Anda memperkenalkan diri Anda. Sertakan nama Anda saat memperkenalkan diri.

  • My name is …

Sepertinya tak ada pilihan lain selain kalimat ini. Ini menjadi pilihan umum dan pertama saat memperkenalkan nama Anda.

e. Menyertakan Alamat

Setelah memperkenalkan nama Anda, maka Anda bisa menambahkan informasi personal seperti alamat rumah Anda.

  • I live in ….

Kalimat ini berarti saya tinggal di …

  • I am from …

Kalimat ini berarti Saya berasal dari …

f. Memberikan Identitas Pribadi

Setelah memberikan alamat rumah, tak ada salahnya Anda menyertakan identitas pribadi Anda dalam sesi perkenalan diri. Anda bisa menjelaskan tentang keluarga, hobi, dan hal – hal penting lainnya dalam suatu perkenalan.

g. Penutup

Ini menjadi langkah terakhir dalam sesi perkenalan diri. Jangan sampai Anda lupa menutup acara perkenalan diri. Anda bisa memakai beberapa kalimat dibawah ini.

  • Thanks for your attention
  • Wassalamualaikum
  • Thank you

Itulah tadi beberapa langkah memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris yang bisa kamu aplikasikan dikeseharian ya LC’ers. Jangan takut dan jangan ragu untuk mencoba agar kamu semakin percaya diri dalam berbicara bahasa inggris. Semoga bermanfaat !!!

Materi lain yang bisa juga kamu pelajari: Apa Perbedaan Dari Kata “Choose vs. Select”?.

Kampung Inggris Search :

    perkenalan dalam bahasa inggris, perkenalan diri dalam bahasa inggris, Contoh perkenala, memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, perkenalan menggunakan bahasa inggris, perkenalan bahasa inggris, perkenalan diri dalam bahasa inggris lengkap
Panduan Belajar di Kampung Inggris

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria