Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Let’s, Let, dan Lets, Serupa Tapi Tak Sama

let's, let, dan lets

Let’s, let dan lets, merupakan kata yang seharusnya sudah tidak asing lagi bagi pembelajar bahasa Inggris. Ketiga kata ini memang sangat mirip, artinya pun hampir sama. Namun, mengapa ada perbedaan penulisan antara ketiganya? Apakah perbedaan penulisan – yang meskipun hanya sedikit – itu mempengaruhi perbedaan fungsi, makna, dan penggunaannya dalam kalimat?

Pelafalan ketiga kata ini memang mirip. Akan tetapi, kita tentu akan mengalami kesulitan jika tidak bisa membedakan ketiganya, terutama ketika kita harus menggunakannya secara tertulis, bukan lisan. Jika digunakan dalam bentuk tertulis, maka akan terlihat sekali jika ada kesalahan. Oleh karena itu, untuk membantu kalian memahaminya, yuk kita pelajari tentang penggunaan kata let’s, let dan lets beserta contoh kalimatnya.

Let

Jika dilihat dari bentuknya, kata let merupakan kata kerja atau dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai verb. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, let berarti “biarkan” atau “izinkan”. Maksudnya, kata let tersebut mengindikasikan suatu persetujuan untuk melakukan sesuatu hal. Salah satu contoh penggunaan kata let dalam bahasa Inggris adalah dengan diikuti object pronoun, atau bisa juga diikuti noun, baru setelah itu diikuti kata kerja. Contohnya:

– Let me inftroduce myself.

– Let her go to the cinema with her friends.

Kedua kalimat tersebut merupakan contoh kalimat imperative, dimana kita meminta seseorang untuk “memberikan izin”. Kalimat pertama merupakan contoh yang paling sering kita dengar. Biasanya kalimat ini akan diucapkan sebelum seseorang berbicara di depan audiences, seperti pada seminar, atau presentasi. Kalimat kedua berarti kita meminta seseorang untuk mengijinkan seseorang yang  lain (her) untuk pergi menontot bersama teman-temannya.

– I will let you play outside after you finish your homework.

Kalimat ketiga ini bukan lagi merupakan imperative, namun kalimat pernyataan dengan subjeck “I”, yang intinya mengungkapkan bahwa si pembicara akan mengijinkan lawan bicaranya bermain di luar setelah lawan bicaranya tersebut mengerjakan PR.

Lets

Sama halnya dengan let, lets juga merupakan kata kerja. Penggunaannya pun sama persis seperti pada contoh nomor (3). Namun, yang menjadi pembeda adalah subjeknya. Pada contoh ketiga, let digunakan untuk subjek “I”. Sedangkan lets, dapat digunakan untuk subjek tunggal seperti he, she, dan it. Perhatikan contoh berikut ini

– Her mother lets her play outside.

(Ibunya membiarkannya bermain di luar.)

– It’s unusual that my brother lets me use his computer.

(Tidak seperti biasanya, kakakku mengijinkanku menggunakan komputernya.)

Apakah kalian sudah bisa membedakan antara contoh kalimat ke (3) dengan ke (4) dan (5)? Pada kalimat keempat, lets digunakan karena subjeknya adalah “her mother” atau “she”, sedangkan kalimat ke (5) juga menggunakan lets karena subjeknya adalah “my brother” atau “he”. Jika sudah cukup jelas, mari kita lanjutkan pembahasan kita ke penggunaan let’s.

Let’s

Let’s di sini sebenarnya merupakan kependekan dari kata “let us” yang berarti “mari kita” atau “ayo”. Artinya, ketimbang berupa permohonan izin, “let’s” di sini lebih condong diartikan sebagai ajakan atau bisa juga berupa saran. Kata let’s dalam kalimat biasanya akan diikuti oleh kata kerja asli atau “bare infinitive”.Contohnya dapat dilihat dalam beberapa kalimat berikut ini:

– Let’s do the homework together.

(Ayo kita kerjakan PR bersama-sama.)

– Don’t be sad. Let’s go see the concert tonight.

(Jangan sedih, ayo kita nonton konser nanti malam.)

– Let’s stop talking about this.

(Mari kita berhenti membicarakan hal ini.)

Pada kalimat keenam dan ketujuh, kita dapat melihat contoh “ajakan” di dalamnya. Sedangkan untuk kalimat yang kedelapan, meskipun bisa dikatakan sebagai ajakan, namun kesan “saran” cenderung lebih kuat. Dalam kalimat kedelapan, orang yang mengatakan hal tersebut menyarankan orang-orang yang menjadi lawan bicaranya atau yang sedang mendengarkan untuk menyudahi saja pembicaraan yang mungkin kurang mengenakkan tersebut.

Setelah mempelajari tentang penggunaan kata let’s, let dan lets beserta contoh kalimatnya, tentunya kalian tidak akan bingung dan salah lagi. Meskipun ketiganya mirip dan terdengar sama, namun penggunaannya tidak bisa disamakan. Semoga artikel tentang penggunaan kata let’s, let dan lets ini dapat membuatmu lebih memahami dan tertarik untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam lagi.

Yuk pelajari juga: Bagaimana Penggunaan Kata Food, Meal, dan Dish yang Benar?.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *