Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Bagaimana Penggunaan Kata Food, Meal, dan Dish yang Benar?

No ratings yet.

food meal dish

Penggunaan kata food, meal, dan dish memang terkadang membingungkan terutama bagi yang baru mempelajari  Bahasa Inggris. Jika diartikan secara umum, ketiganya berarti makanan. Selain itu, ketiganya  juga merupakan noun atau kata benda. Namun, yang perlu diketahui adalah masing-masing dari kata tersebut ternyata maknanya berbeda sehingga penggunaannya dalam kalimat pun berbeda tergantung pada konteksnya. Nah, kalian yang belum mengetahui perbedaan dari ketiga kata tersebut biasanya akan tertukar ketika menggunakannya dalam sebuah kalimat. Untuk itu, penting sekali jika kamu mempelajari terlebih dahulu mengenai ketiga kata yang berhubungan dengan makanan ini. Menguasai penggunaan ketiga kata tersebut sangat bermanfaat sebab kata-kata itu sering muncul dalam percakapan keseharian. Lalu, apa sih bedanya? Langsung kita lihat yuk!

Penggunaan kata food

Food menurut kamus Cambridge online memiliki arti sesuatu yang dimakan oleh manusia, binatang maupun diserap tumbuhan agar mereka tetap hidup. Untuk lebih simplenya apapun yang menjadi makanan manusia, binatang, dan tumbuhan agar kelangsungan hidup mereka tetap terjaga disebut dengan food. Apabila dibandingkan dengan dua kata lainnya, food memang memiliki arti yang paling luas. Jadi, kamu bakal memakai kata food untuk menyebutkan makanan secara umum. Baik itu makanan matang maupun makanan mentah yang sering dikonsumsi binatang, semuanya merujuk pada kata food. Nah, agar kamu bisa lebih memahami penggunaan kata food, maka perhatikanlah contohnya pada kalimat-kalimat berikut ini. Roni quickly ate his food and then washed he dishes. Kalimat ini berarti Roni dengan cepat menyantap makanannya dan kemudian mencuci piring-piring itu. Kata food digunakan dalam kalimat tersebut karena memang makanan yang disantap Roni tidak diketahui secara spesifik. Contoh lainnya ada pada kalimat Timothy Grass is a good food for horses. Arti kalimat ini adalah alang-alang merupakan makanan yang baik untuk kuda. Food dalam kalimat itu merujuk pada makanan yang dikonsumsi binatang.

Penggunaan Meal

Penggunaan kata food, meal dan dish juga bisa dibedakan dari arti meal sendiri. Meal memiliki arti yang sama dengan food namun dengan lingkup yang lebih sempit. Meal biasanya digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang disajikan dan dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu. Oleh karena meal memiliki arti khusus maka, kamu tidak bisa menggantikan penggunaannya dengan food sebab hal ini bisa membuat artinya berubah. Pada umumnya kebutuhan manusia akan makanan dipenuhi pada tiga waktu, yakni pagi, siang, dan malam. Meal yang dimakan pada pagi hari memiliki sebutan breakfast, siang hari dinamakan lunch, sedangkan makan di malam hari disebut dinner. Untuk lebih memahami penggunaanya, perhatikanlah beberapa contoh berikut ini. People all around the world eat three meals a day. That’s the normal eating pattern. Kalimat ini berarti orang-orang di seluruh dunia makan tiga kali sehari. Itu adalah pola makan normal. Kata meal digunakan pada kalimat tersebut sebab makanan yang dijelaskan dikonsumsi pada saat-saat tertentu. Contoh yang lain adalah I do everything myself. I also cook my own meals. Kalimat ini berarti saya melakukan semuanya sendiri. Saya juga memasak makanan saya sendiri. Makanan yang dimasak tersebut merujuk pada makan pagi, makan siang, dan makan malam.

(Materi lainnya yang bisa juga kamu baca: Penggunaan Kata Afraid, Frightened, atau Scared dalam Bahasa Inggris)

Penggunaan Dish

Dish juga memiliki arti yang berhubungan erat dengan makanan. Meski dish bisa diartikan sebagai makanan yang bisa dikonsumi, namun lebih detailnya dish digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang jenisnya lebih spesifik yang dimasak atau diolah sesuai denan resep tertentu. Penggunaan kata dish biasanya diikuti dengan nama bahan utama pembuatnya. Makanan terbuat dari daging seperti rending misalnya disebut dengan beef dish. Sementara itu, nasi goreng yang bahan utamanya dari nasi disebut dengan rice dish. Dish juga merujuk unsur tunggal yang menyusun meal. Orang Indonesia sendiri sering mengartikan dish dengan lauk. Sebagai contohnya jika kita makan nasi goreng untuk sarapan, maka nasi goreng itu disebut meal. Sementara itu, pelengkapnya seperti telur, kacang, atau abon disebut dengan dish atau side dish.

Nah, melalui beberapa contoh di atas tentu kamu sekarang sudah bisa membedakan kan penggunaan food, meal dan dish. Jangan sampai kamu keliru lagi dalam penggunaan ketiga kata ini ya guys, semoga bermanfaat !!!!

 

Nilai Kualitas Konten

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *